Ingin Menjadi Insinyur Biomedis?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

25 Mei 2024, 10.30

Sumber: tryengineering.org

Apakah Anda menyukai teknologi? Apakah Anda bermimpi tentang menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan? Teknik biomedis mungkin merupakan jalur karir untuk Anda!

Apa yang dilakukan seorang insinyur biomedis?

Menurut situs karir Rakasa, seorang insinyur biomedis adalah seseorang yang menggunakan penelitian medis terbaru untuk membuat perangkat dan perangkat lunak yang meningkatkan kesehatan manusia. Teknologi tersebut dapat digunakan di rumah sakit, laboratorium, pusat rehabilitasi, dan dalam uji klinis, dan dapat mencakup berbagai teknologi, seperti perangkat yang dapat dipakai, pengeditan gen, dan "nanobots" mikroskopis yang dapat menemukan dan membunuh sel kanker di tubuh. 

Apa saja contoh insinyur biomedis?

Rekayasa biomedis adalah kategori luas yang mencakup berbagai jenis insinyur yang merancang teknologi untuk kesehatan manusia. Berdasarkan Rakasa, beberapa contoh termasuk insinyur klinis, insinyur gen, insinyur biokimia, dan insinyur biomaterial. Selain mengembangkan perangkat, peralatan, dan perangkat lunak, insinyur biomedis sering memiliki tanggung jawab lain, seperti mengembangkan manual teknis dan penelitian, dan melatih dokter tentang cara menggunakan peralatan biomedis.

Apa permintaan untuk insinyur biomedis?

Insinyur biomedis sangat diminati. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), pekerjaan ini diperkirakan akan meningkat dengan tarif 5% selama 10 tahun ke depan. Rata-rata, para profesional ini menghasilkan sekitar $ 92,620 tahun.

Bagaimana Anda menjadi insinyur biomedis?

Inilah cara Anda dapat mengejar karir di bidang teknik biomedis, menurut Rakasa:

  • Terapkan ke perguruan tinggi yang menyediakan program teknik biomedis yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi Rekayasa dan Teknologi (ABET).
  • Jika saat ini Anda berada di perguruan tinggi yang tidak menawarkan gelar ini, Anda dapat mengambil kelas di bidang teknik dan ilmu biologi (pertimbangkan untuk mengambil jurusan ganda di keduanya, atau mengambil jurusan di salah satu atau minor di yang lain). 
  • Mengejar gelar master dalam teknik biomedis dari program terakreditasi ABET
  • Terapkan untuk magang di sebuah perusahaan teknik biomedis.
  • Dapatkan lisensi di bidang teknik biomedis (diperlukan jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan teknik biomedis dengan pemerintah federal dan di berbagai negara bagian AS).

Tahukah Anda apa yang dilakukan oleh seorang insinyur lingkungan atau sipil? Bagaimana perbedaan antara ilmu komputer dan teknik komputer? Jelajahi berbagai bidang dalam engineering untuk menemukan yang tepat untuk Anda dengan IEEE TryEngineering. 

Disadur dari: https://tryengineering.org/