Botanis vs Ahli Hortikultura: Apa Perbedaan diantara Keduanya?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

17 Mei 2024, 19.31

Sumber: pexels.com

Berpikir untuk menjadi ahli botani atau ahli hortikultura, tetapi tidak yakin apa perbedaan di antara keduanya? Kedua bidang studi ini sama-sama berakar pada studi tentang tanaman, tetapi memiliki beberapa perbedaan yang jelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas kedua disiplin ilmu tersebut, dan apa yang bisa Anda harapkan saat Anda memperdalam pengetahuan Anda di masing-masing bidang tersebut.

Jika Anda tertarik dengan berkebun dan tanaman, Anda dapat mempertimbangkan dua profesi secara dekat: ahli botani dan ahli hortikultura. Meskipun ada kemiripan, keduanya merupakan karier yang sangat berbeda. Kapan kesamaan antara ahli botani vs ahli hortikultura, dan bagaimana perbedaannya?

Banyak orang yang menganggap kedua profesi ini hampir sama. Seringkali kedua cabang ilmu ini bekerja sama dengan sangat erat untuk membuat pertanian menjadi lebih baik. Ada banyak tumpang tindih di antara kedua kelompok tersebut.

Namun, ada beberapa perbedaan mendasar dalam studi sains berbasis tanaman ini. Hortikultura adalah ilmu terapan berkebun, sementara ahli botani mempelajari teori tanaman. Mari kita lihat setiap disiplin ilmu secara lebih rinci agar Anda memiliki pemahaman penuh tentang masing-masing disiplin ilmu, dan apa yang mereka lakukan.

Apa yang dimaksud dengan Ahli Hortikultura?

Dalam banyak hal, seorang ahli hortikultura berurusan dengan pertumbuhan dan pemeliharaan tanaman secara langsung. Mereka fokus pada tanaman pangan dan tanaman hias yang dapat Anda lihat di kebun. Mereka tidak terlalu fokus pada tanaman mikroskopis dan bakteri nabati.

Kata hortikultura berasal dari bahasa Latin yang berarti budidaya kebun, dan itulah yang menjadi titik fokus dari studi ini. Mereka bekerja untuk membuat kebun dan tanaman. Mereka mempelajari bagaimana tanaman berkembang biak dan genetika tanaman untuk mendapatkan bunga dan buah terbaik untuk dinikmati manusia.

Jika Anda tertarik dengan pengalaman langsung saat mempelajari tanaman seperti yang Anda lakukan saat masih kecil, Anda harus mempertimbangkan hortikultura. Anda akan mengotori tangan Anda dan berpartisipasi dalam kegiatan seperti merawat kebun atau halaman rumput dalam banyak kasus.

Setiap ahli hortikultura bekerja untuk menumbuhkan dan menciptakan tanaman terbaik yang mereka bisa. Ahli hortikultura akan sering melihat hasil kerja mereka tumbuh di depan mata. Akan sangat memuaskan melihat hasilnya setelah menerapkan beberapa ilmu pengetahuan dunia nyata pada tanaman yang sedang berkembang.

Bagaimana cara kerja kebun hortikultura?

Ahli hortikultura langsung terjun ke lapangan dan mengerjakan setiap aspek kebun mereka. Mereka menanam, menyiram, dan merawat kebun yang luas untuk menciptakan bunga, sayuran, dedaunan yang dapat dimakan, dan tanaman hijau lainnya. Laboratorium mereka adalah tanah. Jika berada di luar ruangan sangat penting bagi Anda, menjadi ahli hortikultura bisa menjadi mimpi yang menjadi kenyataan.

Meskipun pada awalnya diperlukan banyak belajar dari buku, Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu di perpustakaan dan lebih banyak waktu di lapangan karena Anda akan semakin berpengalaman dalam menerapkan pelajaran praktis yang telah Anda pelajari.

Ahli hortikultura juga lebih banyak terlibat secara fisik dalam menanam tanaman. Mereka sering melakukan lansekap, penanaman, penyiangan, dan perawatan lainnya secara langsung. Ahli hortikultura tingkat lanjut dapat mendelegasikan tugas-tugas yang lebih kecil kepada orang lain, tetapi jarang sekali pekerjaan ini berhenti menjadi pekerjaan padat karya.

Jenis pekerjaan apa yang dimiliki ahli hortikultura?

Ahli hortikultura banyak bekerja di bidang pertanian. Mereka membantu petani dan pemilik pembibitan untuk mendapatkan tanaman terbaik yang mereka bisa. Ada juga banyak pekerjaan pemerintah seperti Departemen Pertanian Amerika Serikat, USDA. Pemerintah daerah menawarkan banyak posisi.

Banyak ahli hortikultura fokus pada keberlanjutan. Mereka membantu tempat-tempat menjadi lebih ramah lingkungan saat memproduksi pertanian. Praktik-praktik ini dapat berkisar dari pengendalian hama alami hingga rotasi tanaman yang lebih baik untuk menghasilkan tanaman terbaik dengan dampak negatif sekecil mungkin.

Ahli hortikultura dapat berspesialisasi dalam bidang tertentu. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk membantu kebun anggur, lapangan golf, atau taman hiburan. Di mana pun ada tanaman yang disesuaikan atau tanaman untuk bidang khusus, mereka dapat menguasai dan membantu memelihara.

Banyak karir berkebun langsung juga mencari ahli hortikultura. Posisi seperti ini melibatkan pengelolaan kebun, desain lanskap, desain bunga, dan perencanaan taman. Jika pekerjaannya terdiri dari menanam apa pun, ahli hortikultura berada di posisi teratas

Bagaimana Anda menjadi ahli hortikultura?

Banyak sekolah menawarkan gelar di bidang hortikultura. Ini dimulai dengan gelar dua atau empat tahun yang membutuhkan kelas botani, kimia, ilmu tanah, dan kursus sains lainnya. Setelah Anda memiliki gelar sarjana di bidang ini, Anda dapat melamar ke sebagian besar pekerjaan pertanian.

Jika Anda ingin berspesialisasi dalam penelitian atau pengajaran, Anda juga bisa mendapatkan gelar master atau PhD. di bidang hortikultura. Gelar-gelar ini juga dapat membantu Anda maju dalam karier di mana Anda sudah memiliki gelar sarjana di bidang tersebut.

Karena sifat praktis dari bidang ini, banyak kelas di hortikultura yang akan membawa Anda keluar ke kebun dan pertanian untuk merasakan pengalaman kerja. Sifat pekerjaan di luar ruangan menjadikannya gelar yang populer di antara orang-orang yang menyukai sains dan tanaman tetapi ingin lebih aktif dalam studi mereka.

Ahli hortikultura terkenal

Terlepas dari pekerjaannya yang luas, sebagian besar ahli hortikultura tidak terkenal - seringkali, pekerjaan mereka lebih banyak dilakukan di belakang layar. Berikut adalah beberapa nama besar dalam komunitas hortikultura yang mungkin pernah Anda dengar sebelumnya.

  • Gertrude Jekyll: menciptakan lebih dari 400 taman di dunia dan menulis secara ekstensif tentang bidang ini.
  • Alan Titchmarsh: Ahli hortikultura profesional yang menjadi pembawa acara televisi.
  • Charlie Dimmock: Pembawa acara banyak acara restorasi taman.
  • Mark Lane: Kepala tukang kebun di Istana Buckingham.

Apa yang dimaksud dengan ahli botani?

Ahli botani berfokus pada ilmu murni tanaman. Mereka mempelajari semua hal yang berhubungan dengan tanaman. Ahli botani dapat berkonsentrasi pada tanaman yang lebih besar, tanaman mikroba, bakteri dengan karakteristik seperti tanaman, dan bahkan jamur. Mereka cenderung mempelajari tanaman yang lebih luas untuk memahami semuanya.

Jika ahli hortikultura adalah insinyur, ahli botani adalah ahli fisika teoretis. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari mekanisme tanaman dan klasifikasinya. Mereka lebih peduli dengan teori tanaman dan bagaimana fungsinya.

Ahli botani juga tertarik untuk menjaga kesehatan tanaman. Mereka dapat mempelajari berbagai hama dan penyakit tanaman dan mencari cara untuk menyembuhkannya. Mempelajari cara memerangi hama dengan lebih baik juga merupakan peran penting sebagai ahli botani.

Pertimbangan fungsi ekstra ini tidak berarti mereka tidak menanam tanaman. Ahli botani akan sering memelihara kebun sebagai tempat di mana mereka dapat menguji teori-teori mereka. Mereka akan menghabiskan banyak waktu mereka di laboratorium dan perpustakaan, tetapi mereka masih dapat memilih untuk menanam bahan penelitian mereka sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Kebun Raya?

Seringkali seorang ahli botani harus melakukan banyak penelitian di laboratorium. Mereka juga sering turun ke lapangan untuk mempelajari dan mengkategorikan tanaman liar dan alami. Jadwal ini biasanya tidak menyisakan banyak waktu bagi mereka untuk melakukan pendekatan aktif ke kebun.

Beberapa masih berusaha untuk keluar dan menanam tanaman mereka sendiri, tetapi banyak yang menyerahkannya kepada orang lain sambil mempelajari sifat-sifat planet. Hal ini bisa berjalan dengan baik bagi orang-orang yang suka menanam tanaman mereka sendiri dan melakukan kedua tugas tersebut. Namun, tidak ada jaminan bahwa Anda akan dapat menghabiskan hari-hari Anda untuk bercocok tanam.

Jika bercocok tanam sendiri adalah keinginan utama Anda, maka botani mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda. Anda akan belajar banyak tentang tanaman, dan hampir setiap ahli botani memiliki kebun pribadi, tetapi menanam mungkin bukan bagian dari pekerjaan Anda.

Jenis pekerjaan apa yang dimiliki ahli botani?

Ahli botani bisa mendapatkan berbagai macam pekerjaan. Mulai dari pekerjaan yang berorientasi pada penelitian di mana mereka mempelajari tanaman dan tidak perlu menanamnya hingga kerja lapangan yang memungkinkan mereka menjelajahi hutan belantara untuk mencari kehidupan tanaman tertentu.

Mereka bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan swasta, terutama jika mereka tertarik untuk mempelajari penyakit dan hama. Ahli botani juga bisa mendapatkan pekerjaan di organisasi pemerintah, termasuk Dinas Kehutanan dan USDA. Ahli botani akan dibutuhkan setiap kali ada produk atau posisi yang membutuhkan pemahaman atau penciptaan tanaman yang lebih baik dalam bentuk apa pun.

Mereka juga membantu konservasi. Ahli botani sering kali berada di garis depan dalam membantu tanaman yang terancam punah - mereka sangat penting dalam menemukan dan mengidentifikasi tanaman yang berisiko.

Bagaimana Anda menjadi ahli botani?

Ada beberapa pilihan gelar di bidang botani, yang menawarkan berbagai jalur karier berbasis tanaman.

Banyak gelar yang memungkinkan Anda menjadi ahli botani. Beberapa sekolah menawarkan program khusus botani. Yang lain menawarkan gelar ilmu lingkungan, biologi, atau biologi tumbuhan yang semuanya dapat bekerja dengan baik.

Program-program ini biasanya merupakan gelar empat tahun yang mencakup botani, biologi, kimia, dan ilmu pengetahuan alam dan matematika lainnya. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan Anda, Anda bisa mendapatkan gelar master atau gelar Ph.D. di bidang tersebut. Gelar yang lebih tinggi ini diperlukan jika Anda terutama akan melakukan penelitian.

Kelas untuk ahli botani cenderung berada di dalam kelas dan laboratorium. Mereka belajar banyak tentang teori tanaman. Beberapa kelas melibatkan penanaman, tetapi tidak selalu demikian, dan ini menjadi penghalang bagi sebagian orang.

Namun, jika mengkategorikan dan memahami tanaman adalah dorongan terbesar Anda, ahli botani menghabiskan karir mereka untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Ahli Botani Terkenal

Botani selalu menjadi cabang ilmu pengetahuan yang sangat populer. Banyak dari para ilmuwan ini memberikan kontribusi yang cukup besar pada bidang ilmu pengetahuan lainnya, terutama genetika. Berikut adalah beberapa nama yang paling terkenal di bidang botani.

  • George Washington Carver: Bekerja keras dengan kacang tanah dan menciptakan selai kacang.
  • Barbara McClintock: Mempelajari genom jagung. Karyanya kemudian berperan penting dalam proyek pemetaan genom manusia.
  • Charles Darwin: Menciptakan Teori Evolusi.
  • Gregory Mendel: Karyanya dengan kacang polong sangat memengaruhi bidang genetika.

Apa persamaan ahli botani dan ahli hortikultura?

Kedua disiplin ilmu ini sama-sama menyukai tanaman.

Setelah Anda melihat karier dan pendidikan untuk ahli botani vs ahli hortikultura, mari kita lihat kesamaannya. Kedua bidang ini memiliki kecintaan yang mendalam terhadap tanaman. Mereka mempelajari banyak teori dan konsep yang sama, terutama di awal pendidikan mereka.

Kedua kelompok ini mencoba membantu membuat budidaya dan produksi tanaman menjadi lebih mudah dan lebih baik. Mereka bekerja untuk meningkatkan hasil panen di lapangan dan meminimalkan hama dan penyakit. Mendapatkan yang terbaik dari setiap siklus pertumbuhan sangat penting untuk memaksimalkan sumber daya.

Mereka sangat terlatih dalam bidang sains. Pasangan ini memahami aspek-aspek yang lebih dalam dari penanaman dan dapat fokus pada ilmu pertanian untuk menjadikannya bidang yang lebih maju.

Ahli Botani dan Hortikultura bekerja untuk menciptakan tanaman dan tanaman yang lebih berkelanjutan. Mereka berdua ingin menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk membantu melindungi dunia. Menemukan cara untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari tanaman memungkinkan orang untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap panen dengan tetap menghormati lingkungan.

Apa perbedaan ahli botani dan ahli hortikultura?

Meskipun kedua jalur karier ini berurusan dengan tanaman, ahli botani akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan ilmu tanaman.

Ahli hortikultura adalah orang-orang yang lebih cenderung mencari nafkah sebagai tukang kebun, petani, dan pekebun. Mereka ada di luar sana membuat kebun dan bekerja langsung dengan tanaman. Ahli botani adalah ahli teori yang lebih suka bekerja pada ilmu tanaman.

Ahli hortikultura membuat perubahan pada tanaman itu sendiri, bekerja pada pemuliaan rotasi tanaman dan budidaya. Ahli botani biasanya melakukan perubahan pada genetika tanaman dengan menggunakan teknik laboratorium untuk melakukan perubahan.

Ahli botani juga mempelajari berbagai jenis tanaman yang lebih komprehensif, termasuk banyak kelompok yang tidak ditangani oleh ahli hortikultura. Seorang ahli botani tidak terlalu peduli dengan tanaman komersial dan lebih fokus pada seluruh kerajaan tanaman, bahkan terkadang tumpang tindih dengan jamur dan bakteri.

Karier mana yang membayar lebih baik?

Uang bukanlah segalanya, tetapi jika Anda melihat perbedaan antara kedua bidang ini, mungkin akan muncul. Kedua jalur ini rata-rata bergaji tinggi. Biro Statistik Tenaga Kerja tidak memisahkan ahli hortikultura dan ahli botani sebagai bidang yang terpisah ketika Anda melihat Biro Statistik Tenaga Kerja.

Namun, jika Anda melihat bidang seperti pemeliharaan kebun, Anda akan melihat bahwa gaji tahunan rata-rata adalah $32.000. Di sisi lain, seorang ilmuwan tanah menghasilkan sekitar $73.000. Jelas terlihat bahwa mereka yang berada di posisi berbasis sains cenderung menghasilkan lebih banyak uang.

Mengingat kedua karir ini menawarkan berbagai macam posisi, cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak yang akan Anda dapatkan adalah dengan mempertimbangkan apa yang ingin Anda lakukan dengan pendidikan Anda. Mungkin akan lebih mudah untuk memikirkan posisi spesifik mana yang Anda inginkan untuk menentukan gelar yang akan Anda dapatkan.

Pikiran akhir

Seperti yang Anda lihat, ada banyak perbedaan dan persamaan antara ahli botani dan ahli hortikultura, namun keduanya merupakan profesi yang melibatkan kecintaan mendalam pada tanaman.

Sebagai aturan umum, ahli hortikultura berfokus pada sisi praktis tanaman, sedangkan ahli botani bekerja dengan teori dan klasifikasi tanaman. Keduanya menjadikan tanaman dan berkebun sebagai pekerjaan hidup mereka, tetapi mereka mendekatinya dengan cara yang berbeda, yang berarti Anda harus memutuskan mana yang lebih cocok untuk Anda.

Disadur dari: https://www.epicgardening.com/