Kementerian PUPR Mengukuhkan Komitmen Pendidikan dengan Resmikan Rusun Ponpes Amanah Putra Poso

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

13 Februari 2024, 13.12

Sumber:pu.go.id

Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan apartemen di Pondok Pesantren Amanah Putra Poso di Desa Toin, Poso Pesiri. Apartemen ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan siswa dengan menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan layak.

Wisma Pesantren Amanah Putra akan dibuka pada Jumat (14 Agustus 2020) oleh Pengelola Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sejumlah pejabat daerah dan pusat serta pengawas pondok pesantren KH Muhammad Adnan Abdul Rahman Saleh turut serta dalam peresmian tersebut.

Selain penginapan di Pondok Pesantren Amanah Putra Poso, Kementerian PUPR juga tengah mempersiapkan pembangunan akomodasi beberapa pondok pesantren lainnya di Sulawesi Tengah. Mendukung pendidikan siswa dengan menyediakan akomodasi yang layak dan nyaman.

Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mengatakan, apartemen di Pondok Pesantren Amanah Putra Poso dibangun dengan anggaran Rp 2,4 miliar dan mampu menampung 56 santri. Apartemen ini memiliki satu menara dua lantai dengan empat unit bar. Ia berharap dengan adanya kediaman ini dapat membantu para santri untuk belajar dengan baik dan berakhlak mulia.
Kementerian PUPR telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan santri di asrama santri Pondok Pesantren Amanah Putra Poso. Diantaranya adalah air bersih, listrik, tempat tidur, loker, toilet, fasilitas cuci, dan pasokan listrik. Apartemen ini dibangun oleh CV Kaliavo dengan luas 393,6 meter persegi.

Wali Pensiunan Islam Amanah Putra Poso KH Muhammad Adnan Arsal mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuannya dalam pengadaan rumah susun. Ia berharap apartemen tersebut dapat mendorong pelajar untuk belajar dan berpartisipasi dalam pendidikan di Poso.

Disadur dari: pu.go.id