Ilmu Komputer vs Teknik Komputer: Jurusan Mana yang Sebaiknya Anda Ambil?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 07.31

Sumber: forbes.com

Apakah Anda sedang memutuskan apakah akan mengambil jurusan ilmu komputer atau bidang teknik? Jika ya, penting untuk memahami perbedaan antara kedua disiplin ilmu tersebut.

Kedua jurusan ini dapat menghasilkan peluang kerja dengan gaji yang baik, dan tergantung pada spesialisasi dan tingkat keahlian Anda, gaji dapat melebihi enam digit. Di sini, Anda akan menemukan perbandingan ilmu komputer vs. teknik komputer, termasuk persyaratan pendidikan dan potensi hasil kerja.

Mengapa Anda dapat mempercayai pendidikan penasihat forbes

Editor pendidikan Forbes Advisor berkomitmen untuk menghasilkan peringkat yang tidak bias dan artikel informatif yang mencakup perguruan tinggi online, bootcamp teknologi, dan jalur karier. Metodologi pemeringkatan kami menggunakan data dari National Center for Education Statistics, penyedia pendidikan, dan organisasi pendidikan dan profesional terkemuka. Dewan penasihat yang terdiri dari para pendidik dan pakar bidang studi lainnya meninjau dan memverifikasi konten kami untuk memberikan Anda informasi terkini yang dapat dipercaya. Pengiklan tidak mempengaruhi peringkat atau konten editorial kami.

Apa itu Ilmu Komputer?

Sederhananya, ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Sebagai sebuah disiplin ilmu, ilmu komputer memecahkan masalah dengan menggunakan perangkat keras, perangkat lunak, teori, dan algoritme. Mengingat cakupannya yang luas, gelar dalam ilmu komputer dapat diterapkan di berbagai industri dan menghasilkan karir yang menguntungkan dalam pengembangan perangkat lunak, pemrograman dan teknik.

Apa itu Teknik Komputer?

Teknik komputer berfokus pada pengembangan teknologi komputasi. Ruang lingkup bidang ini mencakup desain, integrasi dan pemeliharaan perangkat lunak, perangkat keras dan jaringan. Semua ini dikelola oleh para profesional seperti insinyur perangkat lunak komputer, insinyur perangkat keras komputer dan insinyur jaringan, untuk beberapa nama.

Apa perbedaan antara Gelar Ilmu Komputer dan Teknik Komputer?

Sekilas, ilmu komputer dan teknik komputer terlihat seperti program gelar yang serupa. Kedua disiplin ilmu ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang pemrograman perangkat lunak dan perangkat keras, bersama dengan pengetahuan tentang berbagai sistem operasi dan jaringan dan mata kritis untuk solusi menggunakan teknologi mutakhir.

Namun, gelar ilmu komputer dan teknik komputer berbeda secara signifikan. Mahasiswa ilmu komputer belajar menggunakan teknologi sebagai alat untuk analisis dan pengembangan. Mahasiswa teknik komputer mengeksplorasi cara-cara untuk merancang dan membangun teknologi melalui pengalaman langsung, baik di dalam maupun di luar kelas.

Program dan Gelar Ilmu Komputer

Mata kuliah ilmu komputer cenderung luas dan beragam, mencakup topik-topik seperti berikut ini.

  • Pengembangan perangkat lunak dan rekayasa perangkat lunak
  • Pemrograman (termasuk C++, Python dan bahasa pengkodean lainnya)
  • Sistem operasi dan jaringan komputer
  • Aplikasi web dan grafik
  • Pemikiran desain

Di tingkat sarjana, gelar sarjana ilmu komputer biasanya mencakup serangkaian kelas inti dalam jurusan. Mata kuliah ini mencakup organisasi komputer dasar, matematika umum, algoritma dan pemrograman. Mahasiswa ilmu komputer juga dapat memilih konsentrasi seperti keamanan jaringan, kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin.

Mahasiswa yang terdaftar di program master ilmu komputer atau lebih tinggi harus mengikuti mata kuliah lanjutan di bidang-bidang yang tercantum di atas. Mereka juga harus menyatakan konsentrasi atau bidang keahlian penelitian. Untungnya, banyak program yang menawarkan sepenuhnya secara online, dan yang lainnya menawarkan pilihan pendaftaran paruh waktu bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja.

Program dan gelar Teknik Komputer

Dengan penekanannya pada arsitektur komputer, gelar teknik komputer memerlukan program khusus di bidang-bidang berikut:

  • Sirkuit listrik
  • Fisika dan kalkulus
  • Keamanan siber dan keamanan informasi
  • Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin
  • Manajemen proyek

Gelar sarjana teknik komputer membangun keterampilan teknis mahasiswa. Gelar-gelar ini dapat mencakup mata kuliah yang serupa dengan yang ada di program gelar ilmu komputer, seperti seminar pemrograman dan jaringan komputer. Mahasiswa ditantang untuk menggunakan kemampuan berpikir kritis saat mereka belajar untuk mengatasi masalah-masalah sosial melalui teknologi komputer.

Mengingat kebutuhan akan keamanan digital dan otomatisasi yang terus meningkat di dunia saat ini, konsentrasi dalam keamanan siber dan kecerdasan buatan sangat populer di kalangan mahasiswa yang mengejar gelar sarjana di bidang teknik komputer.

Program master dan PhD dalam bidang teknik komputer menawarkan mata kuliah berbasis teori dan menekankan pada aplikasi langsung. Pelajar dalam program-program ini sering kali menyelesaikan tesis atau proyek penelitian. Sebagai contoh, di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Syracuse, mahasiswa pascasarjana dapat menyelesaikan proyek penelitian orisinil baik secara mandiri maupun bersama dengan perusahaan.

Seperti halnya mahasiswa pascasarjana ilmu komputer, mahasiswa teknik komputer juga dapat mengakses pilihan pendaftaran online. Mereka mungkin juga perlu menentukan konsentrasi sebelum melanjutkan ke jenjang master atau Ph.D.

Karier Ilmu Komputer

Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) memproyeksikan bahwa negara ini akan memiliki 377.500 lowongan di sektor komputer dan teknologi informasi dari tahun 2022 hingga 2032. Bidang ilmu komputer pada umumnya sedang berkembang pesat dan mencakup peran untuk pengembang, pemrogram, analis, pembuat kode, dan manajer, di antara para profesional lainnya.

  • Ilmuwan Komputer

Gaji Tahunan Rata-rata: Rp2,207,779,200
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan (2022-2032): +23%
Deskripsi Pekerjaan: Ilmuwan komputer menciptakan alat dan teknologi untuk memecahkan masalah komputasi. Pekerjaan ini bervariasi berdasarkan industri, tetapi peluang ada di pekerjaan pemerintah, akademisi, dan organisasi swasta. Sebagian besar pemberi kerja lebih memilih kandidat untuk peran ini memiliki gelar master.

  • Analis Keamanan Informasi

Gaji Tahunan Rata-rata: Rp2,007,072,000
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan (2022-2032): +25%
Deskripsi Pekerjaan: Karier keamanan siber ini menawarkan pertahanan yang penting dan berkelanjutan terhadap peretasan dan pelanggaran keamanan. Analis keamanan informasi bekerja untuk mengembangkan solusi pencegahan yang melindungi integritas jaringan komputer, sistem, dan teknologi. Karyawan tingkat pemula harus memiliki gelar sarjana minimal.

  • Pengembang Perangkat Lunak

Gaji Tahunan Rata-rata: Rp2,056,521.60
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan (2022-2032): +26%
Deskripsi Pekerjaan: Pengembang perangkat lunak menyusun strategi untuk membuat aplikasi komputer, program, dan sistem operasi. Peran ini membutuhkan gambaran umum tentang tahap desain, pengujian, peninjauan, dan pemecahan masalah untuk menjamin bahwa program berfungsi dengan baik. Pekerjaan tingkat pemula untuk para profesional ini biasanya membutuhkan gelar sarjana.

Karier Teknik Komputer

Dalam bidang teknik komputer, BLS memproyeksikan tingkat rata-rata pertumbuhan pekerjaan selama satu dekade ke depan. Dalam beberapa kasus, pekerjaan tingkat pemula lebih mudah diakses untuk teknik komputer daripada ilmu komputer, dengan beberapa pekerjaan yang membutuhkan gelar master untuk memulai. Namun, kredensial pendidikan lanjutan dapat membedakan kandidat teknik komputer dan berpotensi meningkatkan potensi penghasilan mereka.

  • Pemrogram Komputer

Gaji Tahunan Rata-rata:Rp1,580,448,000
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan (2022-2032): -11%
Deskripsi Pekerjaan: Apa itu pemrograman komputer? Dibandingkan dengan pengembang perangkat lunak, yang memiliki ide dan mengelola pengembangan aplikasi dan program, pemrogram komputer terutama bertanggung jawab untuk menulis kode dan skrip yang membuat aplikasi menjadi fungsional. Gelar sarjana biasanya diperlukan untuk pekerjaan pemrograman komputer tingkat pemula.

  • Insinyur Perangkat Keras Komputer

Gaji Tahunan Rata-rata: Rp2,138,937,600
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan (2022-2032): +5%
Deskripsi Pekerjaan: Bertugas menguji dan mengembangkan sistem komputer, insinyur perangkat keras komputer dapat bekerja dengan prosesor komputer, papan sirkuit, memori, dan penyimpanan. Mereka bertujuan untuk membuat komputer lebih efisien dan bekerja di berbagai industri termasuk transportasi, kedokteran, dan telekomunikasi. Para profesional tingkat pemula harus memiliki gelar sarjana.

  • Analis Sistem Komputer

Gaji Tahunan Rata-rata: Rp1,652,198,400
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan (2022-2032): +10%
Deskripsi Pekerjaan: Analis sistem komputer bekerja di persimpangan antara bisnis dan teknik. Mereka bertujuan untuk meningkatkan sistem komputer dengan memahami kebutuhan organisasi. Peran ini membutuhkan penelitian dan keterlibatan dengan tren bisnis. Analis sering melatih orang lain untuk menggunakan alat komputasi juga. Perusahaan biasanya lebih memilih karyawan tingkat pemula yang memiliki gelar sarjana.

Disadur dari: https://www.forbes.com/