Cara Menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi: Gaji, Kualifikasi, Keterampilan, Peran dan Tanggung Jawab

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

11 Juni 2024, 10.27

Sumber: careers360.com

Siapa yang dimaksud dengan Insinyur Pertambangan dan Geologi?

Seorang insinyur pertambangan dan geologi adalah seorang profesional teknis yang menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam merancang tambang dengan mempertimbangkan semua langkah keamanan untuk mengekstraksi mineral dari dalam tanah. Mineral-mineral ini termasuk batu bara, besi, tembaga, emas, dan logam lainnya untuk keperluan industri seperti manufaktur dan utilitas. Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi mengharuskan untuk melakukan operasi pertambangan di daerah terpencil. 

Beberapa insinyur pertambangan mungkin diminta untuk bekerja di operasi pasir dan kerikil. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi di India, peran dan tanggung jawab Insinyur Pertambangan dan Geologi, keterampilan Insinyur Pertambangan dan Geologi, kualifikasi Insinyur Pertambangan dan Geologi di India dan kelayakan Insinyur Pertambangan dan Geologi.    

Insinyur Pertambangan dan Geologi Singkatnya
Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi adalah pekerjaan teknis yang membutuhkan identifikasi lokasi yang diperkaya dengan mineral bawah tanah. Merancang tambang dan mengawasi pembangunan tambang adalah pekerjaan sehari-hari insinyur pertambangan dan geologi. Mereka menentukan metode terbaik dan aman untuk mengekstraksi mineral dari dalam bumi.

Apa peran Insinyur Pertambangan dan Geologi?

Apakah Anda berpikir tentang bagaimana menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi di India atau apa peran dan tanggung jawab Insinyur Pertambangan dan Geologi? Pada bagian ini, kami akan memberikan semua jawaban atas pertanyaan Anda. Seorang insinyur pertambangan dan geologi adalah seorang profesional teknis yang terlibat dalam merancang tambang dan memastikan penggunaannya yang aman. Mereka bertanggung jawab untuk mempertimbangkan faktor lingkungan sebelum membangun tambang di bawah tanah, tergantung pada geografi daerah tersebut. Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi memerlukan perancangan tambang dan menentukan cara terbaik untuk mengekstraksi logam.

Beberapa insinyur pertambangan dan geologi bekerja sama dengan ahli geologi dan insinyur metalurgi untuk mengevaluasi deposit baru. Beberapa insinyur pertambangan dan geologi lainnya terlibat dalam pengembangan peralatan baru atau operasi pengolahan mineral langsung untuk memisahkan mineral dari zat lain. Seorang insinyur pertambangan dan geologi menentukan metode dan rencana untuk mengekstraksi mineral dengan cara yang efisien.

  • Perencanaan

Peran dan tanggung jawab seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi mencakup identifikasi lokasi dengan kemungkinan lebih tinggi untuk mineral bawah tanah yang diperkaya. Ia selanjutnya merencanakan kegiatan konstruksi yang efisien dengan mempertimbangkan faktor lingkungan dan penggunaan peralatan yang aman.

  • Merancang tambang

Peran seorang insinyur pertambangan dan geologi adalah melakukan operasi pengeboran. Ia juga terlibat dalam merancang operasi tambang terbuka dan tambang bawah tanah.

Jenis-jenis Insinyur Pertambangan dan Geologi

Ada beberapa jenis insinyur pertambangan dan geologi. Anda dapat memilih karir yang disebutkan di bawah ini sebagai alternatif pilihan karir pertambangan dan geologi. 

  • Ahli Geologi: Karier ahli geologi didasarkan pada Ilmu Bumi. Ilmu ini berfokus pada studi tentang batuan di lingkungan. Seorang ahli geologi tetap terlibat dalam mempelajari formasi batuan dan alam yang membentuk permukaan bumi kita seperti gunung berapi dan pembentukan sungai. Jika Anda tidak ingin memilih karir teknik, maka ahli geologi adalah pilihan alternatif terbaik untuk berkarir sebagai insinyur pertambangan dan geologi. 
  • Insinyur Perminyakan: Seorang insinyur perminyakan juga dikenal sebagai insinyur gas. Mereka memiliki keahlian dalam pengeboran dan ekstraksi minyak dan gas alam di sumur tertentu. Seorang insinyur perminyakan bertanggung jawab untuk mengawasi operasi pengeboran untuk menyelesaikan masalah yang timbul dalam operasi. Ia bertanggung jawab untuk mengembangkan alat dan teknik pengeboran baru. Seorang insinyur perminyakan mengembangkan metode baru untuk mengekstraksi minyak dan gas dari sumur yang lebih tua. Ini adalah salah satu sub-disiplin utama dalam karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi. 
  • Insinyur Pertambangan: Seorang insinyur pertambangan adalah seorang profesional teknis yang bertanggung jawab untuk mengekstraksi mineral dari bumi. Ia terlibat dalam pengembangan tambang dan operasi bawah tanah. Seorang insinyur pertambangan bertanggung jawab untuk memahami pengaruh struktur tersebut terhadap lingkungan. 
  • Insinyur Panas Bumi: Seorang insinyur panas bumi adalah seorang profesional yang mengakses sumber panas alami untuk menghasilkan energi. Mereka sering kali terlibat dalam pemrosesan energi panas bumi. Energi panas bumi dapat dikelompokkan dengan energi matahari dan angin sebagai sumber energi terbarukan yang dapat dikembangkan. Baca seluruh artikel untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana menjadi seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi di India. 

Seperti apa tempat kerja/lingkungan kerja seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi?

Karier sebagai seorang insinyur pertambangan dan geologi memberikan peluang kerja di lokasi-lokasi terpencil. Seorang insinyur pertambangan dan geologi harus menghadapi tantangan di lokasi kerja. Seorang insinyur pertambangan dan geologi yang berpengalaman dapat memberikan layanan konsultasi setelah mengembangkan jaringan kontak di industri ini. Ia dapat bekerja di lingkungan kantor perusahaan pertambangan. 

Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi memberikan peluang di bidang-bidang yang berkaitan dengan terowongan, penggalian dan konstruksi. Pekerjaan sebagai insinyur pertambangan dan geologi melibatkan perjalanan ke daerah-daerah terpencil untuk mengidentifikasi lokasi dan menyiapkan rencana dengan mempertimbangkan keselamatan pekerja dan dampak lingkungan. Beberapa insinyur pertambangan dan geologi diharuskan melakukan perjalanan ke luar negeri. Pekerjaan insinyur pertambangan dan geologi mungkin sering membuat Anda merasa terisolasi dan terlibat dalam pekerjaan.

Apakah Insinyur Pertambangan dan Geologi memerlukan perjalanan?

Kemungkinan besar
Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi mengharuskan seseorang untuk melakukan perjalanan ke lokasi-lokasi terpencil. Mereka bertanggung jawab untuk mengidentifikasi lokasi yang diperkaya dengan mineral di bawah tanah dan menyiapkan rencana konstruksi untuk merancang tambang dengan mempertimbangkan faktor lingkungan dan keselamatan pekerja.

Pergeseran pekerjaan: Penuh waktu
Seorang insinyur pertambangan dan geologi diharuskan bekerja penuh waktu. Pergeseran pekerjaan lain paling tidak mungkin ada dalam karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi seperti paruh waktu, per jam, panggilan atau bekerja dari rumah.

Sifat pekerjaan: Kontrak, permanen
Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi memberikan peluang kerja secara kontrak maupun permanen. Syarat dan ketentuan pekerjaan kontrak tergantung pada persyaratan organisasi. Pergeseran pekerjaan bervariasi tergantung pada persyaratan organisasi. Seorang insinyur pertambangan dan geologi dapat dipekerjakan untuk jangka waktu tertentu, seperti 12 bulan atau 15 bulan berdasarkan kontrak. Ia juga dapat memperoleh pekerjaan secara permanen.

Tempat kerja: Di Lapangan, kantor
Seorang insinyur pertambangan dan geologi memerlukan perjalanan ke daerah terpencil untuk menemukan dan mengidentifikasi lokasi yang diperkaya dengan mineral di bawah tanah. Mereka bertanggung jawab untuk memantau pekerjaan konstruksi yang melibatkan operasi pengeboran untuk merancang tambang.

Keberadaan di wilayah Geografis: Pedesaan, semi-perkotaan, perkotaan
Hyderabad, Kolkata dan Jaipur memberikan peluang karir yang menarik bagi para insinyur pertambangan dan geologi. Seorang insinyur pertambangan dan geologi yang bekerja di Hyderabad dan Kolkata mendapatkan penghasilan 62 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional. 

Tekanan waktu: Kemungkinan
Karier sebagai seorang insinyur pertambangan dan geologi mengharuskan untuk bekerja di bawah tekanan waktu yang sering. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan situasi darurat saat melakukan operasi pengeboran yang dapat membahayakan nyawa para pekerja. Dalam situasi seperti itu, insinyur pertambangan dan geologi harus sering bertindak. Seorang insinyur pertambangan dan geologi harus memastikan bahwa pekerjaan selesai di siang hari.  

Rincian lembur
Para profesional dalam karir insinyur pertambangan dan geologi mungkin sering diminta untuk bekerja lembur untuk memastikan keberhasilan proyek.

Jam kerja mingguan
Karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi melibatkan delapan hingga sembilan jam kerja dalam satu shift. Lokasi pertambangan terletak jauh di daerah terpencil. Dalam kasus seperti itu, seorang insinyur pertambangan dan geologi dapat menghabiskan waktu tiga bulan di lokasi kerja. Setelah periode tiga bulan kerja, mereka akan mendapatkan sekitar dua minggu libur. 

Bagaimana cara menjadi seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi?

Langkah-langkah untuk menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi

Jika Anda adalah seseorang yang tertarik untuk mempelajari, merancang dan mengelola pertambangan atau mengekstraksi mineral, logam, batu bara, dan sumber daya berharga lainnya, maka Anda harus memilih karir sebagai Insinyur Pertambangan dan Geologi. Jika Anda adalah seseorang yang ingin berkarir dalam operasi pertambangan dan mencari informasi tentang cara menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi di India, maka kami telah memberikan langkah-langkah lengkap untuk menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi di India. 

  • Mengidentifikasi Keterampilan
  • Mendaftar dalam Pelatihan/Kursus Formal
  • Mengejar Sertifikasi Khusus
  • Membangun Resume yang Kuat
  • Mengikuti Program Magang
  • Temukan Pekerjaan dan Lamar
  • Mulailah Karier Insinyur Pertambangan dan Geologi Anda

1. Mengidentifikasi Keterampilan
Anda harus mengetahui keterampilan Insinyur Pertambangan dan Geologi, kualifikasi Insinyur Pertambangan dan Geologi, serta kelayakan Insinyur Pertambangan dan Geologi jika Anda ingin menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi. Setelah Anda mengidentifikasi apa saja keterampilan Insinyur Pertambangan dan Geologi, Anda harus mengembangkannya dari waktu ke waktu dan mengikuti langkah-langkah agar memenuhi syarat untuk posisi Insinyur Pertambangan dan Geologi. 

Di bawah ini kami telah menyebutkan keterampilan Insinyur Pertambangan dan Geologi, baik hard skill maupun soft skill yang harus Anda miliki untuk memilih karir sebagai Insinyur Pertambangan dan Geologi.

Beberapa soft skill Insinyur Pertambangan dan Geologi adalah perhatian terhadap detail, organisasi, keterampilan observasi, keterampilan komunikasi, dan keterampilan intelektual dan pengambilan keputusan. 

Keterampilan keras seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi adalah Autocad, laporan teknis, desain teknik, keahlian teknis, dan keterampilan penginderaan jauh. 

2. Mengikuti pelatihan/Kursus formal
Untuk menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi, Anda harus lulus 10+2 dengan mata pelajaran Sains dari lembaga yang diakui. Kemudian Anda dapat memilih untuk mendapatkan gelar sarjana dan pekerjaan tingkat pemula. Setelah Anda mendapatkan pengalaman kerja, Anda dapat memilih untuk mendapatkan gelar master. Di bawah ini kami telah menyebutkan ujian Insinyur Pertambangan dan Geologi, gelar sarjana dan gelar master.

Ujian masuk

3. Mengejar sertifikasi khusus
Selain pendidikan formal, Anda juga dapat memilih kursus sertifikasi khusus yang akan membantu Anda mempelajari keterampilan dan pengetahuan tambahan dan juga akan menjadi manfaat tambahan untuk gelar Anda serta dalam resume Anda. 

4. Buatlah Resume yang kuat
Setelah Anda menempuh pendidikan formal atau kursus sertifikasi, sekarang saatnya Anda membangun resume yang kuat. Mulailah berburu lowongan magang Insinyur Pertambangan dan Geologi dan lamarlah. Resume Anda harus menyertakan semua detail Anda seperti pendidikan, minat, keahlian, dan sertifikasi Anda. 

5. Mengejar magang
Peran seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi adalah untuk mengeksplorasi potensi tambang, merencanakan operasi dan pengolahan mineral, serta merancang proyek-proyek yang mengklaim lingkungan. Hal ini membutuhkan banyak latihan dan tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan pengetahuan teoretis. Mengikuti program magang akan membantu Anda mendapatkan pengalaman langsung dan mengembangkan serta meningkatkan keterampilan teknik Pertambangan dan Geologi.

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih magang baik setelah menyelesaikan pendidikan Anda atau selama tahun terakhir studi akademis Anda. Setelah Anda membuat resume, Anda dapat mendaftar menggunakan berbagai platform magang seperti Naukri, Indeed, Internshala, Internsworld, dan lainnya dengan mengunggah resume Anda. 

6. Cari lowongan kerja dan lamar
Setelah Anda menyelesaikan magang dan mendapatkan pengalaman kerja. Anda sekarang dapat melamar pekerjaan Insinyur Pertambangan dan Geologi di berbagai platform penyedia pekerjaan seperti Naukri, Linkedin, Monster, dan Indeed dan kemudian mempersiapkan diri untuk wawancara. Anda dapat menghadiri beberapa wawancara yang relevan.

7. Memulai karir Insinyur Pertambangan dan Geologi Anda
Setelah menghadiri beberapa wawancara, pilihlah tawaran terbaik, terima tawaran tersebut, dan mulailah karir anda sebagai seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi. Ini adalah langkah paling penting dalam cara menjadi Insinyur Pertambangan dan Geologi di India. Setelah Anda bergabung, Anda akan mengerjakan tugas-tugas berbasis kantor hingga kerja lapangan di lokasi tergantung pada tugas Anda.

Anda akan mengunjungi lokasi pertambangan, melakukan survei geologi, dan mengawasi operasi pertambangan. Anda juga akan menganalisis data dan membuat rencana teknik menggunakan perangkat lunak serta meneliti teknologi dan metode inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pertambangan. 

Apa saja keterampilan dan kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Insinyur Pertambangan dan Geologi?

Bagaimana cara menjadi seorang insinyur pertambangan dan geologi di India? Jika minat Anda membuat Anda berkutat di bidang ilmu kebumian dan mencari peluang karier, maka karier sebagai insinyur pertambangan dan geologi adalah salah satu karier yang luar biasa untuk memberikan Anda petualangan dengan kesempatan bepergian ke daerah-daerah terpencil, tidak seperti pekerjaan kantoran. Untuk membangun karir sebagai insinyur pertambangan dan geologi, Anda harus memiliki keahlian yang disebutkan di bawah ini. 

Ada beberapa keahlian yang harus dimiliki untuk membangun karir sebagai insinyur pertambangan dan geologi. 

  • Kerja Tim: Seorang insinyur pertambangan dan geologi diharuskan untuk berfungsi secara efisien sebagai sebuah tim.  Pekerjaan insinyur pertambangan dan geologi membutuhkan koordinasi dengan para profesional teknik lainnya seperti insinyur geoteknik dan metalurgi. 
  • Keterampilan Komunikasi: Seorang insinyur pertambangan dan geologi diharuskan menyiapkan laporan dan instruksi. Ia diharuskan menyiapkan laporan dan instruksi untuk para pekerja. Seorang insinyur pertambangan dan geologi berinteraksi secara verbal dengan pekerja konstruksi untuk menghindari miskomunikasi yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan dapat menyebabkan dampak negatif pada masalah lingkungan. 
  • Pemikiran Analitis: Pekerjaan insinyur pertambangan dan geologi membutuhkan pertimbangan implikasi yang lebih luas dari pekerjaan mereka. Hal ini termasuk mempertimbangkan beberapa masalah yang saling bersaing namun saling berhubungan pada saat yang bersamaan. Mereka bertanggung jawab untuk merencanakan reklamasi lingkungan. 
  • Keterampilan Pemecahan Masalah: Seorang insinyur pertambangan dan geologi diperlukan untuk mengeksplorasi tambang. Ia diharuskan untuk merencanakan operasi tambang, melakukan pemrosesan mineral, dan merancang proyek reklamasi lingkungan. Pekerjaan insinyur pertambangan dan geologi termasuk mengerjakan proyek-proyek kompleks yang membutuhkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat untuk mencapai tujuan. 

Bagaimana prospek pekerjaan untuk Insinyur Pertambangan dan Geologi?

Kami telah meneliti pasar untuk berkarier sebagai insinyur pertambangan dan geologi. Jika anda ingin membangun karir sebagai insinyur pertambangan dan geologi, maka anda harus memeriksa wawasan pasar untuk mengetahui prospek pekerjaan dan aspek masa depannya. Diperkirakan akan ada pertumbuhan sebesar tujuh persen dalam jumlah pekerjaan untuk insinyur pertambangan dan geologi dalam lima tahun ke depan atau hingga tahun 2025. Terdapat persaingan yang ketat di antara para kandidat untuk pekerjaan di bidang teknik pertambangan dan geologi. Ada sejumlah pekerjaan yang tersedia di pasar di sektor pertambangan. Gaji yang diberikan kepada individu cukup tinggi dibandingkan dengan gaji rata-rata profesi lain yang terkait dengan konstruksi atau energi terbarukan. 

Pertanyaan yang Sering Diajukan untuk Insinyur Pertambangan dan Geologi

Que. Berapa gaji rata-rata seorang insinyur pertambangan dan geologi?
Jawab: Gaji bervariasi tergantung pada keterampilan dan pengalaman insinyur pertambangan dan geologi. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi gaji insinyur pertambangan dan geologi. Seperti ukuran organisasi dan area di mana organisasi tersebut berada. Gaji rata-rata insinyur pertambangan dan geologi adalah Rp302,25 per tahun.

Que. Berapa biaya rata-rata B.Tech. Teknik Metalurgi?
Jawab: Biaya bervariasi tergantung pada institusi. Perguruan tinggi teknik metalurgi pemerintah membebankan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta. Biaya rata-rata untuk B.Tech. dalam teknik metalurgi adalah Rp14.625,22 per tahun. 

Que. Berapa gaji rata-rata yang diberikan kepada lulusan baru B.Tech Teknik Geoteknik?
Jawab: Gaji rata-rata yang diberikan kepada para kandidat bervariasi tergantung pada keterampilan dan pengalaman. Lulusan baru dari program B.Tech Teknik Geoteknik dengan pengalaman tingkat pemula atau pengalaman magang menemukan pekerjaan insinyur geoteknik permanen dengan gaji rata-rata Rp74.101,14 per tahun.  

Que. Apa saja program-program teknik lainnya yang dapat dipilih untuk membangun karir sebagai insinyur pertambangan dan geologi?
Jawab: Kandidat yang tidak ingin mendaftar dalam program gelar penuh waktu dapat memilih program diploma dan sertifikasi di bidang teknik pertambangan dan geologi atau bidang-bidang terkait. Spesialisasi utama adalah Teknik Geoteknik, Teknik Metalurgi, Teknik Petrokimia, Ilmu Bumi, Teknik Pertambangan dan Teknik Sipil. 

Que. Apa saja perguruan tinggi teknik pertambangan dan geologi terbaik?
Ada beberapa perguruan tinggi yang menyediakan penerimaan berdasarkan prestasi dengan persentase kelulusan 10+2. Beberapa perguruan tinggi Teknik Pertambangan dan Geologi adalah Institut Sains dan Teknologi Teknik India Shibpur, Institut Teknologi India Kharagpur, Institut Teknologi Nasional Karnataka Surathkal, Institut Teknologi Nasional Rourkela, Universitas Savitribai Phule Pune, Pune, BIT Sindri, Dhanbad, dan Politeknik Pemerintah, Nagpur. 

Que. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang teknik pertambangan dan geologi?
Jawab: Diperlukan waktu empat hingga enam tahun untuk menjadi seorang insinyur pertambangan dan geologi karena Anda diharuskan untuk mengejar gelar sarjana dan gelar master.

Que. Apa kualifikasi seorang insinyur pertambangan?
Kualifikasi seorang insinyur pertambangan adalah sarjana di bidang Pertambangan atau master di bidang Pertambangan dari universitas yang diakui. B.Tech atau M.Tech atau B.E atau M.E di bidang Pertambangan. 

Que. Apa yang dimaksud dengan geologi dalam Teknik Pertambangan?
Jawab: Dalam Teknik Pertambangan, geologi pertambangan adalah ilmu terapan yang merupakan kombinasi dari geologi ekonomi dan prinsip-prinsip teknik pertambangan untuk mengembangkan sumber daya mineral.    

Que. Apakah Teknik Pertambangan merupakan karir yang bagus?
Jawab: Teknik Pertambangan adalah profesi yang baik dan bermanfaat. Insinyur pertambangan memiliki ruang lingkup di sektor publik dan swasta. 

Disadur dari: https://www.careers360.com/