Apa yang Dimaksud dengan Bangunan Otonom?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 Mei 2024, 16.13

Kamar mandi Earthship, menampilkan dinding botol daur ulang - Wikipedia

Bangunan otonom adalah bangunan yang dirancang untuk berfungsi sendiri tanpa bantuan infrastruktur pendukung seperti jaringan listrik, gas, sistem air kota, sistem pengolahan limbah, saluran air hujan, layanan komunikasi, dan kadang-kadang jalan umum. Para pendukung pembangunan otonom mengatakan bahwa itu akan mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan keamanan, dan mengurangi biaya kepemilikan. Keunggulan yang disebutkan memenuhi prinsip bangunan ramah lingkungan, bukan kemandirian, seperti yang disebutkan di bawah. Bangunan di luar jaringan listrik biasanya tidak terlalu bergantung pada layanan sipil, yang membuatnya lebih aman dan nyaman ketika terjadi bencana sipil atau serangan militer. Misalnya, jika pasokan publik terganggu, bangunan yang tidak terhubung ke jaringan listrik tidak akan kehilangan listrik atau air.

Pada tahun 1970an, sekelompok aktivis dan insinyur terinspirasi oleh peringatan akan terjadinya penipisan sumber daya dan kelaparan. Di Amerika Serikat, sebuah kelompok yang menamakan diri mereka Alkemis Baru terkenal karena kedalaman upaya penelitian yang dilakukan dalam proyek mereka. Dengan menggunakan teknik konstruksi konvensional, mereka merancang serangkaian proyek "bioshelter", yang paling terkenal adalah komunitas bioshelter The Ark untuk Pulau Prince Edward. Mereka menerbitkan rencana untuk semua ini, dengan perhitungan desain rinci dan cetak biru. Bahtera tersebut menggunakan pompa air berbasis angin dan listrik serta mampu memproduksi makanan secara mandiri. Tempat ini memiliki tempat tinggal bagi manusia, tangki ikan yang memelihara ikan nila untuk diambil proteinnya, rumah kaca yang diairi dengan air ikan, dan sistem reklamasi limbah tertutup yang mendaur ulang kotoran manusia menjadi pupuk yang disanitasi untuk tangki ikan. Pada Januari 2010, organisasi penerus Alkemis Baru memiliki halaman web yang diberi nama "Institut Alkimia Baru". Bahtera PEI telah beberapa kali ditinggalkan dan direnovasi sebagian. Kamar mandi Earthship, menampilkan dinding botol daur ulang Pada tahun 1990-an terjadi perkembangan Earthships, yang tujuannya mirip dengan proyek Ark, namun diorganisir sebagai usaha nirlaba, dengan detail konstruksi yang diterbitkan dalam serangkaian 3 buku oleh Mike Reynolds. Bahan bangunannya adalah ban yang diisi tanah. Hal ini menghasilkan dinding yang memiliki massa termal dalam jumlah besar (lihat perlindungan bumi). Tanggul ditempatkan pada permukaan terbuka untuk lebih meningkatkan stabilitas suhu rumah. Sistem pengairan dimulai dari air hujan, diolah untuk diminum, lalu dicuci, lalu disiram tanaman, lalu disiram toilet, dan terakhir air hitam didaur ulang lagi untuk menyiram tanaman lebih banyak. Tangki air ditempatkan dan digunakan sebagai massa termal. Tenaga listrik, termasuk listrik, pemanas dan pemanas air, berasal dari tenaga surya.

Keuntungan dan kerugian

Desain seorang arsitek atau insinyur sering kali menyertakan fitur-fitur yang lebih otonom karena mereka semakin khawatir dengan kelemahan jaringan transportasi dan ketergantungan pada sumber daya jarak jauh. Cara tradisional menuju swasembada mencakup kekhawatiran mengenai keamanan pasokan makanan, air, listrik, dan pemanas. Ada kelemahan ketika memulai dengan kesadaran akan dampak lingkungan dan pada saat yang sama melakukan perjalanan menuju otonomi.

Karena bangunan otonom menggunakan sumber daya yang seharusnya terbuang sia-sia, seperti sinar matahari dan hujan, bangunan tersebut dapat meningkatkan keamanan sekaligus mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Karena otonomi menghilangkan inefisiensi yang semakin besar terkait dengan pengumpulan dan pemindahan sumber daya, otonomi sering kali menghasilkan pengurangan biaya dan dampak yang signifikan terhadap jaringan yang melayani gedung. Rancangan yang hati-hati sering kali dapat melindungi sumber daya lain yang terkena dampak dengan biaya yang terjangkau, seperti cadangan minyak dan pelestarian daerah aliran sungai di sekitarnya.

Karena alasan yang jelas bahwa kebutuhan energi yang lebih rendah lebih mudah dipenuhi di luar jaringan listrik, bangunan otonom seringkali lebih hemat biaya saat beroperasi. Namun, hal ini dapat menggantikan pembangkitan energi atau metode lain untuk mencegah berkurangnya manfaat dari konservasi yang parah.

Tidak semua bangunan independen baik bagi lingkungan. Kemandirian dari sistem pendukung adalah salah satu tujuan konstruksi ramah lingkungan yang sadar ekologi, meskipun hal ini tidak sama dengan tujuan lainnya. Meskipun demikian, tingkat keberlanjutan tertentu sering kali terdapat pada bangunan otonom karena pemanfaatan energi terbarukan dan sumber daya lainnya, kebijakan untuk tidak menghasilkan lebih banyak emisi rumah kaca daripada yang dikonsumsi, dan faktor lainnya.

Membuat konsesi gaya hidup atau peluang sosial mungkin juga diperlukan untuk tinggal di tempat penampungan mandiri. Rumah otonom termewah dan berteknologi canggih membutuhkan perubahan perilaku dari penghuninya. Beberapa orang mungkin tidak suka memiliki lebih banyak tugas. The Vails mencirikan pengalaman beberapa pelanggan sebagai pengalaman yang menjengkelkan, menjengkelkan, kesepian, atau bahkan seperti pekerjaan penuh waktu yang tidak diinginkan. Permasalahan ini mungkin bisa diatasi dengan struktur yang dirancang dengan baik, namun umumnya berdampak pada berkurangnya otonomi.

Rumah otonom harus dirancang khusus (atau dimodifikasi secara besar-besaran) untuk wilayah dan iklim. Selain membutuhkan konstruksi non-standar pada tingkat tertentu, biaya tambahan, eksperimen dan pemeliharaan berkelanjutan, dan perhatian berkelanjutan terhadap detail, teknik tenaga surya pasif, sistem toilet dan saluran pembuangan alternatif, desain massa termal, sistem baterai ruang bawah tanah, jendela yang efisien, dan banyak lagi. Taktik desain lainnya juga berdampak pada aspek psikologis ruang.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org