Jenis dan Contoh Tanaman Pangan beserta Kandungan Gizinya

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

08 Mei 2024, 10.39

Sumber: www.detik.com

Tanaman pangan adalah semua jenis tanaman yang menghasilkan karbohidrat dan protein, sebagai sumber makanan pokok untuk kebutuhan manusia.

Dikutip dari ebook Panduan Guru Prakarya dan Kewirausahaan: Budi Daya oleh Defi Alfaniah, dkk., tanaman pangan juga mengandung vitamin, mineral, dan lemak (walaupun jumlahnya sangat kecil).

Di Indonesia, tanaman pangan menjadi jenis tanaman yang umum dibudidayakan. Ketahui penjelasan seputar macam contoh tanaman pangan di bawah ini.

Jenis dan Contoh Tanaman Pangan Berdasarkan Umurnya. Jenis tanaman pangan berdasarkan umurnya:

1. Tanaman Pangan Semusim

Tanaman yang berusia semusim sekitar 3−4 bulan. Contoh tanaman pangannya yaitu padi, jagung, dan sorgum. Tanaman yang berusia antara 4−8 bulan. Contohnya singkong (ubi kayu) dan ubi jalar.

2. Tanaman Tahunan

Tanaman pangan yang terus tumbuh serta berbuah dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun. Contohnya sukun dan sagu.

Jenis dan Contoh Tanaman Pangan Menurut Hasil Produksinya

Dikutip dari modul Tanaman Pangan Utama di Indonesia oleh Winarso Drajad Widodo dan Ludivica Endang Setijorini, Badan Pusat Statistik mencatat ada beberapa jenis tanaman pangan dilihat dari tingkat produksi dan luas tanam yang dominan.

Berdasarkan kelompoknya, berikut adalah jenis dan contoh yang termasuk dalam tanaman pangan:

1. Tanaman Serealia

  • Padi, jagung, dan sorgum (gramineae atau rerumputan)
  • Biji (bagian yang dipanennya)

2. Tanaman Umbi-umbian

3. Kacang-kacangan

  • Kedelai
  • Kacang hijau
  • Kacang tanah
  • Kacang polong

Jenis tanaman pangan di atas dianggap sebagai tanaman pangan utama di Indonesia. Berikut merupakan kandungan gizi yang terkandung dalam jenis tanaman pangan utama:

Dilihat dari tabel di atas, padi dan jagung menjadi tanaman biji-bijian penghasil karbohidrat utama di Indonesia. Lalu, kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau sebagai tanaman sumber protein dan lemak.

Tanaman sumber karbohidrat dari kelompok tanaman umbi-umbian ada ubi kayu dan ubi jalar.

Itu tadi apa saja yang termasuk contoh tanaman pangan yang banyak diproduksi di Indonesia sebagai makanan utama untuk dikonsumsi.

Sumber: https://www.detik.com/