Apa yang Dimaksud dengan Insinyur Kualitas: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

18 Mei 2024, 06.15

sumber: pexels.com

Apa yang dimaksud dengan Insinyur kualitas?

Deskripsi pekerjaan Insinyur Kualitas adalah mereka sangat penting bagi industri manufaktur. Para insinyur ini memastikan bahwa fasilitas manufaktur beroperasi pada tingkat yang tinggi dan bahwa produk diproduksi dengan alat dan proses yang benar. Penting untuk memahami apa yang dilakukan oleh insinyur kualitas jika Anda tertarik dengan pekerjaan di bidang ini.

Artikel ini menjelaskan apa itu insinyur kualitas, daftar keterampilan dan persyaratan untuk mereka, membahas berapa banyak yang mereka hasilkan, dan memberikan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk masuk ke lapangan.

Apa deskripsi pekerjaan seorang insinyur kualitas?

Deskripsi pekerjaan seorang insinyur kualitas adalah mereka terlibat dengan pemasok untuk memastikan bahwa bahan baku dan suku cadang sesuai dengan Sistem Manajemen Mutu (QMS) perusahaan, mencatat proses, metode, dan peran yang terlibat dalam mencapai kebijakan dan tujuan kualitas. Jaminan Kualitas berorientasi pada proses. Hal ini berfokus pada pengurangan varians dalam proses melalui pembuatan, revisi, dan penerapan yang ketat dari serangkaian standar kualitas atau proses yang ditentukan secara tepat. Penjaminan mutu adalah tindakan pencegahan. Ini membantu organisasi untuk mengarahkan dan mengoordinasikan operasinya untuk memenuhi persyaratan hukum dan klien.

Apa deskripsi pekerjaan seorang insinyur kualitas?

Kontrol kualitas

Insinyur Kualitas dalam Kontrol Kualitas (QC) biasanya (tetapi tidak selalu) adalah ilmuwan atau teknisi laboratorium karena pengujian sampel untuk obat-obatan dilakukan di laboratorium. Dalam kontrol kualitas yang berorientasi pada produk, sampel dari proses produksi diperiksa untuk melihat apakah memenuhi persyaratan atau standar desain.

Lean six sigma

Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas output dengan mengidentifikasi dan menghilangkan kesalahan, serta mengurangi ketidakpastian proses bisnis dan produksi. Metode Lean Six Sigma dikembangkan oleh Motorola dan dipopulerkan di General Electric oleh Jack Welch. Metode ini merupakan kumpulan alat dan prosedur yang digunakan untuk meningkatkan proses.

Kualitas berdasarkan desain

Penting untuk mendesain kualitas, karena meskipun lebih banyak pengujian terkadang dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik, namun seringkali justru sebaliknya. Mayoritas masalah dan krisis kualitas berasal dari cara produk dirancang pada awalnya.

Metode taguchi

Taguchi merekomendasikan penggunaan material yang diuji dalam situasi yang berbeda, komponen siap pakai yang berbiaya rendah, dan eksperimen statistik. Taguchi mendefinisikan kerugian secara matematis dengan menggunakan “fungsi kerugian” yang digunakan Taguchi.

Manajemen risiko kualitas

Teknik ini digunakan untuk mengantisipasi bencana dan merancang tindakan pencegahan. Hal ini melibatkan perancangan masalah atau memproseduralisasi situasi. Proses ini sering kali melibatkan pembuatan, pengujian, dan pendistribusian alat kesehatan dan obat-obatan. Skenario terburuk digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi.

Rekayasa keandalan

Rekayasa Keandalan digunakan untuk mencegah kegagalan, atau mengurangi frekuensi atau kemungkinannya. Hal ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menangani akar penyebab masalah yang masih terjadi meskipun sudah dilakukan segala upaya untuk mencegahnya. Ini memutuskan apa yang harus dilakukan jika kegagalan masih terjadi meskipun semua upaya telah dilakukan untuk mencegahnya. Ini menggunakan teknik untuk menentukan seberapa andal desain baru. Ini juga menggunakan analisis statistik dan teknik teknik untuk meningkatkan ketergantungan produk atau proses yang terpapar dalam jangka waktu tertentu terhadap faktor-faktor seperti getaran, guncangan, tegangan, radiasi, atau suhu yang sangat tinggi atau sangat rendah.

Gaji seorang insinyur kualitas

Di Amerika Serikat, gaji rata-rata untuk seorang insinyur kualitas adalah $78.636 per tahun. Karyawan dalam profesi ini sering kali menikmati gaji tinggi dan tunjangan lainnya, termasuk asuransi kesehatan dan cakupan gigi, 401 (k), pencocokan 401 (k), dan asuransi kesehatan.

Apa saja tanggung jawab insinyur kualitas?

Sebagai pemain utama dalam produksi barang, seorang insinyur kualitas bertanggung jawab atas kualitas keseluruhan produk yang diproduksi. 

Meskipun tugas dapat bervariasi tergantung pada organisasi, tanggung jawab umum meliputi:

  1. Menetapkan dan menerapkan standar kualitas
  2. Memantau alur kerja, proses, dan produk
  3. Membuat dokumentasi kualitas
  4. Berkolaborasi dengan manajer operasi untuk mengidentifikasi peluang peningkatan alur kerja dan kontrol, untuk memastikan mereka mematuhi kode dan peraturan kesehatan dan keselamatan
  5. Meninjau sistem dan proses untuk mengembangkan peningkatan dan efisiensi yang berkelanjutan
  6. Memeriksa dan menguji proses dan produk untuk memastikan mereka memenuhi atau melampaui standar
  7. Menganalisis data dan laporan manufaktur
  8. Bekerja menuju peningkatan berkelanjutan dalam proses manufaktur melalui berbagai teknik termasuk, namun tidak terbatas pada Six Sigma, kualitas berdasarkan desain, kualitas berdasarkan kontrol, dan jaminan kualitas

Apa peran insinyur kualitas?

Seorang Insinyur Kualitas mengawasi proses manufaktur dan rekayasa suatu organisasi dengan memastikan bahwa alat, bahan, dan prosedur digunakan dengan benar. Insinyur kualitas juga bekerja dengan tim untuk mempertahankan dan membuat standar untuk barang yang diproduksi. Seorang insinyur kualitas juga dapat melakukan tugas-tugas berikut:

  1. Memastikan bahwa semua bahan baku dan komponen memenuhi standar organisasi Anda adalah upaya kolaboratif dengan pemasok
  2. Umpan balik dari pelanggan dapat digunakan untuk mengidentifikasi kekurangan dan membuat perubahan pada produk.
  3. Memantau standar keselamatan dan pelatihan karyawan yang diperlukan selama proses produksi
  4. Mendokumentasikan dan memperbaiki masalah yang muncul selama proses produksi
  5. Memastikan bahwa semua produk yang diproduksi telah memenuhi standar hukum.
  6. Membuat dan menyajikan laporan tentang kualitas yang mencakup analisis standar internal dan eksternal
  7. Deskripsi Pekerjaan untuk Insinyur Kualitas

Berikut ini adalah contoh deskripsi pekerjaan untuk peran seorang teknisi kualitas:

Kami mencari seorang insinyur kualitas untuk mengawasi dan meningkatkan proses kerja kami. Kandidat harus memiliki tingkat perhatian yang tinggi terhadap detail untuk mengidentifikasi potensi atau masalah yang ada dengan proses dan prosedur kami. Mereka memiliki kemampuan multitasking yang sangat baik dan dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan. Kandidat dapat mengkomunikasikan informasi teknis dengan cara yang sederhana dengan departemen lain. Kandidat yang berhasil akan tumbuh dan berkembang di dalam organisasi.

  1. Kandidat yang ideal akan memiliki kualifikasi sebagai berikut.
  2. Gelar sarjana di bidang teknik mesin, industri atau kualitas
  3. Pengalaman tiga tahun di bidang yang berkaitan dengan kualitas

Berlatih untuk menjadi insinyur kualitas

Jadilah ahli kualitas dengan Kursus Sabuk Hijau Lean Six Sigma Bersertifikat SSDSI. Program Lean Six Sigma ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil dalam proyek-proyek transformasional. Kursus ini akan berfokus pada praktik Lean dan Six Sigma untuk mempercepat peningkatan bisnis.

Disadur dari: sixsigmadsi.com