Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi? Panduan 2024

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

31 Mei 2024, 07.57

Sumber: pinterest

Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi (TI)?

Teknologi informasi (TI) adalah penggunaan sistem komputer untuk mengelola, memproses, melindungi, dan bertukar informasi. Ini adalah bidang keahlian yang sangat luas yang mencakup berbagai subbidang dan spesialisasi. Tujuan umum di antara mereka adalah menggunakan sistem teknologi untuk memecahkan masalah dan menangani informasi. Dalam artikel berikut ini, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang industri teknologi informasi secara konseptual dan dari perspektif karier. 

Contoh-contoh TI sehari-hari

Daftar di bawah ini menguraikan beberapa contoh TI yang dapat Anda temui di lingkungan bisnis atau di rumah. 

Layanan komputasi awan. Organisasi modern menghasilkan data dalam jumlah besar dan mengandalkan layanan TI seperti cloud untuk mengelolanya. Contohnya adalah aplikasi cloud kolaboratif seperti Google Drive dan Dropbox. Anda mungkin menggunakan layanan cloud publik sendiri untuk menyimpan dan mengelola data pribadi, seperti gambar dan video. Sebagai contoh, pengguna iPhone bisa menggunakan iCloud dan pengguna Android bisa menggunakan Google One. 

Keamanan jaringan. Jaringan pribadi virtual atau VPN adalah contoh yang sangat baik dari layanan TI yang digunakan baik oleh individu maupun bisnis. Firewall dan perangkat lunak anti-virus adalah beberapa contoh tambahan aplikasi TI yang dirancang untuk melindungi sistem dan jaringan komputer.

Pemecahan masalah perangkat jarak jauh. Kemungkinan besar pada suatu saat dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda, Anda pernah menerima bantuan dari spesialis dukungan TI. Pemecahan masalah jarak jauh adalah salah satu layanan TI yang paling umum digunakan saat ini. Biasanya, dukungan TI dapat bekerja dengan perangkat pengguna dari mana saja melalui koneksi internet untuk menyelesaikan masalah perangkat lunak atau perangkat keras. 

Komponen utama teknologi informasi

Karena luasnya konsep dan aplikasi yang terlibat dalam TI, sulit untuk mendefinisikannya tanpa konteks yang spesifik. Secara umum, teknologi informasi adalah istilah yang luas yang mencakup elemen-elemen seperti komunikasi digital, administrasi jaringan, komponen perangkat lunak, dan perangkat fisik. Banyak dari sistem perangkat keras dan perangkat lunak ini bertujuan untuk mencapai salah satu dari tiga proses berikut: 

  • Penambangan data. Penambangan data adalah proses memilah dan menganalisis data dalam jumlah besar. Tujuannya adalah untuk menemukan hubungan dan pola yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan mengidentifikasi tren yang berarti. Oleh karena itu, data mining terkadang disebut sebagai penemuan pengetahuan dalam data atau, KDD.
  • Transmisi data. Istilah transmisi data mengacu pada aliran informasi melalui jaringan. Hal ini juga dikenal sebagai komunikasi digital atau komunikasi data karena melibatkan transfer dan penerimaan informasi. 
  • Manajemen basis data. Basis data adalah kumpulan data terorganisir yang dirancang untuk menyederhanakan akses, penyimpanan, dan manajemen. Basis data biasanya dikoordinasikan melalui sistem manajemen basis data (DBMS).

Gambaran umum industri TI

TI adalah bidang yang berkembang pesat. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), lapangan kerja di sektor komputer dan teknologi informasi diperkirakan akan tumbuh 15 persen antara tahun 2021 dan 2031 [1]. Para profesional teknologi informasi memiliki pilihan untuk mengejar banyak spesialisasi yang berbeda, beberapa di antaranya telah kami uraikan di bagian di bawah ini. 

Apa itu teknologi informasi kesehatan?

Teknologi informasi kesehatan, atau TI kesehatan, adalah subkategori dari bidang teknologi informasi. Bidang ini berfokus pada manajemen dan pertukaran informasi kesehatan seperti rekam medis elektronik (EMR) dan dokumentasi asuransi. Contoh aplikasi TI kesehatan termasuk layanan telehealth seperti janji temu online, penjadwalan aplikasi, dan resep elektronik.

Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi bisnis?

Teknologi informasi bisnis atau BIT adalah subbidang TI yang berfokus pada penerapan konsep dan metodologi komputasi pada praktik bisnis. Tujuannya adalah menggunakan teknologi digital untuk memecahkan masalah bisnis dan merampingkan operasi perusahaan. BIT dapat bervariasi dari satu industri ke industri lainnya, tetapi insentif umum mencakup otomatisasi proses dan peningkatan efisiensi dalam komunikasi bisnis-ke-bisnis (B2B) dan bisnis-ke-konsumen (B2C). 

Apa yang dimaksud dengan teknologi sistem informasi?

Teknologi sistem informasi adalah kategori menyeluruh yang mencakup disiplin TI dan IS. Para profesional teknologi sistem informasi berfokus pada bagaimana sistem TI dan IS dapat bekerja sama secara efektif untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan bisnis. Mereka mengelola teknologi yang mendukung sistem informasi serta orang-orang dan proses yang mengoperasikan teknologi tersebut. 

Apa yang dimaksud dengan gelar teknologi informasi?

Gelar teknologi informasi mencakup berbagai macam studi karena para profesional TI dibutuhkan di hampir setiap industri. Berikut adalah beberapa mata pelajaran yang dapat Anda pelajari sambil meraih gelar IT:

  • Pemrograman. Keterampilan pengkodean adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki dalam industri teknologi. Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman berorientasi objek seperti Python atau Java. 
  • Keamanan informasi (InfoSec). Keamanan siber adalah bidang disiplin yang penting bagi para profesional teknologi informasi. Dengan gelar IT, Anda akan fokus pada konsep dan praktik terbaik InfoSec. 
  • Administrasi jaringan. Sebagian besar pekerjaan teknologi informasi bekerja erat dengan jaringan komputer. Anda akan belajar tentang arsitektur jaringan, pemecahan masalah, dan administrasi saat belajar IT. 

Jenjang karier TI

Sebagian besar profesional TI memulai pekerjaan TI tingkat pemula, sebagai teknisi TI atau teknisi meja bantuan. Peran ini biasanya membutuhkan pengalaman paling sedikit dan dapat mencakup pelatihan di tempat kerja. Pekerjaan TI tingkat pemula dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk mengejar spesialisasi karena pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk membangun pengetahuan dasar-dasar TI seperti pemecahan masalah dan pemeliharaan jaringan. 

Pekerjaan TI tingkat menengah cenderung memiliki cakupan yang lebih kecil dengan tanggung jawab yang lebih terspesialisasi. Contoh pekerjaan TI tingkat menengah termasuk administrator sistem (juga dikenal sebagai sysadmin) yang merancang dan mengoordinasikan sistem komputer dan analis keamanan informasi, yang membantu melindungi organisasi dari pelanggaran data dan ancaman dunia maya lainnya. 

Peran TI tingkat lanjut atau senior membutuhkan pengetahuan dan pengalaman lapangan yang paling khusus. Beberapa jabatan yang dapat dianggap sebagai posisi TI senior termasuk peran kepemimpinan seperti manajer TI dan pekerjaan teknik tingkat tinggi seperti penguji penetrasi. Penguji penetrasi adalah insinyur keamanan siber senior yang melakukan simulasi serangan siber pada sistem dan jaringan komputer untuk mengidentifikasi kerentanan. 

Pelajari lebih lanjut tentang TI dengan Coursera

Siap untuk terus mengembangkan keahlian TI Anda dengan pemimpin industri? Pertimbangkan untuk mendapatkan Sertifikat Profesional Dukungan TI Google. Kursus online yang ramah pemula dan 100 persen online ini mencakup disiplin ilmu TI dasar seperti keamanan siber, jaringan komputer, dan dukungan pelanggan dengan latihan langsung. 

Disadur dari: https://www.coursera.org/