Ilmu Data vs Ilmu Komputer: Karier Teknologi Mana yang Tepat untuk Anda?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 07.58

Sumber: pinterest

Ilmu Data dan Ilmu Komputer sering kali hidup berdampingan, tetapi apa yang membedakannya? Apakah keduanya memiliki kesamaan juga?  Dalam tema umum dari proses Sains Data, kita dapat melihat bagaimana Ilmu Komputer terintegrasi di dalamnya.  

Gambaran umum tentang Ilmu Komputer dan Ilmu Data 

Ilmu Komputer:

Studi tentang komputer dan konsep komputasi disebut sebagai ilmu komputer. Pada dasarnya ilmu komputer adalah studi tentang faktor-faktor yang berinteraksi dengan data dalam bentuk program. Ilmu ini berkaitan dengan manipulasi informasi melalui penerapan berbagai algoritma.  

Ilmu komputer mencakup arsitektur, desain, pengembangan, dan pembuatan mesin komputasi atau perangkat yang mendorong industri Teknologi Informasi dan kemajuannya di dunia teknologi. Bahasa pemrograman, desain algoritma, rekayasa perangkat lunak, interaksi komputer-manusia, dan proses komputasi adalah contoh dari konsep ilmu komputer.  Sistem operasi dan kompiler juga merupakan topik studi dalam ilmu komputer. 

Ilmu Data:

Bidang yang mengekstrak wawasan dan pemahaman dari data menggunakan berbagai metodologi, algoritma, dan metode ilmiah. Oleh karena itu, ilmu ini dapat dicirikan sebagai kumpulan alat matematika, algoritma, statistik, dan teknik pembelajaran mesin yang beragam yang digunakan untuk menemukan tren dan korelasi tersembunyi dalam data untuk membantu perencanaan strategis.  

Bidang ini berkaitan dengan data terstruktur dan tidak terstruktur. Bidang ini berkaitan dengan data mining dan big data. Ilmu data memerlukan pemeriksaan tren historis dan menggunakan wawasan untuk mendefinisikan ulang tren saat ini serta memperkirakan tren potensial. 

Data Science dapat digunakan untuk mempelajari perilaku dan kebiasaan pengguna internet dengan mengumpulkan informasi dari lalu lintas internet serta riwayat penelusuran. Dengan cara inilah iklan yang disukai akan ditampilkan pada halaman browser internet pengguna tanpa kontribusi mereka. 

Ilmu data vs Ilmu Komputer: mana yang cocok untuk Anda?

Tujuan karir, minat pribadi, dan seberapa jauh Anda ingin menempuh pendidikan akan mempengaruhi keputusan Anda dalam menentukan bidang mana yang terbaik untuk Anda. Ilmu komputer mengambil pendekatan yang lebih luas terhadap komputasi, yang membutuhkan penguasaan beragam keterampilan. Hal ini memberikan satu keuntungan besar dibandingkan gelar ilmu data: kemungkinan karier yang lebih luas. Di sisi lain, gelar ilmu data dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang terlibat dalam karier ilmu data.  

Meskipun kedua cabang ini terhubung dengan inti yang sama yaitu komputer dan teknologi, ilmuwan data muda yang ambisius harus mengakui bakat unik mereka di bidang ini dan memilih spesialisasi yang sesuai. Sama seperti ilmu komputer, ilmu data juga mendapatkan pengakuan akademis, dan biaya kursus ilmu data di India melonjak seiring dengan semakin banyaknya program gelar yang ditambahkan di tingkat universitas. 

Cara untuk memulai Karir: 

  • Jika Anda ingin menjadi seorang ilmuwan data, Anda harus terbiasa dengan alat yang dapat digunakan di berbagai lingkungan, yang kemungkinan besar akan mencakup SQL, pengkodean, baris perintah, dan teknologi cloud. 
  • Jika Anda ingin berkarir di bidang Ilmu Komputer, dengan mempelajari matematika dan ilmu komputer secara bersamaan, Anda dapat membangun fondasi yang kuat untuk karir ilmu komputer Anda sejak dini. 
  • Jika Anda benar-benar suka mengembangkan hal-hal baru, kami merekomendasikan ilmu komputer, tetapi jika Anda suka menganalisis, mempelajari, dan menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang tersedia, ilmu data benar-benar cocok untuk Anda. 

Cara untuk sukses:

  • Ilmuwan data bekerja sama dengan para pemangku kepentingan dan pejabat eksekutif di perusahaan untuk memahami tujuan utama mereka. Mereka menyelidiki bagaimana data dapat digunakan untuk mencapai tujuan mereka dan memajukan perusahaan.  
  • Untuk menjadi ilmuwan data yang sukses, Anda harus mudah beradaptasi dengan perubahan, terbuka terhadap pengalaman baru, dan mampu mengembangkan dan mengusulkan alternatif. 
  • Ilmuwan komputer biasanya dianggap sebagai ahli matematika karena mereka terlibat dalam analisis dan konseptualisasi masalah dan masalah komputasi dan matematika. 
  • Untuk sukses seperti ilmuwan komputer, Anda harus dapat menerjemahkan teori dan model ke dalam aplikasi dalam banyak kasus yang memungkinkan. Anda harus produktif ketika melakukan pemrograman, jadi jaga agar keahlian bahasa pemrograman Anda tetap mutakhir dan terlatih dengan baik. 

Kedua karier ini sangat bermanfaat, tetapi ada satu hal yang dapat Anda periksa yaitu gaji ilmu data vs ilmu komputer. Seorang Ilmuwan Komputer mendapatkan gaji tahunan rata-rata USD 100.000. Seorang ilmuwan data, di sisi lain, menghasilkan lebih dari USD 140.000 per tahun. Karena banyaknya data yang dihasilkan di seluruh dunia, serta kebutuhan seseorang untuk menangani cukup banyak data tersebut, ilmuwan data berbakat tidak akan kesulitan untuk mendapatkan karier bergaji tinggi. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang data science, Anda dapat memilih knowledgehut belajar data science dengan python dan mendapatkan sertifikasi.  

Pelajari di mana Anda bersandar 

Kedua bidang Ilmu Komputer dan Ilmu Data sangat penting dalam semua hal teknis di mana mereka berkembang dan memberikan peluang dan inovasi dengan proses yang canggih untuk membuat hidup manusia lebih mudah. 

Ilmu Komputer dan Ilmu Data adalah dua bidang yang berbeda, yang jika diterapkan pada penggunaan teknologi canggih, tetapi berada di bawah kategori yang sama yang lebih luas. Ilmu Komputer mengajarkan kita cara menggunakan teknologi untuk menghitung data, sedangkan Ilmu Data mengajarkan kita cara mengoperasikan data yang ada agar berguna. 

Fokus utama seorang Ilmuwan Data adalah menggunakan algoritma Machine Learning untuk memecahkan masalah bisnis, sedangkan fokus utama Ilmuwan Komputer adalah pemrograman berorientasi objek dan Rekayasa Perangkat Lunak atau lebih ke arah TI, yang membutuhkan pengetahuan luas dan menyeluruh tentang segala sesuatu tentang komputer. 

Lihat kursus kami Belajar Ilmu Data dengan Python. Kursus ini hadir tanpa prasyarat dan membantu Anda belajar langsung ilmu data science dengan keterampilan python.

Bebaskan potensi Anda dengan cbap online. Kuasai seni analisis bisnis sesuai keinginan Anda dan buka peluang karier yang tak terbatas. Bergabunglah dengan kami hari ini!

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

1. Apakah Ilmu Data sama dengan Ilmu Komputer?
Ilmu data dan ilmu komputer memiliki banyak kesamaan karena keduanya membutuhkan banyak keterampilan yang sama. Namun, mahasiswa ilmu komputer lebih tertarik pada dasar-dasar teori tentang bagaimana bahasa-bahasa tersebut bekerja, sedangkan mahasiswa ilmu data hanya menggunakan alat ilmu komputer untuk menganalisis metrik.

Pada tingkat sarjana, perbedaan antara ilmu data dan ilmu komputer bisa jadi sulit dibedakan. Gelar sarjana dalam ilmu komputer, bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang suatu bidang, membuka pintu ke berbagai peluang karier dan jalur pembelajaran. Karena studi pascasarjana biasanya melibatkan lebih banyak spesialisasi, Anda akan melihat perbedaan yang lebih jelas hanya di tingkat pascasarjana.

2. Mana yang membayar lebih banyak gaji, ilmu data atau ilmu komputer?
Ilmu Data lebih berharga daripada ilmu komputer. Seorang Ilmuwan Komputer mendapatkan gaji tahunan rata-rata USD 100000. Seorang ilmuwan data, di sisi lain, menghasilkan lebih dari USD 140000 per tahun. Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak atau insinyur sistem yang berpengalaman, memiliki keahlian tersebut dapat meningkatkan gaji Anda secara instan.  

3. Apakah ilmu data merupakan bagian dari Ilmu Komputer?
Tidak, ilmu data bukan hanya subbidang ilmu komputer. Meskipun ada banyak tumpang tindih antara ilmu data dan ilmu komputer, masing-masing bidang berbeda. Secara umum, ilmu komputer memerlukan pembelajaran teori dan praktik komputasi modern, serta beragam keterampilan dan bahasa pengkodean. Segala sesuatu mulai dari perangkat lunak hingga sistem operasi yang mereka jalankan, serta perangkat keras inti yang bersentuhan dengan OS, termasuk dalam kategori ini.

Karena kedua karier ini dapat melibatkan tugas-tugas yang serupa, ilmu data dapat terlihat sebagai cabang dari ilmu komputer. 

Sangat penting untuk memahami perbedaan antara kedua posisi ini, serta ketika salah satu menuntut yang lain dan sebaliknya. Seorang Ilmuwan Data biasanya akan mendapatkan keuntungan dengan menguasai Ilmu Komputer terlebih dahulu dan kemudian berspesialisasi dalam metode pembelajaran mesin. Di sisi lain, beberapa Data Scientist memulai dengan statistik sebelum belajar coding, dengan menekankan pada konsep Ilmu Data dan metode Machine Learning.

Disadur dari: https://www.knowledgehut.com/