Apa Perbedaan antara Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

31 Mei 2024, 08.03

Sumber: gcu.edu

Kita hidup di dunia yang sangat bergantung pada teknologi, dan teknologi merupakan bagian penting dari bisnis apa pun. Karena alasan ini, profesi sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) sangat diminati.

Untuk memasuki industri ini, seseorang harus memiliki keterampilan khusus di bidang teknologi. Saat ini, ada berbagai macam gelar STEM yang ditawarkan, masing-masing mengkhususkan diri pada bidang tertentu.

Jadi, bagaimana Anda tahu gelar STEM mana yang tepat untuk Anda? Penting untuk memahami perbedaan antara ilmu komputer (CS) dan teknologi informasi (TI), yang merupakan dua jurusan yang memberi Anda pengetahuan dan keterampilan untuk mencapai kesuksesan di bidang teknologi.

Apa itu Ilmu Komputer?

Ilmu komputer adalah bidang luas yang berfokus pada pemahaman dan penggunaan proses algoritmik dan matematika yang diterapkan pada sistem komputer. Kecerdasan buatan, rekayasa perangkat lunak, teori bahasa pemrograman, teknik komputer, keamanan komputer dan grafik komputer adalah subbidang dalam ilmu komputer.

Mahasiswa jurusan ilmu komputer dapat bekerja di berbagai bidang, seperti rekayasa perangkat lunak, penelitian dan pengembangan, komputasi ilmiah dan pengembangan perangkat lunak. Ilmuwan komputer merancang dan mengembangkan perangkat lunak untuk pengguna akhir, sistem tertanam, dan profesional TI. Selain itu, mereka bekerja dengan arsitektur komputer dan sistem operasi, dan sangat menyukai menulis program komputer.

Mahasiswa yang meraih gelar sarjana ilmu komputer akan mendapatkan pengetahuan berharga tentang prinsip-prinsip komputasi dan proses pemecahan masalah.

Apa itu Teknologi Informasi?

Mereka yang meraih gelar IT bertujuan untuk memenuhi kebutuhan teknologi organisasi. Dalam beberapa hal, teknologi informasi membahas sisi bisnis dari ilmu komputer. Ini berfokus pada komputer dan perangkat lunak untuk menyimpan, melindungi, memproses, mengirimkan dan mengambil data. Selain itu, infrastruktur teknologi seperti jaringan, server dan basis data juga menjadi fokus IT.

Mahasiswa jurusan teknologi informasi belajar untuk mengidentifikasi, membuat, membangun dan mengkonfigurasi sistem dan platform komputasi yang kompleks untuk memecahkan masalah manusia dan bisnis. Sebagai contoh, mereka belajar untuk selalu memperbarui teknologi bisnis agar dapat menjadi efisien dalam praktiknya.

Apa perbedaan antara Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi?

Perbedaan utama adalah bahwa para profesional ilmu komputer menggunakan matematika untuk mengembangkan dan meningkatkan program komputer. Para profesional TI menginstal, mengimplementasikan, dan memelihara program-program ini dan menerapkannya pada bisnis. Profesional ilmu komputer menggunakan keterampilan dalam matematika dan teori untuk membuat teknologi informasi menjadi mungkin, dan profesional TI menggunakan keterampilan untuk berkomunikasi dengan bisnis untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui teknologi.

Jadi apa perbedaan antara ilmu komputer dan IT? Jika Anda tertarik untuk mempelajari di balik layar pengembangan perangkat lunak komputer, pertimbangkan untuk mengambil gelar di bidang ilmu komputer. Jika Anda senang bekerja dengan orang lain dan menemukan solusi teknologi untuk masalah, pertimbangkan gelar di bidang teknologi informasi.

Masa depan menjanjikan bagi para profesional di bidang ilmu komputer dan IT. Karena teknologi terus menerus menjadi lebih terintegrasi ke dalam masyarakat, peluang menarik muncul bagi mereka yang mencari gelar STEM.

Fakultas Sains, Teknik dan Teknologi Grand Canyon University menginspirasi kreativitas dan keunggulan akademik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang program STEM GCU, hubungi kami hari ini!  

Disadur dari: https://www.gcu.edu/