Apa yang Dilakukan Insinyur Pemasaran?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

11 Mei 2024, 09.56

Sumber: Pinterest.com

Jika Anda belum pernah bekerja di lingkungan WebOps, bahkan istilah “insinyur pemasaran” mungkin tampak asing. Apakah ini seorang insinyur atau pemasar? Idealnya, sebenarnya keduanya. Insinyur pemasaran adalah insinyur dan perlu mengelola aspek teknik dari kampanye pemasaran. Namun mereka juga seorang pemasar. Keberhasilan (atau kegagalan) proyek mereka dinilai berdasarkan prospek dan konversi, bukan poin cerita atau rasio cacat. Berikut ini adalah gambaran pekerjaan yang sebenarnya bagi seorang insinyur pemasaran. 

Berfokus pada pemasaran

Pada tingkat tertinggi, seorang insinyur pemasaran ada untuk mendukung upaya tim pemasaran. Ia menjalankan dua peran: 

  • Mengeksekusi ide atau kampanye pemasaran yang membutuhkan keterampilan teknis
  • Memberi saran kepada anggota tim pemasaran lainnya tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran

Meskipun sangat menggoda untuk menganggap insinyur pemasaran sebagai insinyur yang menjalankan visi tim pemasaran, namun itu hanya setengah dari persamaan. Insinyur pemasaran juga harus memiliki tempat duduk di meja perundingan. Ketika mereka menjalankan kampanye pemasaran, mereka seharusnya terlibat dalam setiap langkah proses, mulai dari perencanaan dan identifikasi KPI hingga eksekusi, pengukuran, pengujian A/B, dan iterasi berdasarkan seberapa baik proyek tersebut memenuhi tujuan pemasaran, bukan teknis.

Apa maksud dari hal ini, secara spesifik?

Mari kita bahas sedikit lebih konkret tentang apa yang mungkin dilakukan oleh seorang insinyur pemasaran. Hal ini meliputi: 

  • Membangun dan/atau memelihara situs web perusahaan
  • Membangun kampanye email
  • Bekerja dengan tim operasional untuk mendapatkan data
  • Menjalankan analisis pada data pemasaran
  • Menyiapkan pelacakan situs web dan mendapatkan data terkait pemasaran melalui Google Tag Manager
  • Melakukan debugging cepat terhadap aset terkait pemasaran, terutama situs web atau apa pun yang berhubungan dengan pelanggan

Itulah tugas-tugas 'teknis' yang mungkin harus ditangani oleh seorang insinyur pemasaran sepanjang hari. Namun, ada juga tugas-tugas yang lebih tinggi, yang lebih sulit untuk diuji dan diukur, dan umumnya berasal dari pengalaman, bukan dari sertifikat atau program gelar. Seperti: 

  • Bertindak sebagai penghubung dan penerjemah antara tim pemasaran dan tim teknik
  • Mengetahui siapa yang harus ditanyakan kepada siapa dalam organisasi ketika bagian pemasaran tidak dapat menyelesaikan suatu proyek secara internal
  • Membuat konten untuk kampanye dan/atau berperan sebagai peninjau teknis untuk konten yang dipublikasikan
  • Menjaga agar semua aset pemasaran tetap menggunakan teknologi yang paling mutakhir
  • Berpartisipasi dalam diskusi tentang strategi pemasaran, terutama untuk memberikan perspektif teknologi dan memberikan saran tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memenuhi tujuan pemasaran. 

Bagian pertama adalah sesuatu yang dianggap sederhana oleh hampir semua insinyur. Namun, seorang insinyur pemasaran perlu bekerja pada tingkat yang lebih strategis daripada yang biasa dilakukan oleh kebanyakan insinyur. Yang terpenting, orang ini berada di tim pemasaran, bukan tim teknik.

Seorang insinyur pemasaran sejati tidak hanya diminta untuk menentukan apakah sebuah proyek layak secara teknis atau tidak, tetapi juga menggunakan pikiran kreatifnya untuk memikirkan cara-cara baru agar teknologi dapat dimanfaatkan untuk memenuhi tujuan pemasaran. 

Mengapa anda membutuhkan insinyur pemasaran
Jujur saja: Tidak mudah menemukan insinyur pemasaran. Terkadang, pada kenyataannya, lebih mudah untuk melatihnya secara internal daripada mempekerjakannya. Jadi apa keuntungannya? Tidak dapat dipungkiri bahwa tim pemasaran membutuhkan seseorang dengan keahlian teknis untuk membantu mereka dalam segala hal, mulai dari memperbarui situs web hingga membuat kode kampanye email. Di banyak perusahaan, hal ini dilakukan dengan meminjam seorang insinyur dari tim produk untuk sementara waktu. 

Meminjam insinyur untuk sementara waktu mengabaikan manfaat memiliki anggota tim yang berdedikasi, yang selalu tersedia untuk proyek pemasaran dan tidak memiliki prioritas lain. Anggota tim yang berdedikasi juga lebih memahami apa yang dilakukan oleh pemasar dan bagaimana perannya. Ia mampu menjadi mitra, bukan hanya seorang kacung yang menjalankan ide-ide tim pemasaran. 

Tim pemasaran yang menyertakan seorang insinyur pemasaran dapat menjadi lebih gesit, dalam arti yang sebenarnya. Mereka dapat beradaptasi lebih cepat, menguji dan mengulang lebih cepat, serta memanfaatkan teknologi dengan lebih baik. Insinyur pemasaran dapat memimpin transisi di perusahaan ke budaya WebOps di mana tim lintas fungsi menjadi hal yang biasa.

Disadur dari: pantheon.io