Insinyur Ilmu Komputer vs Teknologi Informasi

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

31 Mei 2024, 08.31

Sumber: pinterest

Teknik Ilmu Komputer vs Teknologi Informasi

Tidak mengherankan jika orang sering bingung antara ilmu komputer dan teknologi informasi (TI) karena keduanya sering kali saling terkait. Tiga disiplin ilmu yang berbeda umumnya berada di bawah kategori ilmu komputer: teknik komputer, teknologi informasi, dan ilmu komputer.

Apa yang Dilakukan Ilmuwan Komputer?

Sesuai dengan namanya, seorang ilmuwan komputer sebenarnya adalah seorang ilmuwan. Namun, alih-alih bekerja dengan peralatan laboratorium, mereka menggunakan algoritme dan matematika untuk menemukan cara mentransfer informasi. Seorang ilmuwan komputer memperdagangkan gelas kimia dan tabung reaksi untuk perangkat lunak dan sistem operasi seperti Windows atau Mac OS. Ilmuwan komputer juga bekerja dengan kode dan berbagai bahasa pemrograman. Mereka dapat memahami komputer dan konsep dalam desain dan pengembangan perangkat lunak hingga mereka dapat membuat program khusus atau sistem operasi dan “memerintahkan” apa yang harus dilakukan.

Apa yang dilakukan seorang Insinyur Komputer?

Sementara seorang ilmuwan komputer bekerja dengan sistem dan perangkat lunak, seorang insinyur komputer bekerja dengan peralatan yang sebenarnya yang membuat komputer berfungsi, seperti papan sirkuit, router, dan microchip. Seorang insinyur ilmu komputer bertanggung jawab untuk membuat komponen-komponen ini bekerja bersama versus memanipulasi program dan perangkat lunak untuk membuat sistem bekerja dengan cara tertentu. Meskipun seorang insinyur komputer mungkin memiliki latar belakang atau gelar di bidang teknik, mereka dapat memperoleh manfaat dari latar belakang ilmu komputer, karena mereka sering bekerja dengan integrasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Apa yang dilakukan ahli Teknologi Informasi?

Sementara seorang ilmuwan komputer membuat program dan perangkat lunak dan insinyur komputer membangun sistem dan komponen, seorang profesional TI menginstal dan membantu memelihara dan meningkatkan sistem dan jaringan komputer. Profesional TI dapat bekerja di berbagai industri dan membantu memelihara komputer dan jaringan yang membantu bisnis atau perusahaan berjalan dengan lancar. Hampir setiap perusahaan, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar, mengandalkan seorang profesional TI untuk setiap masalah yang berhubungan dengan komputer atau teknologi.

Sementara dua kejuruan lainnya sangat bergantung pada matematika, teknik, dan algoritma, teknologi informasi membutuhkan pengetahuan tentang desain basis data, tetapi mungkin juga membutuhkan keterampilan lunak karena banyak profesional TI bekerja dengan klien.

Karier Ilmu Komputer

Apakah Anda paling tertarik dengan ilmu komputer, teknik, atau teknologi informasi, semua ini adalah industri yang berkembang dan banyak diminati di mana Anda dapat menemukan karier yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa pekerjaan potensial yang dapat Anda kejar, tergantung pada gelar dan jalur karier Anda.

Pekerjaan Ilmuwan Komputer

Dengan gelar dan pengalaman profesional di bidang ilmu komputer, Anda dapat mengejar karier sebagai pengembang perangkat lunak, pengembang web, atau insinyur sistem. Berdasarkan data dari Indeed, gaji pokok rata-rata untuk seorang ilmuwan komputer adalah Rp1.741.120,80.

Pekerjaan Teknik Komputer

Dengan gelar dan pengalaman di bidang teknik komputer, anda dapat bekerja di bidang manufaktur produk elektronik, penelitian dan pengembangan, atau desain sistem komputer. Bahkan ada beberapa pekerjaan teknik komputer di dalam pemerintah federal, yang menawarkan pekerjaan insinyur komputer di luar sektor swasta.

Gaji insinyur komputer bervariasi berdasarkan jabatan dan lokasi, namun, menurut Indeed, gaji pokok rata-rata adalah Rp1.475.432,40.

Pekerjaan IT

Kita sudah membahas tentang menjadi seorang profesional TI yang berdedikasi untuk sebuah perusahaan, tetapi itu bukan satu-satunya jalur yang bisa anda ambil dengan latar belakang teknologi informasi. Karier TI lainnya termasuk pengembang perangkat lunak, analis keamanan, arsitek jaringan, spesialis dukungan komputer, administrator basis data atau sistem, dan spesialis dukungan jaringan komputer.

Meskipun gajinya akan bervariasi berdasarkan jabatan yang sebenarnya, menurut data Glassdoor dari tahun 2020, gaji pokok rata-rata untuk seorang profesional TI adalah $83.000.

Ada beberapa tumpang tindih dalam jabatan dan deskripsi untuk ketiga kategori ini. Dengan gelar di bidang ilmu komputer, Anda akan memiliki alat dan pendidikan yang diperlukan untuk mengejar banyak jalur karier ini. Yang terbaik untuk Anda akan tergantung pada minat pribadi, latar belakang, pengalaman profesional, dan pelatihan Anda.

Dapatkan Gelar Ilmu Komputer Anda dari National University

Apa pun jalur yang Anda putuskan untuk diambil dalam bidang ilmu komputer, Anda dapat menyiapkan diri untuk sukses dengan mendapatkan gelar Anda. National University menawarkan program online dan tatap muka untuk membantu Anda mendapatkan gelar sarjana ilmu komputer atau master ilmu komputer.

Tidak semua pekerjaan membutuhkan gelar master dalam ilmu komputer, tetapi melanjutkan pendidikan Anda dapat membantu Anda belajar dan mengeksplorasi topik yang lebih kompleks dalam bidang ini dan dapat membantu Anda mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Jadwal kelas National University dirancang khusus untuk para profesional yang bekerja, untuk membantu Anda menyelesaikan pendidikan pada waktu Anda sendiri. Jadwal kelas empat minggu memungkinkan Anda untuk menyeimbangkan pendidikan Anda dengan pekerjaan dan kewajiban keluarga sehingga Anda dapat menemukan pekerjaan baru dalam karir Anda saat ini atau menjelajahi industri yang sama sekali baru.

Dalam program Master of Science in Computer Science, Anda akan mengembangkan keterampilan untuk membuat dan merancang sistem perangkat lunak yang kompleks, mengevaluasi keamanan komputer, menganalisis, merancang, dan mengembangkan solusi basis data, dan banyak lagi. Hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang program ilmu komputer kami dan bagaimana Anda dapat mulai bekerja menuju karir ideal Anda hari ini!

Disadur dari: https://www.nu.edu/