Apa yang Dimaksud dengan Kualitas dalam Teknik?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

30 Juni 2024, 07.58

sumber: pexels.com

Untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk yang bermanfaat, banyak perusahaan mempraktikkan metode kontrol kualitas seperti jaminan kualitas, analitik, dan teknik. Karyawan dalam peran ini menggunakan berbagai teknik dan fokus pada area produksi yang berbeda untuk memastikan semua produk memenuhi standar perusahaan. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan bidang ini, ada baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan merekayasa kualitas. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan kualitas dalam bidang teknik dan mendiskusikan elemen-elemen utama dari praktik ini, serta beberapa pekerjaan yang bisa Anda pertimbangkan di bidang ini.

Apa yang dimaksud dengan kualitas dalam bidang teknik?

Kualitas dalam bidang teknik adalah standar yang digunakan perusahaan untuk mengukur dan meningkatkan produknya selama proses pengembangan, bukan setelah tim menyelesaikan produk. Untuk merekayasa kualitas, karyawan di banyak industri membuat daftar persyaratan dan spesifikasi untuk fungsionalitas produk, yang mereka gunakan untuk menentukan apakah tim mereka membuat kemajuan yang memadai dan mengembangkan item ke arah yang benar. Mereka dapat menerima umpan balik dari pelanggan untuk menciptakan produk yang lebih baik di masa depan dan menyimpan catatan perubahan yang mereka buat sebagai referensi untuk proyek-proyek selanjutnya.

Tujuan dari rekayasa kualitas adalah untuk meningkatkan produk pada semua tahap pengembangan untuk meningkatkan proses pengiriman dan menangkap kesalahan lebih awal. Meskipun kualitas dapat memiliki arti yang berbeda untuk barang dan layanan tertentu, semua karyawan di bidang ini bekerja untuk merekayasa pemeriksaan kualitas ke dalam setiap aspek produksi.

Bagian-bagian dari rekayasa kualitas

Sebagian besar insinyur kualitas memeriksa aspek-aspek tertentu untuk menentukan apakah suatu produk memenuhi standar tertentu untuk pelanggan mereka. Ini berarti Anda sering kali dapat memisahkan tugas-tugas insinyur kualitas menjadi beberapa bagian serupa yang melibatkan pembuatan standar dan penerapannya. Berikut ini adalah beberapa bagian dari proses rekayasa kualitas untuk membantu Anda memperdalam pemahaman tentang praktik ini:

Menciptakan

Insinyur kualitas sering kali melibatkan diri mereka dalam menciptakan dan menentukan standar yang digunakan untuk membandingkan kemajuan produk. Ketika Anda membantu membuat spesifikasi ini dan mencantumkannya, maka akan lebih mudah untuk menerapkannya pada item yang Anda tinjau sebagai bagian dari pemeriksaan kualitas. Meskipun tim pengembangan sering kali menjadi bagian penting dari proses pemeriksaan kualitas, orang-orang yang berperan sebagai insinyur kualitas dapat bertemu dengan pengembang, manajer, dan klien untuk mendiskusikan aspek terpenting dari suatu proyek.

Hal ini membantu Anda menentukan jenis pekerjaan yang perlu dilakukan oleh pengembang untuk mencapai fitur dan fungsi tertentu untuk suatu produk, Dengan pengetahuan ini, Anda mungkin memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pekerjaan mereka bertujuan untuk mencapai tujuan akhir proyek dan apa yang dapat mereka tingkatkan setelah meninjau item tersebut.

Menerapkan

Bagian implementasi dari rekayasa kualitas adalah ketika Anda benar-benar melakukan pemeriksaan kualitas secara teratur dan memberikan umpan balik bagi manajer dan karyawan yang membuat produk. Selama implementasi atau operasi, Anda dapat menjalankan rencana yang Anda buat untuk sebuah proyek dengan menggunakan spesifikasi pelanggan dan meninjau pengembangan produk selama titik-titik tertentu dalam produksi. Bergantung pada peran spesifik Anda di perusahaan, Anda dapat memeriksa produk secara teratur, seperti setiap dua minggu, atau memeriksanya setiap kali tim pengembangan menyelesaikan bagian baru dari produk.

Selama pemeriksaan kualitas, Anda dapat melakukan tugas-tugas seperti membandingkan produk dengan daftar periksa persyaratan yang Anda buat sebelumnya, menguji bagian-bagian produk untuk keamanan dan kegunaan, serta mencatat area-area di mana tim dapat memperbaiki produk tersebut. Anda kemudian dapat mengirimkan saran perbaikan kepada tim pengembangan dan mendukung mereka lebih lanjut jika mereka memiliki pertanyaan tambahan.

Mengukur

Bagian dari memeriksa kualitas produk adalah mengukur fungsionalitasnya pada tingkat yang berbeda dan memutuskan kapan tim pengembangan perlu melakukan perubahan. Meskipun siklus produksi yang umum sering kali mencakup perubahan produk untuk memperbaikinya, Anda dapat menggunakan berbagai teknik untuk mengukur tidak hanya fungsionalitas produk, tetapi juga kinerja tim dan kemungkinan produk berkembang ke arah yang benar bagi pelanggan.

Pertemuan rutin dengan tim pengembangan dan manajer, ditambah pemeriksaan kualitas yang sering dilakukan dapat memberi Anda gambaran yang baik tentang kemajuan dan arah, tetapi bagian penting dari rekayasa kualitas adalah memiliki metrik yang dapat Anda gunakan untuk membandingkan informasi ini. Meskipun mengikuti rencana awal Anda sangat membantu di awal, Anda mungkin perlu mengubah rencana Anda berdasarkan hasil pengukuran Anda untuk memastikan pengiriman yang sukses.

Mengawasi

Mengawasi seluruh proses rekayasa kualitas sangat penting untuk memastikan setiap pemeriksaan dan saran kualitas selaras dengan tujuan akhir untuk memberikan produk berkualitas tinggi kepada pelanggan. Semua karyawan yang terlibat dalam pengembangan dapat mengelola sebagian dari rekayasa kualitas, tetapi karyawan dengan peran khusus di bidang ini dapat mengelola proses dari awal hingga akhir. Hal ini dapat mencakup memastikan desain awal dan setiap perubahan yang dilakukan masih sesuai dengan harapan pelanggan, atau dapat juga berarti mengelola risiko dan mengatasi hambatan dalam kualitas yang muncul.

Sebagian besar rekayasa kualitas adalah tentang berkolaborasi dengan manajer, tim pengembangan, dan pelanggan untuk membuat rencana yang bijaksana dan hal-hal yang berguna bersama, tetapi ini berarti ada banyak ide dan tugas yang perlu dipertimbangkan. Mengawasi proses menjadi semakin penting untuk menjaga proyek tetap berada di jalurnya dan membantu semua orang bekerja secara efisien untuk mencapai produk akhir.

Pekerjaan di bidang teknik kualitas

Lihatlah pekerjaan potensial di bidang insinyur kualitas untuk berbagai industri dan peran berikut ini untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang pilihan Anda untuk memulai karier ini:

Insinyur kualitas manufaktur

Seorang insinyur kualitas manufaktur bekerja secara khusus dalam pembuatan berbagai bahan untuk memastikan semua barang aman dan dapat digunakan. Mereka dapat memeriksa bahan, potongan, dan produk jadi yang dikirim ke atau diproduksi di pabrik. Selain itu, insinyur kualitas manufaktur dapat memeriksa alat yang digunakan produsen di pabrik mereka agar tetap berfungsi dengan baik, yang merupakan bagian penting dalam menjaga keselamatan karyawan dan menggunakan sumber daya berharga dengan bijak selama produksi.

Insinyur kualitas pemasok

Banyak perusahaan manufaktur juga dapat mempekerjakan teknisi kualitas pemasok untuk memeriksa kualitas pasokan yang digunakan dalam produksi. Ini termasuk bahan fisik yang dikirim oleh pemasok, suku cadang yang mungkin mereka pesan untuk memperbaiki jalur perakitan, dan faktur pengiriman. Peran ini memastikan semua pasokan memenuhi standar perusahaan sebelum menjadi bagian dari produksi untuk membantu menjaga karyawan tetap aman dan menghindari potensi kesalahan dengan bahan atau mesin yang dapat memperlambat pengembangan.

Insinyur kualitas pengembangan perangkat lunak

Dalam industri teknologi, pengembang perangkat lunak dapat bekerja sama dengan insinyur kualitas untuk menemukan bug dalam kode mereka selama proses reproduksi sehingga mereka dapat dengan mudah mengubah produk mereka dan mempertahankan tenggat waktu pengiriman. Rekayasa kualitas pengembangan perangkat lunak melibatkan pengembangan metode untuk menguji atau referensi silang bagian kode dengan program yang ada dan memberikan umpan balik secara teratur kepada pengembang perangkat lunak. Para profesional dalam peran ini juga dapat meninjau dan menulis dokumentasi untuk perangkat lunak untuk mempercepat pemeriksaan rekayasa kualitas di masa mendatang.

Insinyur kualitas makanan dan minuman

Seorang insinyur kualitas makanan dan minuman dapat bekerja di laboratorium atau pabrik tempat mereka menjaga keamanan dan kualitas makanan dan minuman. Untuk melakukan ini, mereka dapat menguji zat kontaminan dan rasa untuk memastikan mereka memenuhi harapan pelanggan, dan mereka juga dapat memeriksa fasilitas tempat produsen memproduksi dan menyimpan makanan dan minuman. Insinyur kualitas yang bekerja dengan produk yang dapat dimakan sering kali mengikuti peraturan keselamatan lokal dan nasional selain daftar periksa standar perusahaan.

Disadur dari: indeed.com