Ilmu Komputer vs Teknologi Informasi: Pekerjaan, Gelar dan Lainnya

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

31 Mei 2024, 07.32

Sumber: pinterest

Ilmu komputer dan teknologi informasi (TI) adalah dua mata pelajaran yang berbeda, meskipun memiliki banyak kesamaan. Secara umum, ilmu komputer mengacu pada merancang dan membangun komputer dan program komputer. Teknologi informasi, di sisi lain, mengacu pada pemeliharaan dan pemecahan masalah komputer-komputer tersebut beserta jaringan, sistem, dan basis datanya untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Jadi, meskipun bekerja dalam pekerjaan berbasis ilmu komputer mungkin berarti Anda akan membuat perangkat lunak, mendesain situs web, atau mengumpulkan informasi tentang pengunjung situs web, karier di bidang TI dapat berarti Anda akan memastikan komputer berfungsi dan aman.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang ilmu komputer dan teknologi informasi, termasuk perbedaannya, karier di bidang ini, dan keterampilan yang Anda perlukan untuk bergabung dengan mereka. Setelah itu, jika Anda tertarik untuk membangun keterampilan yang relevan dengan pekerjaan saat ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar di Google IT Support Professional Certificate.

Ilmu komputer vs TI

Batas antara TI dan ilmu komputer sering kali tidak jelas. Terkadang bekerja di bidang IT akan membutuhkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip ilmu komputer, dan menjadi seorang programmer berarti melakukan tugas-tugas yang dianggap lebih terkait dengan IT. Terkadang, pekerjaan yang sangat berhubungan dengan ilmu komputer, seperti pengembangan web atau rekayasa perangkat lunak, disebut sebagai pekerjaan IT. Semua ini dapat menyebabkan kebingungan yang sangat bisa dimengerti.

Inilah dasar-dasar yang perlu Anda ketahui:

Meskipun ada banyak tumpang tindih antara ilmu komputer dan TI, pekerjaan ilmu komputer umumnya berarti merancang dan membangun komputer dan program komputer. Pekerjaan TI lebih banyak berhubungan dengan menjalankan komputer organisasi dan memastikan jaringan, sistem, dan keamanan terkait berjalan dengan baik.

Gaji sangat bervariasi untuk pekerjaan berbasis IT dan ilmu komputer, dengan beberapa gaji dasar rata-rata dapat dengan mudah mencapai lebih dari $100.000. Beberapa pekerjaan TI tingkat pemula yang tidak memerlukan gelar sarjana mungkin memiliki gaji yang lebih rendah.

Jika Anda tidak memiliki gelar sarjana, mungkin akan lebih mudah untuk memulai pekerjaan di bidang TI daripada di bidang ilmu komputer.

Karier ilmu komputer vs karier TI

Karier di bidang TI dan ilmu komputer dapat membawa Anda ke banyak arah, tetapi keduanya memiliki jalur yang berbeda. Pekerjaan yang didasarkan pada ilmu komputer secara luas berarti bekerja dengan bahasa pemrograman atau data untuk mengembangkan atau meningkatkan produk. Pekerjaan di bidang TI akan lebih fokus pada pengoperasian komputer, jaringan, dan sistem sehingga orang lain dalam organisasi dapat melakukan pekerjaan mereka dengan lancar.

Ada beberapa peran yang mungkin berada di antara ilmu komputer dan TI, seperti komputasi awan atau administrasi basis data.

Gaji ilmu komputer dan TI

Gaji untuk IT dan ilmu komputer sangat bervariasi. Pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan khusus untuk membangun, memprogram, atau memelihara komputer dapat membutuhkan pengalaman sebelumnya atau gelar, yang dapat menghasilkan gaji yang lebih tinggi. Karena beberapa pekerjaan TI tingkat pemula yang generalis sering kali tidak membutuhkan gelar sarjana, mereka mungkin memiliki gaji awal yang lebih rendah. Berikut adalah contoh gaji dari berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu komputer dan TI.

Memulai karier di bidang TI dan ilmu komputer

Gelar sarjana dapat membuat Anda berada di jalur yang kuat untuk menjadi kompetitif dalam berbagai jenis pekerjaan berbasis komputer. Namun, pekerjaan di bidang TI, terutama yang tingkat pemula, mungkin memiliki persyaratan gelar yang tidak terlalu ketat. 

Jika Anda mencari cara untuk masuk ke bidang TI tanpa mempelajarinya di perguruan tinggi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi TI tingkat pemula, atau mempertimbangkan program sertifikat profesional seperti Google IT Support Professional Certificate.

Ilmu komputer vs gelar TI

Banyak universitas dan perguruan tinggi menawarkan ilmu komputer atau gelar terkait lainnya seperti teknik komputer. Beberapa mungkin juga menawarkan gelar teknologi informasi atau spesialisasi teknologi informasi dalam ilmu komputer. Jadi apa sebenarnya yang Anda pelajari dari mereka, dan mana yang harus Anda pilih?

Gelar ilmu komputer umumnya bertujuan untuk mengajarkan Anda konsep matematika dan ilmiah dasar di balik komputer dan program-programnya. Gelar dalam ilmu komputer dapat membuat Anda merancang perangkat lunak dan perangkat keras, mempelajari bahasa pemrograman, struktur data, dan konsep kecerdasan buatan. Gelar ilmu komputer mungkin memerlukan mata kuliah matematika, statistik, atau teknik.

Gelar atau spesialisasi dalam teknologi informasi dapat mengajarkan siswa tentang sistem dan konsep jaringan yang penting, praktik keamanan, dan pengembangan aplikasi. Bidang studi yang serupa dapat disebut sistem informasi.

Sebuah infografik yang berbunyi: Gelar universitas yang dibuat untuk Anda. Dari institusi yang dihormati dengan staf pengajar kelas dunia. Nikmati penjadwalan yang fleksibel dan kuliah mandiri. Harga di bawah 325.200.000 IDR

Bangun keterampilan CS dan TI di Coursera

Baik TI dan ilmu komputer dapat menghasilkan karier yang menguntungkan dan menarik. Terus jelajahi keterampilan dan alat yang Anda perlukan untuk unggul dalam bidang yang berdampak ini dengan kursus-kursus terbaik di Coursera:

Untuk kursus pengantar CS, mulailah dengan Ilmu Komputer Princeton: Pemrograman dengan Tujuan. Dalam kursus gratis dan fleksibel ini, Anda akan menggunakan bahasa pemrograman Java saat Anda mempelajari elemen pemrograman dasar, fungsi pemrograman, dan pemrograman berorientasi objek modern. Selain itu, jika Anda menikmati kursus ini, Anda akan siap untuk mengambil kursus pemrograman tingkat menengah gratis di Princeton, Ilmu Komputer: Algoritma, Teori, dan Mesin.

Untuk mempersiapkan karier di bidang TI, cobalah Sertifikat Profesional Dukungan TI dari Google. Di sini, Anda akan belajar untuk melakukan tugas-tugas dukungan TI sehari-hari seperti perakitan komputer, jaringan nirkabel, dan layanan pelanggan, serta cara menggunakan Linux dan kode biner, saat Anda siap bekerja untuk peran TI tingkat pemula dalam waktu kurang dari enam bulan dengan para pemimpin industri di Google.

Untuk mengembangkan keterampilan pemrograman Anda, jelajahi Spesialisasi Python untuk Semua Orang di Universitas Michigan. Digunakan oleh banyak profesional CS dan TI setiap hari, Python adalah bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk segala hal, mulai dari pembelajaran mesin hingga pengembangan perangkat lunak dan web.

Disadur dari: https://www.coursera.org/