Bagaimana Cara Melakukan Akuntansi Manufaktur?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

14 Mei 2024, 11.03

Sumber: Pinterest.com

Jika Anda memiliki bisnis manufaktur, maka Anda harus memahami bahwa akuntansi di sini berbeda dengan jenis akuntansi tradisional. Ada beberapa konsep yang berbeda dalam akuntansi untuk manufaktur dibandingkan dengan bisnis pada umumnya. Konsep inti dari bisnis manufaktur melibatkan penanganan harga pokok penjualan dan penilaian persediaan. Banyak produk jadi yang dihasilkan dari bahan baku di perusahaan manufaktur.

Jadi, akuntansi manufaktur perlu ditangani dengan pendekatan yang berbeda. Mengelola risiko dan arus kas sangat penting untuk akuntansi yang efisien bagi perusahaan manufaktur. Panduan ini akan membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang aspek akuntansi bisnis manufaktur.

Apa saja proses dalam akuntansi untuk perusahaan manufaktur?
Pendekatan akuntansi untuk bisnis manufaktur sedikit berbeda. Berikut adalah beberapa aspek penting dari akuntansi manufaktur:

Menyiapkan sistem akuntansi yang tepat

Pilih perangkat lunak akuntansi yang sesuai untuk operasi manufaktur atau sistem ERP. Konfigurasikan bagan akun untuk menyertakan akun khusus untuk bahan baku, barang jadi, overhead pabrik, tenaga kerja langsung, dan biaya terkait manufaktur.

Mencatat bahan yang dibeli

Saat membeli bahan baku, catat transaksi dalam akuntansi manufaktur. Alokasikan biaya material ke proyek atau pekerjaan dan jika menggunakan biaya pekerjaan, alokasikan ke inventaris jika menggunakan biaya proses.

Melacak biaya tenaga kerja langsung

Catat biaya tenaga kerja langsung, termasuk upah, tunjangan, dan pajak penggajian, yang terkait dengan aktivitas manufaktur. Mengalokasikan biaya tenaga kerja langsung ke pekerjaan atau departemen tertentu.

Pengalokasian biaya overhead dalam manufaktur

Hitung dan alokasikan biaya overhead manufaktur, seperti sewa, utilitas, penyusutan peralatan manufaktur, dan tenaga kerja tidak langsung, ke aktivitas produksi. Gunakan basis alokasi seperti jam kerja mesin, jam kerja tenaga kerja langsung, atau luas area untuk mendistribusikan biaya overhead ke produk atau pekerjaan.

Menghitung harga pokok produksi (COGM): tentukan total biaya produksi yang terjadi selama periode akuntansi, termasuk bahan yang digunakan, tenaga kerja langsung, dan overhead yang dialokasikan. Hitung COGM dengan menambahkan persediaan WIP awal.

Hitung harga pokok penjualan (HPP): penentuan harga pokok dengan menambahkan biaya barang jadi. HPP mewakili biaya persediaan barang yang dijual selama periode akuntansi.

Persiapan laporan keuangan

Laporan keuangan dapat dibuat yang penting bagi bisnis. Termasuk rincian HPP, margin kotor, biaya operasional, dan laba bersih yang terkait dengan aktivitas manufaktur.

Menganalisis dan memantau kinerja

Tinjau metrik kinerja manufaktur seperti varians biaya, rasio efisiensi, dan profitabilitas berdasarkan lini produk atau departemen.
Mengidentifikasi area untuk pengurangan biaya, peningkatan proses, dan pengambilan keputusan strategis berdasarkan analisis keuangan.

Memenuhi persyaratan peraturan

Memastikan kepatuhan terhadap standar akuntansi, seperti prinsip Akuntansi Berterima Umum (GAAP), Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS), dll. Hal ini harus berlaku untuk entitas manufaktur. Mengikuti peraturan pajak yang terkait dengan alokasi biaya, penilaian inventaris, dan pengungkapan keuangan.

Melakukan perbaikan berkelanjutan

Terus menyempurnakan proses akuntansi manufaktur untuk meningkatkan akurasi dan meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan. Tetap mengikuti perkembangan teknologi, tren industri, dan praktik terbaik dalam akuntansi manufaktur. Ini adalah beberapa langkah penting yang harus dilakukan dalam akuntansi manufaktur. Menerapkan praktik akuntansi yang kuat dapat meningkatkan kinerja bisnis perusahaan manufaktur.

Jika Anda ingin mengalihdayakan tugas akuntansi untuk bisnis manufaktur kepada ahlinya, pilihlah Accounts Junction. Kami ahli dalam akuntansi manufaktur dan telah bekerja untuk banyak bisnis manufaktur. Para ahli kami telah berhasil merampingkan aspek akuntansi untuk perusahaan manufaktur. Accounts Junction menyediakan layanan pembukuan di seluruh dunia.

Disadur dari: accountsjunction.com