Cara Menjadi Insinyur Desain Produk

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

10 Mei 2024, 10.03

sumber: pexels.com

Cara menjadi insinyur desain produk

Insinyur produk telah meneliti, merancang, dan mengembangkan banyak produk yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan dan keahlian seorang insinyur desain produk sangat dibutuhkan di berbagai organisasi di semua industri. Jika Anda mencari karier yang menggabungkan kreativitas, bisnis, dan teknik, pekerjaan sebagai insinyur desain produk mungkin cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami membahas apa itu insinyur desain produk, meringkas tanggung jawab pekerjaan mereka, dan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meniti jalur karier ini.

Apa yang dimaksud dengan insinyur desain produk?

Seorang insinyur desain produk adalah seorang profesional yang menggunakan perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD) untuk membuat, menguji, dan meningkatkan desain produk untuk berbagai produk konsumen dan proses manufaktur. Para insinyur ini terlibat dalam setiap langkah proses pengembangan mulai dari cetak biru ide hingga produksi. Desain mereka harus sesuai dengan spesifikasi dan standar industri yang telah ditetapkan untuk suatu produk sekaligus memastikan bahwa produk tersebut memenuhi kebutuhan konsumen. 

Apa yang dilakukan oleh seorang desainer produk?

Insinyur desain produk bertanggung jawab atas beberapa tugas, termasuk menentukan persyaratan untuk suatu produk, membuat cetak biru, dan mencari lingkungan manufaktur yang tepat. Mereka harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang produk perusahaan, kebutuhan pelanggan, dan biaya produksi agar dapat secara efisien dan berhasil melaksanakan desain yang murah dan berkualitas tinggi. Insinyur desain produk juga dapat melakukan tugas manajerial seperti penganggaran dan perekrutan serta pelatihan staf.

Tanggung jawab sehari-hari

Perekayasaan desain produk melibatkan beberapa tugas dan kewajiban. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab sehari-hari yang dapat Anda lakukan sebagai insinyur desain produk:

  1. Menentukan persyaratan proyek, termasuk meneliti target audiens, penggunaan produk, dan fungsionalitas
  2. Menentukan persyaratan dan proses manufaktur
  3. Mengembangkan proses manufaktur, membuat rantai pasokan, dan berinteraksi dengan tim operasi
  4. Menentukan biaya produksi dan menyusun strategi cara produksi yang paling hemat biaya
  5. Mengevaluasi produk akhir dalam hal penampilan, kinerja, fungsionalitas, daya tahan, dan keamanan
  6. Menerapkan umpan balik dan membuat revisi

Cara menjadi insinyur desain produk

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang perancang produk:

Dapatkan gelar sarjana

Insinyur desain produk biasanya memiliki gelar sarjana di bidang desain produk, teknik manufaktur, teknologi rekayasa desain produk, teknik mesin, atau bidang terkait. Teknik desain produk mencakup banyak industri, sehingga minat khusus dan tujuan karier Anda dapat menentukan jurusan mana yang Anda pilih. Jika Anda berencana untuk bekerja di industri khusus, gelar di bidang teknik terkait sangat ideal. Misalnya, jika Anda ingin mengembangkan produk perangkat lunak, gelar di bidang rekayasa perangkat lunak mungkin paling cocok Program yang ditujukan untuk rekayasa desain produk sering kali mencakup mata kuliah seperti termodinamika, desain mesin, proses manufaktur, statistik, dan desain berbantuan komputer. Apa pun jurusan yang Anda pilih, program-program berikut ini memberikan dasar yang kuat untuk desain produk di berbagai industri:

  1. Desain industri
  2. Desain berbantuan komputer
  3. Ilmu material
  4. Pemilihan material
  5. Manajemen pengembangan produk
  6. Desain manufaktur
  7. Mekanika terapan
  8. Dasar-dasar sistem kelistrikan

Nama dan ketersediaan mata kuliah tertentu dapat bervariasi, tergantung pada institusi dan program Anda. Beberapa program gelar menyertakan proyek berskala besar dalam kurikulum mereka, yang dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan berbagai aspek proses desain produk.

Pertimbangkan untuk mendapatkan gelar master

Beberapa perusahaan mengharuskan kandidat pekerja untuk memiliki gelar master, namun persyaratan pendidikan akan bervariasi tergantung pada pekerjaan dan industri tertentu. Memperoleh gelar master dalam desain produk atau bidang terkait dapat memungkinkan Anda untuk lebih mengembangkan pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang Anda. Memperoleh gelar master juga dapat memperluas peluang kerja Anda secara signifikan dan memberi Anda keunggulan kompetitif saat melamar pekerjaan. Jika dikombinasikan dengan pengalaman bertahun-tahun, gelar master dapat membantu Anda memenuhi syarat untuk posisi senior.

Pertimbangkan untuk mengikuti kamp pelatihan desain produk

Bootcamp desain produk, yang menawarkan pelatihan singkat dan intensif yang relevan di bidang Anda tentang subjek tertentu, memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan dasar pengetahuan teknis yang kuat yang dapat Anda terapkan di tempat kerja. Menyelesaikan boot camp juga dapat membantu Anda mengatasi kesenjangan pengetahuan. Program ini menawarkan fleksibilitas dan memungkinkan Anda untuk mengikuti kelas secara langsung, online, atau kombinasi keduanya. Biaya bootcamp bisa jadi mahal, tergantung pada programnya, tetapi biasanya mereka menawarkan beasiswa dan memungkinkan Anda membayar setelah Anda mendapatkan pekerjaan setelah lulus. 

Menyelesaikan magang

Menyelesaikan magang atau magang di bidang yang Anda inginkan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman berharga dan wawasan tentang tanggung jawab sehari-hari seorang insinyur desain produk. Anda dapat menyelesaikan magang melalui program gelar Anda, atau Anda dapat melamar magang di perusahaan yang Anda minati untuk bekerja. Dalam beberapa kasus, magang dapat berubah menjadi tawaran pekerjaan. Magang juga memungkinkan Anda untuk bertemu dengan para profesional di bidang Anda yang dapat membantu Anda menemukan posisi setelah lulus. 

Dapatkan pengalaman kerja terkait industri

Sebagian besar perusahaan mengharuskan kandidat pekerja untuk memahami jenis produk yang mereka inginkan. Mendapatkan pengalaman kerja industri yang relevan sangat penting karena sebagian besar pelatihan insinyur desain dilakukan di tempat kerja. Posisi entry-level dapat memberi Anda pengetahuan tentang produk dan proses yang spesifik untuk perusahaan dan industri. Pengalaman di tempat kerja juga memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman menggunakan perangkat lunak desain khusus dan program komputer.

Mendapatkan lisensi

Meskipun sebagian besar pekerjaan tingkat pemula tidak memerlukan lisensi, Anda mungkin perlu memiliki lisensi teknik pada suatu saat dalam karier Anda. Lisensi dan sertifikasi yang diperlukan bervariasi tergantung pada industri dan perusahaan. Memperoleh lisensi dapat menjadi keputusan strategis untuk tujuan peningkatan karier. Untuk dapat melakukan kontrol langsung atas proyek publik, mengawasi insinyur lain, dan menjual layanan teknik Anda sendiri, Anda harus memiliki lisensi Insinyur Profesional (Professional Engineer/PE). Untuk mendapatkan lisensi, pertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  1. Memperoleh gelar sarjana empat tahun dari program teknik yang terakreditasi
  2. Lulus ujian Fundamental Teknik dan Prinsip-prinsip Teknik
  3. Menyelesaikan empat tahun pengalaman teknik di bawah naungan PE

Lingkungan kerja insinyur desain produk

Banyak industri membutuhkan insinyur desain produk, sehingga menghasilkan berbagai peluang dan lingkungan kerja yang dapat dipilih. Anda dapat menyesuaikan jalur karier Anda untuk menyelaraskan dengan minat dan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa contoh industri dan bidang yang dapat Anda geluti sebagai insinyur desain produk:

  1. Manufaktur
  2. Barang industri
  3. Barang konsumsi
  4. Industri teknologi, termasuk aplikasi komputer dan perangkat lunak)
  5. Industri kedirgantaraan
  6. Teknologi dan rekayasa kesehatan
  7. Pembangkit dan distribusi tenaga listrik
  8. Penelitian dan pengembangan, termasuk penelitian ilmiah dan pendidikan

Gaji untuk insinyur desain produk

Gaji rata-rata untuk seorang insinyur desain produk adalah $120.045 per tahun. Potensi penghasilan anda bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk tingkat pendidikan, tingkat pengalaman, pekerjaan spesifik, ukuran perusahaan, industri tempat anda bekerja, dan wilayah tempat anda bekerja.

Disadur dari: indeed.com