Ilmu Komputer vs Teknik Komputer: Apa Bedanya?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 08.21

Sumber: pinterest

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (BLS), sektor komputer dan teknologi informasi tumbuh dengan kecepatan yang lebih cepat daripada kebanyakan bidang lainnya. Dengan pertumbuhan pekerjaan yang berkembang sebesar 15 persen yang diproyeksikan selama periode 2021 hingga 2031, TI dan komputasi dengan cepat muncul sebagai salah satu industri terpanas dan paling banyak diminati di negara ini. Faktanya, LinkedIn melaporkan bahwa karier di bidang komputasi merupakan “sumber gaji baru nomor satu di Amerika,” yang menyumbang lebih dari 16 persen dari gaji di Amerika, dibandingkan dengan 15,8 persen untuk bidang manajemen, 12,3 persen untuk bidang penjualan, dan 10,5 persen untuk bidang kesehatan. 

Bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik di tingkat pascasarjana maupun sarjana, gelar yang berhubungan dengan komputasi dapat menjadi investasi yang solid di masa depan. Namun, meskipun menjanjikan secara ekonomi, tren di sekitar bidang TI juga menimbulkan beberapa pertanyaan penting: 

Karena industri teknologi sangat luas, jenis gelar apa yang terbaik untuk Anda? 

Apa perbedaan gelar di bidang ilmu komputer dengan gelar di bidang teknik komputer? 

Apakah gelar-gelar ini tersedia secara online, dan apakah mereka menawarkan prospek yang baik untuk pekerjaan jarak jauh? 

Manakah dari program-program ini yang paling sesuai dengan bakat, tujuan, dan minat Anda yang unik?  

Ini semua adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan pada diri sendiri jika Anda berpikir untuk mengejar karier di bidang teknologi. Dengan menjelaskan beberapa perbedaan utama antara jurusan-jurusan komputasi yang populer, panduan ini akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Apakah Teknik Komputer adalah Ilmu Komputer? 

Banyak calon mahasiswa bertanya-tanya, “Apakah ilmu komputer termasuk dalam jenis teknik?” Meskipun istilah seperti “ilmu komputer” dan “teknik komputer” kadang-kadang digunakan secara bergantian, keduanya secara teknis merupakan bidang yang terpisah yang berfokus pada aspek yang berbeda dari teknologi komputer. 

Oleh karena itu, National University membagi bidang studi ini menjadi dua jurusan terpisah: Bachelor of Science in Electrical and Computer Engineering (BSECE) dan Bachelor of Science in Computer Science (BSCS), yang juga diajarkan di tingkat pascasarjana sebagai Master of Science in Computer Science (MSCS) bagi mereka yang mengejar gelar master. Masing-masing program terakreditasi ini dapat diselesaikan secara online, menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas yang sesuai dengan jadwal Anda yang sibuk. 

Mari kita lihat lebih dekat masing-masing bidang ini - dan potensi karier yang dapat dicapai dengan gelar di salah satu bidang tersebut. 

Apa perbedaan antara Ilmu Komputer dan Teknik Komputer? 

Baik ilmu komputer (CS) maupun teknik komputer (CE) adalah bidang teknologi intensif yang berorientasi pada komputer dan sistem informasi. Sebagai contoh, baik jurusan CS maupun CE harus mempelajari keterampilan dasar seperti pengkodean dan pengujian perangkat lunak komputer. Namun, meskipun terlihat tumpang tindih, perbedaannya cukup besar. 

Bidang teknik komputer cenderung memprioritaskan desain dan pengembangan komputer, sedangkan ilmu komputer lebih menekankan pada teori komputasi, yang diterjemahkan ke dalam fokus yang lebih besar pada keamanan siber, algoritme, dan jaringan komputer. Jika Anda cenderung senang membangun komputer, belajar tentang perangkat keras, atau mendesain antarmuka, Anda mungkin lebih memilih teknik komputer daripada ilmu komputer. Di sisi lain, jika Anda tertarik dengan teori komputasi dan analisis data, gelar pascasarjana atau sarjana di bidang ilmu komputer mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. 

Masih belum yakin cabang komputasi mana yang ingin Anda konsentrasikan? Coba bandingkan persyaratan program National University untuk jurusan teknik komputer dengan program ilmu komputer kami. Misalnya, jurusan CE dapat mengambil kelas dan laboratorium mikroelektronika, fisika berbasis kalkulus, dan pemrosesan sinyal digital, sedangkan jurusan CS akan mempelajari pemecahan masalah ilmiah, struktur data dan algoritma, dan desain basis data. Keduanya diwajibkan untuk menyelesaikan mata kuliah logika digital, etika komputer, dan arsitektur komputer, di antara mata kuliah lainnya. 

Dengan meninjau mata kuliah yang harus kamu selesaikan dan keterampilan yang harus kamu kuasai, kamu dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang program mana yang tepat untukmu. Selain itu, kantor penerimaan kami selalu siap membantu. 

Mengapa belajar Ilmu Komputer atau Teknik? 

Ada banyak alasan untuk mempertimbangkan mengejar gelar sarjana atau gelar master di bidang CS atau CE. Berikut adalah beberapa contohnya: 

  • Prospek karier yang kuat. BLS memperkirakan bahwa industri komputasi dan TI akan menambah lebih dari setengah juta pekerjaan ke ekonomi AS selama dekade mendatang, memproyeksikan sekitar 546.200 lowongan pekerjaan. Siswa yang lulus dengan gelar BS atau MS di bidang yang berhubungan dengan komputasi, seperti CE atau CS, akan dihargai, dicari, dan diminati dalam ekonomi yang semakin kompetitif. 
  • Potensi besar untuk bekerja dari rumah. Wabah global COVID-19 telah mendorong banyak bisnis, karyawan, dan kontraktor independen untuk beralih ke model kerja jarak jauh, yang semakin populer bahkan sebelum pandemi virus corona. Faktanya, statistik terbaru menunjukkan bahwa sekitar 10 persen pekerja di industri informasi bekerja dari jarak jauh - lebih banyak dari hampir semua bidang lainnya. Jika Anda menyukai pemikiran untuk dapat bekerja dari rumah atau ruang tamu, pertimbangkan untuk berkarier di bidang TI. 
  • Kesempatan kerja yang beragam. Hampir setiap industri membutuhkan ahli teknologi dan komputer. Tergantung pada minat Anda, keterampilan yang Anda pelajari sebagai jurusan CS atau CE dapat mengarah pada pekerjaan di bidang perawatan kesehatan, komunikasi, bisnis, pemasaran, mode, game, desain grafis, pendidikan, AI, dan banyak lagi. 

Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam Ilmu Komputer

  1. Computer Science berfokus pada landasan teori dan aplikasi praktis komputer dan sistem komputasi. Mahasiswa dalam program Ilmu Komputer akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan di bidang-bidang berikut.
  2. Bahasa Pemrograman: Memperoleh kemahiran dalam bahasa pemrograman seperti Java, Python, PHP, dan C++ sangat penting bagi para ilmuwan komputer. Pengetahuan ini memungkinkan mereka untuk membuat, memodifikasi, melakukan QA, dan men-debug aplikasi perangkat lunak.
  3. Pengembangan dan Desain Perangkat Lunak: Mahasiswa Ilmu Komputer mempelajari metodologi pengembangan perangkat lunak, seperti metodologi pengembangan Agile, pengembangan aplikasi cepat (RAD), dan metodologi penyebaran DevOps. Sambil mendapatkan keterampilan dalam merancang antarmuka pengguna, arsitektur perangkat lunak, dan pengujian.
  4. Basis Data dan Manajemen Data: Pengetahuan untuk menyelesaikan pengumpulan, penyimpanan, dan analisis data dengan benar serta memanfaatkan alat analisis data dan perangkat lunak Business Intelligence (BI) untuk mendapatkan wawasan yang berharga.
  5. Keamanan siber: Ilmuwan komputer harus menguasai prinsip dan praktik keamanan siber untuk melindungi aset digital dan menjaga integritas aplikasi perangkat lunak.
  6. Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin: Topik-topik tingkat lanjut ini semakin penting dalam komputasi modern, dan para ilmuwan komputer sering kali mengembangkan keahlian dalam menciptakan sistem dan algoritme yang cerdas.

Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam Teknik Komputer

  1. Teknik Komputer menggabungkan prinsip-prinsip teknik elektro dan ilmu komputer untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Mahasiswa dalam program Teknik Komputer akan memperoleh keahlian di bidang-bidang berikut.
  2. Sistem Tertanam: Para insinyur komputer mengembangkan keahlian dalam merancang dan memprogram sistem tertanam, yang merupakan sistem komputer khusus yang diintegrasikan ke dalam perangkat yang lebih besar untuk tujuan tertentu, seperti sistem kontrol otomotif atau perangkat IoT.
  3. Sistem Operasi: Insinyur komputer mendapatkan pengetahuan dalam mengembangkan dan mengelola sistem operasi dan sistem waktu nyata yang membutuhkan pengaturan waktu dan sinkronisasi yang tepat.
  4. Jaringan dan Komunikasi: Kemahiran dalam protokol jaringan, standar komunikasi, dan arsitektur jaringan memungkinkan para insinyur komputer untuk merancang dan memelihara sistem dan perangkat yang saling terhubung.
  5. Integrasi Perangkat Keras-Perangkat Lunak: Insinyur komputer belajar menjembatani kesenjangan antara perangkat keras dan perangkat lunak, memastikan interaksi yang mulus antar komponen untuk kinerja sistem yang optimal.

Apa saja pilihan karier Saya setelah Gelar Teknik Komputer atau Ilmu Komputer? 

Gelar sarjana atau master dalam ilmu komputer atau teknik komputer dapat membuat Anda memenuhi syarat untuk lusinan pekerjaan yang berbeda, tergantung pada minat, keterampilan, dan tujuan Anda. Kabar baiknya adalah, terlepas dari ceruk atau jalur yang Anda pilih, sebagian besar pekerjaan yang berhubungan dengan TI berkembang pesat dan bergaji tinggi. Sebagai contoh, pertimbangkan contoh-contoh berikut ini, yang diambil dari data gaji rata-rata terbaru yang tersedia dari BLS: 

Arsitek jaringan komputer (Rp1,947,603.20 per tahun) 
Pemrogram komputer (Rp1,502,880 per tahun) 
Analis sistem komputer (Rp1,604,203.20 per tahun) 
Administrator basis data (Rp1,560,248 per tahun) 
Analis keamanan informasi (Rp1,658,016,000 per tahun) 
Administrator jaringan dan sistem komputer (Rp1,302,496,000 per tahun) 
Pengembang perangkat lunak (Rp1,761,440 per tahun) 
Pengembang web (Rp1,265,328,000 per tahun) 

Raih gelar sarjana Ilmu Komputer atau Teknik di National University 

Apakah Anda memilih untuk mengejar teknik komputer, ilmu komputer, atau bidang terkait seperti analisis data atau manajemen TI, Anda akan mempelajari keterampilan berharga yang dapat membuka pintu profesional yang menarik. Dengan program-program yang berjalan cepat, beasiswa yang berlimpah, dan program-program yang dapat diselesaikan secara online, NU menawarkan kesempatan untuk memulai karir Anda. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis gelar dan karier yang dapat Anda kejar di bidang TI, hubungi konselor pendaftaran di National University. Anda juga dapat menjelajahi daftar lengkap program komputer dan teknik kami dan menemukan informasi terperinci tentang persyaratan mata kuliah, tujuan program, dan fakultas. Apa pun pendekatan yang Anda ambil, Anda berada di jalur yang benar menuju karier yang menarik dan bermanfaat.

Disadur dari: https://www.nu.edu/