Insinyur vs Akuntan: Jalur Karier Apa yang harus Anda Ambil?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

11 Juni 2024, 05.39

Sumber: Pinterest.com

Salah satu pilihan penting yang dapat diambil seseorang dalam hidupnya adalah menentukan profesi mereka. Orang yang senang menerapkan ilmu pengetahuan dan matematika secara langsung untuk menciptakan hal-hal baru dapat memutuskan untuk menjadi insinyur. Namun, mereka juga memiliki pilihan untuk mengejar karier sebagai akuntan. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu insinyur dan akuntan dan membandingkan kedua jalur karier tersebut untuk membantu Anda dalam memutuskan jurusan mana yang akan dikejar.

  • Pekerjaan terkait di Indeed
  • Pekerjaan paruh waktu
  • Pekerjaan penuh waktu
  • Pekerjaan jarak jauh
  • Pekerjaan yang mendesak untuk direkrut


Apa yang dimaksud dengan insinyur?
Insinyur adalah seorang profesional yang mengembangkan, mendesain, menganalisis, membangun, dan menguji mesin, sistem yang rumit, bangunan, dan struktur lainnya. Insinyur juga bertanggung jawab untuk mengikuti persyaratan anggaran dan jadwal dari pemberi kerja mereka. Insinyur adalah spesialis di bidangnya, yang terus menciptakan dan berinovasi.

Mengembangkan peralatan, membangun gedung, dan mengawasi proyek-proyek pekerjaan umum adalah bagian dari pekerjaan insinyur, tetapi mereka juga menangani tantangan di berbagai tingkatan lainnya. Mereka dapat menerapkan ide-ide baru dengan menggunakan matematika dan sains. Meskipun para insinyur tidak menemukan sendiri ide-ide ilmiah baru, mereka mengambil pengetahuan yang telah ditemukan dan menggunakannya untuk memecahkan masalah saat ini. Mereka mencari ide-ide berguna yang dapat meningkatkan cara orang menggunakan barang atau melakukan aktivitas.

  • Apa yang dimaksud dengan Insinyur?
  • Apa yang dimaksud dengan akuntan?

Akuntan, juga disebut pemegang buku, adalah seorang spesialis yang memelihara dan menganalisis catatan keuangan. Sebagian besar akuntan bertanggung jawab atas berbagai macam tugas keuangan, baik untuk pelanggan perorangan maupun untuk perusahaan dan organisasi yang lebih besar. Pemegang buku biasanya memiliki setidaknya gelar associate dan berkonsentrasi pada pendokumentasian transaksi keuangan. Akuntan memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang akuntansi dan menganalisis data keuangan.
Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) adalah akuntansi yang telah lulus ujian CPA dan memenuhi kriteria perizinan negara. Akibatnya, meskipun semua CPA adalah akuntan, tidak semua akuntan adalah CPA.

Insinyur vs. akuntansi
Meskipun kedua karier ini memiliki keuntungan, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat mana yang tepat untuk Anda. Berikut adalah beberapa perbedaan antara insinyur dan akuntansi:

  • Keterampilan: insinyur memiliki beberapa kemampuan, beberapa di antaranya adalah:
  • Kreativitas: Insinyur sering kali menciptakan produk atau layanan baru melalui inovasi kreatif. Kemampuan ini dapat membantu para insinyur menemukan solusi baru dan menjaga produk dan layanan mereka tetap kompetitif di pasar masing-masing.
  • Kerja sama tim: Insinyur bertanggung jawab untuk menyampaikan ide-ide mereka secara efektif kepada anggota tim mereka. Mereka dapat menerima arahan dengan baik dan bekerja sama dengan anggota tim untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Perhatian terhadap detail: Dalam bidang teknik, mengikuti arahan dapat menjadi bagian penting dari proyek. Insinyur dapat melihat detail terkecil sekalipun dalam sebuah proyek.
  • Disiplin diri: Meskipun para insinyur dapat bekerja dalam tim, mungkin ada situasi di mana seorang insinyur mungkin lebih fokus pada tanggung jawab individu. Tugas-tugas ini melibatkan fokus dan disiplin sehingga mereka dapat menyelesaikan setiap langkah dalam proses secara efektif.
  • Penguasaan teknis: Meskipun tingkat kemampuan teknis dan ilmiah seorang insinyur berbeda-beda tergantung pada spesialisasi, para insinyur sering kali memiliki literasi teknologi. Kemampuan untuk memasukkan data ke dalam program dan memahami hasilnya dapat bermanfaat bagi para insinyur yang bekerja pada proyek-proyek yang sulit.
  • Akuntan juga memiliki beberapa keterampilan penting, termasuk:
  • Komunikasi: Sebagai seorang akuntan, Anda mungkin berinteraksi dengan banyak pelanggan dan rekan kerja sepanjang hari. Terlepas dari tugas pekerjaan spesifik Anda, penting untuk mengkomunikasikan informasi dengan cepat dan jelas.
  • Organisasi: Anda mungkin berurusan dengan sejumlah besar informasi keuangan secara teratur dan mengaturnya secara sistematis akan meningkatkan kemampuan anda untuk menemukan data dengan cepat. Untuk meningkatkan produktivitas anda, cobalah mengatur data fisik dan digital Anda.
  • Hubungan pelanggan: Pertimbangkan untuk mengasah kemampuan layanan pelanggan anda untuk memastikan bahwa anda menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan memberikan jawaban yang tepat waktu. Saat berbicara dengan pelanggan, pertahankan sikap profesional dan sopan untuk menunjukkan ketulusan Anda.
  • Fleksibilitas: Beradaptasi dengan teknologi baru dan perubahan peraturan perpajakan dapat membantu anda menjadi lebih efektif dalam pekerjaan akuntansi Anda. Anda mungkin juga perlu bereaksi cepat terhadap permintaan dari pelanggan atau rekan kerja, dan memahami cara mengubah hari kerja Anda agar sesuai dengan kebutuhan mereka menunjukkan fleksibilitas Anda.

Cara mengubah karier menjadi akuntan (dan keterampilan apa yang dapat dipindahkan)
Pendidikan
Insinyur dapat memiliki persyaratan pendidikan yang berbeda tergantung pada bidang keahlian mereka. Insinyur dapat mengambil kursus sains yang lebih rumit secara teknis dibandingkan dengan fokus matematika program gelar akuntansi. Kedua gelar tersebut membantu membangun kemampuan matematika yang sangat baik, tetapi teknik dapat memungkinkan untuk lebih fokus pada sains dan teknologi.

Untuk memulai karier teknik, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Memperoleh gelar sarjana
  • Mengikuti dan lulus ujian pra-lisensi sesuai kebutuhan
  • Mendapatkan pengalaman kerja tingkat pemula
  • Menyelesaikan ujian lisensi insinyur negara bagian
  • Lulus ujian kode Etik
  • Buat resume anda

Mirip dengan teknik, spesialisasi dapat membantu menentukan rencana pendidikan seorang akuntan. Gelar akuntansi mungkin lebih fokus pada manajemen bisnis daripada keterampilan teknis. Jika Anda belajar akuntansi, Anda dapat mengejar gelar dari institusi bisnis dan mengambil kursus yang sebanding dengan jurusan pemasaran atau manajemen bisnis.
Saat berlatih untuk menjadi akuntan publik bersertifikat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut: Pahami kriteria minimal dari dewan negara bagian anda

  • Dapatkan gelar
  • Memperoleh pengalaman yang diperlukan
  • Mendaftar untuk mengikuti tes CPA
  • Belajar untuk tes CPA
  • Lulus Ujian CPA Seragam AICPA
  • Dapatkan lisensi Anda
  • Gaji

Gaji rata-rata untuk seorang insinyur adalah $62,907 per tahun. Teknik adalah bidang yang dapat memberikan peluang karir yang sangat baik karena perusahaan sering menggunakan insinyur di beberapa departemen. Selain itu, orang-orang dengan gelar insinyur dapat bekerja di bidang matematika lainnya, seperti analisis data dan ilmu data.

Gaji rata-rata untuk seseorang dengan gelar sarjana di bidang akuntansi adalah $55.849 per tahun. Ini lebih rendah daripada gaji rata-rata yang dilaporkan seorang insinyur, tetapi relatif lebih tinggi daripada pendapatan rata-rata yang dilaporkan di sebagian besar jurusan lain. Lulus tes CPA dan mendapatkan gelar master di bidang akuntansi juga dapat mempengaruhi gaji Anda.

  • Pekerjaan Teknik Terbaik
  • Lingkungan

Sebagai seorang insinyur, lingkungan kerja Anda bervariasi tergantung pada bidang spesifik anda. Beberapa insinyur bahkan mungkin menghabiskan banyak waktu bekerja di luar ruangan. Meskipun insinyur juga dapat bekerja di lingkungan kantor, tugas pekerjaan mereka mungkin lebih intensif secara fisik. Misalnya, pengujian fisik produk atau program dapat menjadi bagian standar dari praktik teknik.

Akuntansi biasanya bekerja di lingkungan kantor. Tergantung pada perusahaannya, seorang akuntan dapat memiliki kantor atau bilik individu atau mungkin bekerja di kantor terbuka yang dikelilingi oleh rekan kerja. Beberapa perusahaan bahkan mengizinkan akuntansi untuk bekerja dari jarak jauh, dengan asumsi mereka dapat mengakses semua file dan program penting mereka.

Disadur dari: indeed.com