Dinamika Lean

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 13.01

www.cdi-ama.biz

Dinamika lean adalah praktik manajemen bisnis yang menekankan hasil utama yang sama dengan lean manufacturing atau produksi lean untuk menghilangkan pemborosan sumber daya. Namun, dibedakan dengan fokus yang berbeda dalam menciptakan struktur untuk mengakomodasi kondisi bisnis yang dinamis yang menyebabkan limbah ini menumpuk di tempat pertama.

Seperti lean manufacturing, lean dynamics adalah variasi dari tema menciptakan efisiensi dan nilai yang lebih besar dengan mengoptimalkan aliran daripada memaksimalkan skala ekonomi. Dengan demikian, ini merupakan bab penting dalam diskusi yang lebih luas tentang Taylorisme,  Fordisim, metodologi volume standar Alfred Sloan, filosofi Peter Drucker tentang "teori bisnis" dan analisis Genichi Taguchi kerugian. Filosofi umumnya semakin populer selama beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena keadaan yang semakin menantang yang dihadapi oleh dunia bisnis global (terutama terbukti selama penurunan ekonomi di seluruh dunia 2008-2009.)

Kebutuhan untuk menciptakan efisiensi yang lebih besar saat bersaing dalam lingkungan yang menuntut perubahan dan inovasi terus-menerus tampaknya bertanggung jawab atas munculnya dinamika lean sebagai pendekatan peningkatan bisnis yang diakui.

Ringkasan

Istilah "lean" pertama kali diciptakan oleh seorang peneliti di MIT dan kemudian dipopulerkan oleh buku terlaris, The Machine that Changed the World (1990). Mereka yang menerapkan prinsip lean umumnya fokus pada penerapan lean tools yang telah dijelaskan dalam sejumlah referensi selama dua dekade terakhir dengan fokus mencari dan secara langsung menargetkan "pemborosan" (tujuh bentuknya dijelaskan oleh Taiichi Ohno dalam bukunya Toyota Production System sangat terkenal.) Penekanan ini dapat menghasilkan efisiensi yang lebih besar yang tidak serta merta merespon dengan baik ketika kondisi bisnis berubah.

Dinamika ramping mengambil pendekatan yang berbeda. Diperkenalkan oleh buku Going Lean, tidak secara langsung menargetkan hasil yang diinginkan dari eliminasi pemborosan; alih-alih, ini berfokus pada mengidentifikasi dan mengatasi sumber "lag", atau pemutusan tertanam dalam nilai yang mengalir melalui operasi, pengambilan keputusan, informasi, dan inovasi yang mengarah pada solusi dan memperkuat gangguan ketika kondisi bisnis berubah. Ini mempromosikan cara berbeda dalam menyusun bisnis yang menciptakan "stabilitas dinamis" yang melekat atau respons yang lebih besar untuk mengakomodasi kondisi bisnis yang berubah. Perusahaan yang terstruktur dengan cara ini menunjukkan nilai pelanggan yang jauh lebih besar [rujukan?] yang diukur dengan kualitas, inovasi, dan kepuasan pelanggan mereka; mereka juga mempertahankan nilai perusahaan yang lebih besar yang diukur dengan profitabilitas, kapitalisasi pasar, dan pertumbuhan.

Dinamika lean menggunakan kurva nilai sebagai cara berbasis data untuk membandingkan perusahaan secara langsung untuk membedakan perusahaan lean dari industri lain.

Implementasi dinamika lean berfokus pada penurunan dampak variasi terhadap kerugian (berdasarkan fungsi kerugian dari metode Taguchi yang sering dijelaskan oleh ahli statistik bisnis terkenal W. Edwards Deming), sebuah konsep yang menggambarkan pengurangan dramatis kemampuan menciptakan nilai yang ditampilkan sistem manajemen tradisional ketika mengalami perubahan mendadak dalam permintaan produk, harga energi, atau kondisi lain yang memengaruhi stabilitas atau prediktabilitas operasional.

Dinamika lean sangat serbaguna karena dapat diterapkan ke berbagai industri manufaktur dan jasa. Metodenya telah dipelajari untuk Aerospace and Defense (terutama yang diterapkan pada pengadaan suku cadang yang sulit diperoleh), dan medis, dan membedakan beberapa yang menonjol selama krisis seperti maskapai penerbangan, dan ritel.

Latar belakang

Dinamika lean berakar pada studi global lean manufacturing di industri kedirgantaraan yang bertujuan untuk memahami bagaimana memutus siklus eskalasi biaya yang membuat produk baru tidak terjangkau. Hasil ini dijelaskan dalam buku pemenang Hadiah Shingo, Breaking the Cost Barrier. Studi ini menunjukkan bahwa secara langsung menargetkan pengurangan “pemborosan” sebagai titik fokus untuk program lean tidak menghasilkan penghematan biaya yang signifikan. Sebaliknya, ini memberikan bukti kuat bahwa penekanan harus ditempatkan pada penerapan prinsip lean untuk mengurangi amplifikasi variasi yang menyebabkan solusi. Mengatasi variasi ini sangat penting untuk mengatasi gangguan yang sering menyebabkan sampah menumpuk di tempat pertama. Sumber lain mengutip ini, mengidentifikasi kejadian di industri lain.

Penelitian selanjutnya dari industri kedirgantaraan menunjukkan bahwa perusahaan telah menerima temuan ini, menggambarkan pendekatan Manajemen Variasi ini sebagai "...salah satu pendekatan paling menonjol untuk mengubah dan meningkatkan kinerja perusahaan militer."

Fenomena ini divalidasi dengan menghubungkan gangguan yang disebabkan oleh variasi aliran (diukur sebagai variasi waktu siklus) dengan "kerugian" seperti yang dijelaskan oleh Fungsi Rugi Taguchi (lihat Metode Taguchi). Perubahan mendadak s dalam kondisi bisnis, seperti lonjakan atau penurunan permintaan produksi, menyebabkan peningkatan variasi dari kondisi yang diperkirakan, menyebabkan gangguan, dan menyebabkan pemborosan. Pendekatan dinamika ramping merestrukturisasi cara operasi, organisasi, informasi, dan inovasi disusun untuk mengatasi hal ini.

Salah satu metode bagi perusahaan untuk menangani variasi internal yang didorong secara eksternal (seperti lonjakan permintaan yang tiba-tiba), prinsip inti dari dinamika lean, dieksplorasi oleh Departemen Pertahanan di bawah Program Pemanfaatan Pemasok melalui Responsive Grouped Enterprises (SURGE). Program SURGE sebagian disponsori oleh Joint Strike Fighter Program (JSF)(F-35 Lightning II) Program ini bertujuan untuk mengurangi gangguan pabrik karena variasi permintaan dengan mengelompokkan bagian-bagian yang memiliki proses manufaktur yang sama. Ini berhasil mengurangi lead time pada sejumlah item kedirgantaraan kritis sebanyak 60%. Program SURGE menjadi terkenal ketika disebutkan di acara TV populer JAG.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org