Dimana Sajakah Prospek Kerja Bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Biomedik?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

18 April 2024, 11.34

Sumber: id.quora.com

Program Studi Teknik Biomedik ini merupakan program studi yang menggabungkan bidang ilmu keteknikan dan kedokteran, dimana pada program studi ini akan dipelajari bagaimana merancang alat-alat mekanis dan elektronis untuk membantu dunia dunia medis. Secara garis besar, Teknik Biomedis ini mempelajari sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Prospek kerja jurusan Teknik Biomedis ini semakin cerah melihat perkembangan teknologi kesehatan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat, apalagi perguruan tinggi yang memiliki prodi Teknik Biomedik masih sangat sedikit jumlahnya di Indonesia sehingga persaingan dunia kerja pada bidang teknik biomedis khususnya di Indonesia masih tidak terlalu ketat.

Lulusan teknik biomedis diharapkan dapat membantu mengembangkan industri alat-alat medis di Indonesia, sehingga ketergantungan negeri ini akan industri tersebut terhadap negara-negara maju dapat terus menerus dikurangi tiap tahunnya. Luaran akhir yang diharapkan khususnya bagi NKRI dengan adanya program studi ini adalah tercapainya kemandirian Indonesia di bidang industri alat-alat medis.

Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan teknik biomedis di Indonesia:

  1. Laboratorium Kesehatan: Di laboratorium kesehatan, pengetahuan tentang alat-alat medis yang dimiliki oleh lulusan Teknik Biomedis sangatlah penting untuk melaksanakan penelitian yang bermanfaat bagi pasien dan masyarakat.

  2. Rumah Sakit (Pemerintah atau Swasta): Rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan adalah pengguna utama teknologi alat-alat medis. Lulusan Teknik Biomedis dibutuhkan sebagai konsultan untuk pembelian alat-alat medis yang berkualitas dan juga sebagai teknisi yang merawat alat-alat tersebut.

  3. Perusahaan Obat/Farmasi: Di perusahaan farmasi, lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja dalam tugas-tugas pemeliharaan, operasional, atau pengendalian kualitas alat-alat yang digunakan dalam produksi obat-obatan.

  4. Lembaga Penelitian: Lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja di lembaga penelitian untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan alat-alat medis, yang kemudian dapat bermanfaat untuk pengetahuan kesehatan dalam dan luar negeri.

  5. Instansi Pemerintahan: Di instansi pemerintahan seperti Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan, lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya dalam bidang Teknik Biomedis.

  6. Tenaga Pendidik: Lulusan Teknik Biomedis juga memiliki peluang untuk menjadi dosen, terutama dengan sedikitnya jumlah Program Studi Teknik Biomedis di perguruan tinggi Indonesia.

  7. Wirausaha: Sebagai alternatif, lulusan Teknik Biomedis dapat memilih untuk menjadi pengusaha dengan mendirikan perusahaan yang memproduksi alat-alat medis. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya, hal ini merupakan peluang yang layak dipertimbangkan, terutama karena mayoritas alat-alat medis di Indonesia masih diimpor dari luar negeri.

 

Sumber: biomedik.eng.ui.ac.id