Apa itu Teknik Komputer? Panduan Karier + Tanya Jawab

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

28 Mei 2024, 10.00

Sumber: pinterest

Apa yang dimaksud dengan teknik komputer?

Teknik komputer adalah cabang dari ilmu komputer dan teknik elektro. Bidang studi ini menggabungkan beberapa disiplin ilmu untuk merancang dan mengembangkan sistem perangkat lunak dan perangkat keras. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang teknik komputer dan cara menjadi insinyur komputer di artikel berikut. 

Apa perbedaan antara ilmu komputer dan teknik komputer? 

Meskipun ilmu komputer dan teknik komputer sangat erat kaitannya, keduanya memiliki beberapa perbedaan utama. Keduanya membutuhkan pemikiran kritis, kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi, serta keahlian teknis. Namun, ilmuwan komputer lebih fokus pada teori dan mengembangkan cara-cara untuk menggunakan perangkat lunak untuk memecahkan masalah dunia nyata. Mereka harus dapat bekerja dengan bahasa pemrograman seperti Python dan Java.

Insinyur komputer biasanya bekerja lebih dekat dengan perangkat keras dan sistem komputer secara keseluruhan. Mahasiswa teknik komputer memperoleh keterampilan pemrograman untuk membantu desain perangkat lunak, tetapi umumnya memfokuskan studi mereka pada disiplin ilmu seperti teknik elektro dan fisika.

Apa yang dilakukan oleh insinyur komputer?

Insinyur komputer bekerja dengan semua aspek sistem operasi komputer, mulai dari perangkat lunak hingga robotika. Sebagai seorang insinyur komputer, Anda akan bekerja sama dengan insinyur dan pemrogram lain untuk merancang sistem komputer dan menguji fungsionalitasnya. Anda akan tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan memperbarui perangkat lunak dan perangkat keras untuk menjaga sistem berjalan dengan lancar.

Di mana insinyur komputer bekerja?

Para profesional teknik komputer bekerja di laboratorium penelitian, sektor swasta, dan pemerintah federal, negara bagian, dan lokal. Untuk menjadi insinyur komputer, pertimbangkan untuk mengejar spesialisasi atau area fokus yang paling menarik bagi Anda. Anda dapat mulai meneliti pekerjaan teknik dengan menelusuri lowongan pekerjaan. Meskipun Anda belum siap untuk melamar, latihan ini dapat membantu Anda memahami perbedaan tanggung jawab dan bayaran dari satu industri ke industri lainnya.  

Berapa gaji insinyur komputer?

Gaji tahunan rata-rata untuk insinyur perangkat keras komputer di AS adalah $139.088, menurut Lightcast™. Untuk insinyur komputer secara lebih luas, Glassdoor mencantumkan gaji rata-rata sebesar $95,375. Angka ini termasuk gaji pokok rata-rata sebesar $89.920 dan $5.455 sebagai gaji tambahan. Wawasan gaji tambahan dapat mencakup bagi hasil, komisi, dan bonus. 

Bagaimana cara menjadi seorang insinyur komputer?

Enam puluh enam persen insinyur komputer memiliki gelar sarjana, 14 persen memiliki gelar master, dan 11 persen memiliki gelar associate. Dua puluh delapan persen insinyur komputer dengan gelar sarjana mengambil jurusan teknik komputer. Bidang studi lain yang relevan termasuk ilmu komputer dan teknik elektro. 

Jika Anda tidak berencana untuk mendapatkan gelar atau sedang mempertimbangkan untuk beralih dari pekerjaan lain, Anda dapat melengkapi pengalaman Anda dengan sertifikasi atau program teknik. Berikut ini adalah opsi ramah pemula yang dapat Anda gunakan untuk membangun fondasi yang kuat dari pengetahuan teknik komputer:

Pengantar Perangkat Keras dan Sistem Operasi. Kursus online dan mandiri ini dapat diselesaikan hanya dalam waktu 17 jam. Pada akhirnya, Anda akan dapat mengidentifikasi dan menjelaskan komponen, antarmuka, dan periferal komputer desktop dan laptop internal. Anda juga akan mendapatkan sertifikat dari IBM, pemimpin industri teknologi.

Keterampilan kerja dan teknis yang penting bagi teknisi komputer

  1. Pengetahuan tentang sistem operasi
  2. Pemahaman tentang jaringan komputer dan arsitektur perangkat keras
  3. Desain teknik digital dan mikroprosesor
  4. Debugging dan pemecahan masalah
  5. Keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat
  6. Keterampilan pemecahan masalah dan analitis
  7. Berpikir kritis dan kreatif
  8. Spesialisasi teknik komputer

Anda dapat memilih untuk berspesialisasi dalam bidang teknik komputer tertentu dengan mengambil mata kuliah yang terkait dengan bidang tersebut. Spesialisasi menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda memiliki keahlian di bidang tersebut dan dapat memberi Anda keunggulan dibandingkan dengan insinyur komputer non-khusus yang bersaing untuk pekerjaan yang sama. Area fokus yang perlu dipertimbangkan termasuk komunikasi dan jaringan komputer, perangkat lunak, arsitektur, dan keamanan siber. Misalnya, Anda dapat berspesialisasi dalam Internet of Things (IoT) dengan mendapatkan sertifikat dalam Perangkat IoT dari University of Illinois Urbana-Champaign. 

Pengalaman teknik

Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki sebagai insinyur komputer, semakin banyak prospek pekerjaan yang mungkin Anda miliki. Magang dan program studi kerja dapat memberikan Anda pengalaman karier awal untuk dicantumkan di resume Anda. Anda dapat menemukan peluang kerja dan magang melalui berbagai papan lowongan kerja, termasuk papan lowongan kerja umum seperti ZipRecruiter dan situs yang berspesialisasi dalam pekerjaan teknis seperti Dice. Atau, pertimbangkan kursus online berbasis proyek berikut ini:

Membangun Komputer Modern dari Prinsip-Prinsip Pertama. Dalam program yang dipandu ini, Anda akan membuat komputer menggunakan simulator perangkat keras berbasis perangkat lunak, seperti halnya komputer sungguhan yang dirancang oleh para insinyur komputer! Pada akhirnya, Anda akan memiliki proyek untuk ditambahkan ke portofolio Anda dan sertifikat untuk resume Anda.

Disadur dari: https://www.coursera.org/