Apa yang Dimaksud Logam Monel?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

10 Mei 2024, 15.36

Sumber: en.wikipedia.org

Monel adalah kelompok paduan nikel (52-67%) dan tembaga dengan sejumlah kecil besi, mangan, karbon dan silikon. Monel bukan merupakan paduan tembaga-nikel karena mengandung kurang dari 60% tembaga. Lebih kuat dari nikel murni, paduan Monel tahan terhadap korosi yang disebabkan oleh banyak bahan agresif, termasuk air laut yang mengalir deras. Mereka dapat dengan mudah diproduksi dengan pengerjaan panas dan dingin, permesinan dan pengelasan.

Monel didirikan pada tahun 1905 oleh Robert Crooks Stanley, yang kemudian bekerja di International Nickel Company (Inco). Nama Monel diambil dari nama presiden perusahaan Ambrose Monell dan dipatenkan pada tahun 1906. Satu huruf L dihilangkan karena nama keluarga tidak diperbolehkan sebagai merek dagang pada saat itu. Merek dagang tersebut didaftarkan pada Mei 1921 dan nama tersebut sekarang menjadi merek dagang Special Metals Corporation. Sebagai paduan yang mahal, penggunaannya terbatas pada aplikasi yang tidak dapat digantikan oleh alternatif yang lebih murah. Misalnya, pada tahun 2015, harga pipa Monel tiga kali lebih mahal dibandingkan pipa baja karbon setara.

Sifat-sifat materi

Monel adalah paduan biner larutan padat. Karena nikel dan tembaga larut satu sama lain dalam proporsi berapa pun, ini merupakan paduan fase tunggal. Dibandingkan dengan baja, Monel sangat sulit untuk dikerjakan karena sangat cepat mengeras. Itu harus diputar dan diproses dengan kecepatan lambat dan laju pengumpanan rendah. Ia tahan terhadap korosi dan asam, dan beberapa paduan bersifat tahan api dalam oksigen murni. Ini biasanya digunakan dalam aplikasi dengan kondisi yang sangat korosif. Penambahan kecil aluminium dan titanium menghasilkan paduan (K-500) yang memiliki ketahanan korosi yang sama, namun jauh lebih kuat karena pembentukan gamma-prime selama penuaan. Monel biasanya jauh lebih mahal dibandingkan baja tahan karat.

Paduan monel 400 memiliki berat jenis 8,80, rentang leleh 1300–1350 °C, konduktivitas listrik sekitar 34% IACS, dan kekerasan (anil) 65 Rockwell B. Paduan monel 400 terkenal karena daya tahannya, yang dipertahankan dalam kisaran suhu yang luas.

Paduan monel 400 memiliki sifat mekanik yang sangat baik pada suhu beku. Kekuatan dan kekerasan meningkat dengan sedikit penurunan pada ketangguhan atau ketahanan benturan. Campuran tidak berubah dari plastik menjadi rapuh bahkan ketika didinginkan hingga suhu hidrogen cair. Hal ini sangat kontras dengan banyak bahan besi, yang rapuh pada suhu rendah meskipun kekuatannya meningkat.

Kegunaan

Di sektor kedirgantaraan, logam Monel mulai digunakan secara luas pada tahun 1960-an, khususnya dalam konstruksi pesawat terbang untuk pesawat roket eksperimental seperti X-15 Amerika Utara. Kemampuannya untuk menahan suhu tinggi membuatnya cocok untuk menahan panas yang dihasilkan oleh gesekan aerodinamis selama penerbangan berkecepatan sangat tinggi. Meskipun memiliki kepadatan yang tinggi, Monel mempertahankan kekuatannya pada suhu seperti itu, memastikan integritas struktural selama penerbangan di atmosfer. Monel menemukan berbagai aplikasi dalam perawatan pesawat, terutama dalam kabel pengaman di area bersuhu tinggi, memastikan pengencang tetap aman. Selain itu, beberapa pengencang yang digunakan di pesawat terbang terbuat dari Monel karena sifatnya.

Dalam produksi dan penyulingan minyak, Monel digunakan dalam unit alkilasi yang bersentuhan langsung dengan asam fluorida pekat. Ini menunjukkan ketahanan yang luar biasa terhadap asam fluorida, menjadikannya salah satu paduan teknik yang paling tahan terhadap berbagai asam. Aplikasi kelautan Monel meliputi sistem perpipaan, poros pompa, katup air laut, kawat trolling, dan keranjang saringan karena ketahanan korosinya. Monel juga digunakan dalam paduan non-magnetik untuk kabel jangkar di kapal penyapu ranjau dan di rumah-rumah untuk peralatan pengukuran medan magnet.

Ketahanan monel terhadap korosi membuatnya cocok untuk digunakan dalam rekreasi berperahu, terutama untuk belenggu penahan kawat, tangki air dan bahan bakar, poros baling-baling, dan baut lunas. Namun, tindakan pencegahan harus dilakukan untuk mengisolasi Monel dari logam lain untuk mencegah korosi galvanik. Pada alat musik, Monel digunakan untuk piston katup atau rotor pada alat musik berkualitas tinggi seperti terompet, tuba, dan terompet Prancis. Monel juga telah digunakan pada senar bass elektrik sejak tahun 1960-an dan disukai oleh berbagai artis karena suaranya yang unik.

Di luar aplikasi kedirgantaraan dan kelautan, ketahanan Monel terhadap korosi membuatnya berharga dalam industri kimia, di mana ia digunakan untuk menangani asam, oksigen, dan bahkan fluorida korosif. Selain itu, Monel digunakan dalam proses pengayaan uranium dan regulator untuk gas silinder reaktif di mana PTFE tidak cocok.


Disadur dari: en.wikipedia.org