Indonesia Mengambil Langkah Berani dan Transformatif untuk Membangun Sistem Kesehatan yang Berketahanan Iklim

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Juni 2024, 06.44

sumber: www.undp.org

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), United Nations Development Programme in Indonesia (UNDP Indonesia) bekerja sama dengan World Health Organization (WHO) hari ini menandatangani komitmen bersama untuk mengimplementasikan proyek yang didanai oleh Green Climate Fund (GCF), sebuah inisiatif investasi iklim dan kesehatan yang ambisius.

Menyadari ancaman signifikan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terhadap kesehatan manusia dan planet bumi, Kementerian Kesehatan, UNDP dan WHO telah bekerja sama dalam kolaborasi tripartit yang akan memanfaatkan modal publik dan swasta, serta berbagai sumber daya seperti keahlian, pengetahuan, teknologi, jaringan, dan upaya kolaboratif dari para mitra di berbagai sektor untuk mempromosikan sistem kesehatan yang tahan terhadap perubahan iklim, berkelanjutan, dan rendah karbon.

Sebagai bagian dari proyek GCF global, yang mencakup 17 negara, proyek di Indonesia akan dirancang untuk meningkatkan ketahanan iklim layanan kesehatan melalui solusi adaptasi dan mitigasi iklim. Komponen adaptasi melibatkan penguatan dan integrasi sistem peringatan dini untuk penyakit terkait iklim. Di bawah mitigasi, inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari fasilitas layanan kesehatan. Setiap negara akan mengimplementasikan proyek ini sesuai dengan kondisi uniknya, memastikan pendekatan yang disesuaikan dengan konteksnya.

Di Indonesia, proyek ini bertujuan untuk membangun sistem kesehatan nasional yang tangguh terhadap iklim dan berkelanjutan, mengurangi emisi gas rumah kaca dari sistem kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan, serta meningkatkan pembiayaan untuk aksi transformatif dalam menghadapi risiko kesehatan terkait iklim. Inisiatif ini akan membantu sistem kesehatan Indonesia agar lebih tahan terhadap dampak perubahan iklim, dan mempromosikan sistem kesehatan yang tahan terhadap perubahan iklim dan rendah karbon serta berkelanjutan.

Sujala Pant, Penanggung Jawab UNDP Indonesia mengatakan, "UNDP memiliki portofolio iklim terbesar dalam sistem PBB, mendukung aksi iklim di hampir 150 negara berkembang. Di Indonesia, 72% dari program kami juga difokuskan pada ketahanan terhadap perubahan iklim dan bencana. Kami percaya bahwa perubahan iklim merupakan isu lintas sektoral, sehingga kami juga telah membangun pendekatan yang melekat pada sebagian besar program kami untuk memahami dampak perubahan iklim pada setiap bidang pekerjaan, dan bagaimana mengembangkan dan menciptakan solusi yang dapat bertahan atau merespons dengan lebih baik terhadap dampak perubahan iklim di masa depan. Oleh karena itu, kolaborasi ini sangat penting bagi kami".

Perubahan iklim mempengaruhi penyakit dengan mengubah variabel iklim seperti curah hujan, suhu, dan kelembaban, yang berdampak pada dinamika penularan penyakit. Perubahan pola iklim regional juga mempengaruhi agroekosistem dan ketersediaan air, yang menyebabkan kekurangan air dan meningkatkan penyakit terkait air dan makanan seperti malnutrisi dan diare. Sebagai contoh, berkurangnya curah hujan dan suhu di Maluku meningkatkan kasus pneumonia sebesar 96% dan diare sebesar 19%. Sebaliknya, suhu dan curah hujan yang lebih tinggi meningkatkan kasus demam berdarah sebesar 227% di Bali-Nusa Tenggara, dan kasus malaria di Papua sebesar 66%.

Selain itu, Indonesia diperkirakan mengalami kerugian ekonomi sebesar 1,86% (sekitar 21,6 miliar) akibat dampak perubahan iklim terhadap sektor kesehatan. Di sisi lain, laporan Bank Dunia menyatakan bahwa dampak perubahan iklim pada sektor air dapat menyebabkan kerugian ekonomi sekitar 7,3% pada tahun 2045. Jika dibiarkan, perubahan iklim juga akan mempengaruhi profil kesehatan generasi saat ini dan mendatang, menjadi beban bagi sistem kesehatan, serta menghambat upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan cakupan kesehatan universal.

"Perubahan iklim merupakan ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi umat manusia, dan WHO berkomitmen untuk menanggapinya," ujar Dr N. Paranietharan, Kepala Perwakilan WHO untuk Indonesia. "Peluncuran inisiatif ini menandai langkah maju yang berani bagi Indonesia - yang sangat rentan terhadap dampak kesehatan dari perubahan iklim - dan akan mempercepat kemajuan di sini, serta di seluruh dunia, menuju masa depan yang lebih sehat, lebih hijau, lebih tangguh, dan berkelanjutan untuk semua."

Dalam sambutannya, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Indonesia, menunjukkan komitmennya, "Menteri Kesehatan akan berkomitmen untuk mendukung energi dan sumber daya yang diperlukan untuk memimpin proyek ini. Untuk mencapai hasil yang diharapkan bersama, kolaborasi yang luas dari berbagai kementerian akan diperlukan."

Melalui komitmen bersama dalam proyek GCF ini, Kementerian Kesehatan, UNDP, bersama dengan WHO akan berkolaborasi untuk mencapai serangkaian tujuan, terutama dalam mengurangi kerentanan Indonesia terhadap penyakit terkait iklim dan gangguan pada layanan kesehatan esensial, termasuk meningkatkan hasil kesehatan bagi masyarakat yang rentan dan kurang beruntung, yang secara tidak proporsional terkena dampak dari risiko iklim-kesehatan.

Proyek ini akan melibatkan kolaborasi yang luas dengan para pemangku kepentingan utama, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mulai dari pemilihan lokasi hingga sinkronisasi tujuan proyek dengan strategi pembangunan nasional yang menyeluruh di Indonesia. Selain itu, proyek ini juga akan melibatkan Kementerian Keuangan, yang bertindak sebagai otoritas yang ditunjuk secara nasional untuk Dana Iklim Hijau. Mereka akan mengesahkan Surat Pernyataan Tidak Keberatan (NOL) untuk proposal khusus proyek GCF dari Indonesia.

Disadur dari: www.undp.org