Efisiensi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 13.01

www.pexels.com

Efisiensi adalah kemampuan yang sering terukur untuk menghindari pemborosan bahan, energi, tenaga, uang, dan waktu dalam melakukan sesuatu atau dalam menghasilkan hasil yang diinginkan. Dalam arti yang lebih umum, itu adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik, berhasil, dan tanpa pemborosan. Seperti yang didefinisikan oleh Deborah Stone, efisiensi adalah "dengan demikian bukan tujuan itu sendiri. Ini bukan sesuatu yang kita inginkan untuk kepentingannya sendiri, melainkan karena efisiensi membantu kita mencapai lebih banyak hal yang kita hargai."

Dalam istilah yang lebih matematis atau ilmiah, ini menandakan tingkat kinerja yang menggunakan input paling sedikit untuk mencapai jumlah output tertinggi. Ini sering secara khusus terdiri dari kemampuan aplikasi spesifik upaya untuk menghasilkan hasil tertentu dengan jumlah atau kuantitas minimum pemborosan, biaya, atau upaya yang tidak perlu. Efisiensi mengacu pada input dan output yang sangat berbeda di berbagai bidang dan industri. Pada tahun 2019, Komisi Eropa mengatakan: "Efisiensi sumber daya berarti menggunakan sumber daya bumi yang terbatas secara berkelanjutan sambil meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Ini memungkinkan kita untuk menciptakan lebih banyak dengan lebih sedikit dan memberikan nilai lebih besar dengan lebih sedikit input.

Efisiensi dan efektivitas

Efisiensi sangat sering dikacaukan dengan efektivitas. Secara umum, efisiensi adalah konsep yang dapat diukur, secara kuantitatif ditentukan oleh rasio output yang berguna terhadap total input yang berguna. Efektivitas adalah konsep sederhana untuk dapat mencapai hasil yang diinginkan, yang dapat dinyatakan secara kuantitatif tetapi biasanya tidak memerlukan matematika yang lebih rumit daripada penjumlahan. Efisiensi seringkali dapat dinyatakan sebagai persentase dari hasil yang idealnya dapat diharapkan, misalnya jika tidak ada energi yang hilang karena gesekan atau penyebab lain, dalam hal ini 100% bahan bakar atau input lain akan digunakan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Dalam beberapa kasus, efisiensi dapat diukur secara tidak langsung dengan nilai non-persentase, mis. impuls tertentu.

Cara yang umum tetapi membingungkan untuk membedakan antara efisiensi dan efektivitas adalah pepatah "Efisiensi adalah melakukan sesuatu dengan benar, sedangkan efektivitas adalah melakukan hal yang benar." Pepatah ini secara tidak langsung menekankan bahwa pemilihan tujuan dari suatu proses produksi sama pentingnya dengan kualitas proses itu. Pepatah ini populer dalam bisnis namun mengaburkan pengertian yang lebih umum dari "efektivitas", yang akan/seharusnya menghasilkan mnemonik berikut: "Efisiensi adalah melakukan sesuatu dengan benar; efektivitas adalah menyelesaikan sesuatu." Hal ini memperjelas bahwa efektivitas, misalnya jumlah produksi yang besar, juga dapat dicapai melalui proses yang tidak efisien jika, misalnya, pekerja bersedia atau terbiasa bekerja lebih lama atau dengan upaya fisik yang lebih besar daripada di perusahaan atau negara lain atau jika mereka dapat bekerja lebih lama. terpaksa melakukannya. Demikian pula, sebuah perusahaan dapat mencapai efektivitas, misalnya jumlah produksi yang besar, melalui proses yang tidak efisien jika mampu menggunakan lebih banyak energi per produk, misalnya jika harga energi atau biaya tenaga kerja atau keduanya lebih rendah daripada pesaingnya.

Ketidakefisienan

Inefisiensi adalah tidak adanya efisiensi. Macam-macam inefisiensi antara lain:

  • Inefisiensi alokasi mengacu pada situasi di mana distribusi sumber daya antara alternatif tidak sesuai dengan selera konsumen (persepsi biaya dan manfaat). Misalnya, sebuah perusahaan mungkin memiliki biaya terendah dalam hal "produktif", tetapi hasilnya mungkin tidak efisien dalam hal alokasi karena biaya "benar" atau sosial melebihi harga yang bersedia dibayar konsumen untuk unit ekstra produk. Ini benar, misalnya, jika perusahaan menghasilkan polusi (lihat juga biaya eksternal). Konsumen akan lebih suka bahwa perusahaan dan pesaingnya menghasilkan lebih sedikit produk dan membebankan harga yang lebih tinggi, untuk menginternalisasi biaya eksternal.
  • Inefisiensi distributif mengacu pada distribusi pendapatan dan kekayaan yang tidak efisien dalam suatu masyarakat. Penurunan utilitas marjinal kekayaan, secara teori, menunjukkan bahwa distribusi kekayaan yang lebih egaliter lebih efisien daripada distribusi inegalitarian. Inefisiensi distributif sering dikaitkan dengan ketimpangan ekonomi.
  • Inefisiensi ekonomi mengacu pada situasi di mana "kita bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik," yaitu, mencapai tujuan kita dengan biaya lebih rendah. Ini adalah kebalikan dari efisiensi ekonomi. Dalam kasus terakhir, tidak ada cara untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik, mengingat sumber daya dan teknologi yang tersedia. Kadang-kadang, jenis efisiensi ekonomi ini disebut sebagai efisiensi Koopman.
  • Inefisiensi Keynesian dapat didefinisikan sebagai penggunaan sumber daya yang tidak lengkap (tenaga kerja, barang modal, sumber daya alam, dll.) karena permintaan agregat yang tidak memadai. Kami tidak mencapai output potensial, sementara menderita pengangguran siklis. Kita bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik jika kita menerapkan pengeluaran defisit atau kebijakan moneter ekspansif.
  • Inefisiensi pareto adalah situasi di mana satu orang tidak dapat dibuat lebih baik tanpa membuat orang lain menjadi lebih buruk. Dalam praktiknya, kriteria ini sulit diterapkan di dunia yang terus berubah, begitu banyak penekanan ukuran Kaldor-Hicks efisiensi dan inefisiensi: situasi tidak efisien jika seseorang dapat dibuat lebih baik bahkan setelah kompensasi yang dibuat lebih buruk, terlepas dari apakah kompensasi benar-benar terjadi.
  • Inefisiensi produktif mengatakan bahwa kita dapat menghasilkan output tertentu dengan biaya lebih rendah—atau dapat menghasilkan lebih banyak output dengan biaya tertentu. Misalnya, perusahaan yang tidak efisien akan memiliki biaya operasi yang lebih tinggi dan akan berada pada kerugian kompetitif (atau memiliki keuntungan yang lebih rendah daripada perusahaan lain di pasar). Lihat Sickles and Zelenyuk (2019, Bab 3) untuk diskusi yang lebih luas.
  • Inefisiensi pasar sumber daya mengacu pada hambatan yang mencegah penyesuaian penuh pasar sumber daya, sehingga sumber daya tidak digunakan atau disalahgunakan. Misalnya, pengangguran struktural dihasilkan dari hambatan mobilitas di pasar tenaga kerja yang mencegah pekerja pindah ke tempat dan pekerjaan di mana ada lowongan pekerjaan. Dengan demikian, pekerja yang menganggur dapat hidup berdampingan dengan lowongan pekerjaan yang tidak terisi.
  • X-inefisiensi mengacu pada inefisiensi dalam "kotak hitam" produksi, yang menghubungkan input ke output. Jenis inefisiensi ini mengatakan bahwa kita dapat mengatur orang atau proses produksi dengan lebih efektif. Seringkali masalah "moral" atau "kelembaman birokrasi" menyebabkan inefisiensi X.

Inefisiensi produktif, inefisiensi pasar sumber daya, dan inefisiensi X dapat dianalisis menggunakan analisis data envelopment dan metode serupa.

Ekspresi matematika

Efisiensi sering diukur sebagai rasio keluaran yang berguna terhadap masukan total, yang dapat dinyatakan dengan rumus matematika r=P/C, di mana P adalah jumlah keluaran yang berguna ("produk") yang dihasilkan per jumlah C ("biaya" ) dari sumber daya yang dikonsumsi. Ini mungkin sesuai dengan persentase jika produk dan bahan habis pakai dikuantifikasi dalam unit yang kompatibel, dan jika bahan habis pakai diubah menjadi produk melalui proses konservatif. Misalnya, dalam analisis efisiensi konversi energi mesin kalor dalam termodinamika, produk P mungkin merupakan jumlah keluaran kerja yang berguna, sedangkan C yang dapat dikonsumsi adalah jumlah masukan panas suhu tinggi. Karena kekekalan energi, P tidak pernah bisa lebih besar dari C, sehingga efisiensi r tidak pernah lebih besar dari 100% (dan bahkan harus lebih kecil pada suhu yang terbatas).

Dalam ilmu pengetahuan dan teknologi

Dalam fisika

  • Kerja yang berguna per kuantitas energi, keuntungan mekanik atas keuntungan mekanik ideal, sering dilambangkan dengan huruf kecil Yunani (Eta):
  1. Efisiensi listrik
  2. Efisiensi konversi energi
  3. Efisiensi mekanis
  4. Efisiensi termal, rasio kerja yang dilakukan terhadap energi panas yang dikonsumsi
  • Penggunaan energi yang efisien, tujuan memaksimalkan efisiensi

           - Dalam termodinamika: Efisiensi konversi energi, ukuran kerugian termodinamika hukum kedua

            - Efisiensi radiasi, rasio daya terpancar terhadap daya yang diserap pada terminal antena

            - Efisiensi volumetrik, dalam desain mesin pembakaran internal untuk RAF

  • Rasio angkat-ke-tarik
  • Efisiensi Faraday, elektrolisis
  • Efisiensi kuantum, ukuran sensitivitas perangkat fotosensitif
  • Efisiensi kisi, generalisasi pemantulan cermin, diperluas ke kisi difraksi

Dalam ilmu ekonomi

  • Teknologi peningkatan produktivitas
  • Efisiensi ekonomi, sejauh mana pemborosan atau fitur lain yang tidak diinginkan dapat dihindari
  • Efisiensi pasar, sejauh mana pasar tertentu menyerupai pasar ideal yang efisien
  1. Efisiensi Pareto, keadaan tidak mungkin membuat satu individu menjadi lebih baik, tanpa membuat individu lain menjadi lebih buruk
  2. Efisiensi Kaldor-Hicks, versi efisiensi Pareto yang tidak terlalu ketat
  3. Efisiensi alokatif, distribusi barang yang optimal
  4. Upah efisiensi, membayar pekerja lebih dari tarif pasar untuk meningkatkan produktivitas
  • Efisiensi bisnis, pendapatan relatif terhadap pengeluaran, dll.
  • Gerakan Efisiensi, Era Progresif (1890–1932), menganjurkan efisiensi dalam ekonomi, masyarakat, dan pemerintah

Dalam ilmu lain

  • Dalam komputasi:
  1. Efisiensi algoritmik, mengoptimalkan kecepatan dan kebutuhan memori program komputer.
  2. Efisiensi penyimpanan, efektivitas penyimpanan data komputer
  3. Faktor efisiensi, dalam komunikasi data
  • Efisiensi (statistik), ukuran keinginan estimator
  • Efisiensi material, membandingkan kebutuhan material antara proyek konstruksi atau proses fisik
  • Efisiensi administratif, mengukur transparansi dalam otoritas publik dan kesederhanaan aturan dan prosedur untuk warga negara dan bisnis
  • Dalam biologi:
  1. Efisiensi fotosintesis
  2. Efisiensi ekologis

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org