Apa itu Rekayasa Keuangan dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

09 Mei 2024, 19.00

Sumber: godigit.com

Rekayasa keuangan bukanlah cabang teknik tradisional. Teknik ini lebih merupakan pendekatan metodologis untuk menggabungkan teori dan prinsip-prinsip matematika dalam memecahkan masalah keuangan. Teknik ini memiliki berbagai manfaat terutama karena melibatkan risiko terbatas atau tanpa risiko. Selain itu, teknik ini membantu mengintegrasikan informasi dari berbagai bidang seperti ekonomi, ilmu komputer, matematika, dan teori keuangan. Teknik ini juga dapat mengubah teori keuangan menjadi aplikasi praktis.

Apa itu rekayasa keuangan?
Financial Engineering adalah penerapan teknik rekayasa atau perhitungan matematis untuk memecahkan masalah keuangan. Teknik ini menggunakan data dan fakta dari berbagai bidang seperti statistik, ekonomi, matematika, ilmu komputer, dan lain-lain, untuk mengatasi situasi keuangan saat ini. Tujuan utama teknik ini adalah mengubah teori keuangan menjadi aplikasi praktis. Institusi keuangan seperti bank komersial dan agen asuransi biasanya menggunakan teknologi ini. Selain itu, teknik ini juga dikenal sebagai analisis kuantitatif karena berfungsi sebagai alat ukur.

Bagaimana cara kerja rekayasa keuangan?
Teknik rekayasa ini menggunakan analisis investasi, model keuangan terbaru, metode trading, dan banyak lagi untuk bekerja secara efektif. Dengan bantuan model matematika dan ilmu komputer, teknik ini dapat mengeluarkan alat baru untuk menyelesaikan masalah keuangan yang dibutuhkan. Insinyur keuangan profesional menangani semua tugas ini di berbagai bidang kerja mereka.

Insinyur keuangan ini dapat memprediksi kinerja, penerapan, dan profitabilitas alat investasi dengan mengelola model risiko kuantitatif. Selain itu, mereka dapat memahami dan menangani pasar yang tidak dapat diprediksi dan memberikan pengetahuan tentang berbagai risiko penawaran produk. Selain itu, para insinyur di sini menggunakan perdagangan opsi sebagai model yang efektif dan terbukti untuk teknik ini.

Oleh karena itu, secara kolektif dapat dikatakan bahwa rekayasa keuangan digunakan untuk berbagai tujuan, yaitu sebagai berikut:

  • Analisis keamanan
  • Manajemen portofolio
  • Perdagangan dan arbitrase, serta perdagangan algoritmik
  • Menetapkan harga untuk derivatif dan opsi
  • Manajemen risiko yang mencakup pengelolaan risiko kredit
  • Menganalisis keuangan perilaku
  • Pembelajaran Mesin untuk strategi investasi

Apa saja jenis-jenis rekayasa finansial?
Berbagai jenis teknik rekayasa ini adalah sebagai berikut:

  • Perdagangan Derivatif: Perdagangan derivatif adalah di mana nilai derivatif bergantung pada kinerja aset atau sekuritas yang mendasarinya. Demikian pula, proses teknik ini untuk memecahkan masalah keuangan dengan memperkirakan nilai aset yang mendasarinya diidentifikasi sebagai perdagangan derivatif.
  • Perdagangan Pasar Valuta Asing: Dalam perdagangan pasar valuta asing, nilai tukar mata uang memainkan peran penting. Berdasarkan perubahan nilai tukar ini, perusahaan mempertahankan dana dengan memegang nilai mata uang yang berbeda dari berbagai negara. Demikian pula, dengan teknik teknik ini, para insinyur dapat memprediksi kenaikan atau penurunan nilai mata uang dengan memperkirakan perubahan nilai tukar.

Apa saja keuntungan dari penggunaan rekayasa finansial?
Keuntungan atau manfaat utama dari penggunaan metode rekayasa ini adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi risiko: Ketika beroperasi di perusahaan yang bisnisnya berada di negara lain, perusahaan tersebut dapat mengalami fluktuasi mata uang atau harga yang signifikan. Metode rekayasa ini membantu mengurangi risiko tersebut dengan menyediakan produk yang menstabilkan bisnis Anda dari volatilitas di masa depan.
  • Menawarkan Kompensasi: Sebagai pemilik bisnis, Anda akan mencari cara untuk mempertahankan karyawan kunci dan melibatkan manajemen yang berkinerja tinggi untuk menyediakan saham dalam bisnis. Strategi ini bisa sangat berguna untuk bisnis, terutama selama fase pertumbuhan, karena dapat meningkatkan kinerja saham dengan harga yang lebih tinggi. Teknik rekayasa ini membantu memahami konsekuensi memasukkan saham daripada uang tunai dalam neraca dan laporan laba rugi perusahaan.
  • Pembayaran Kontinjensi: Bisnis Anda dapat menggunakan strategi dan produk rekayasa keuangan untuk menyediakan pembayaran kontinjensi terhadap ketentuan kontrak. Hal ini juga dapat dilakukan dalam kasus pinjaman konversi atau perjanjian bisnis lainnya, serta untuk mengendalikan usaha atau peluang bisnis yang berisiko. Oleh karena itu, dengan menciptakan solusi yang memberikan kerugian minimum untuk bisnis Anda, Anda dapat berpartisipasi dalam keuntungan dan membatasi kerugian perusahaan Anda.

Apa saja keterbatasan rekayasa keuangan?
Kerugian atau keterbatasan yang mungkin Anda temui di sini adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan Kompleksitas: Meskipun metode rekayasa ini memiliki banyak manfaat, kelemahan utamanya adalah prosesnya yang kompleks. Teknik ini menggunakan berbagai rumus dan persamaan matematika yang rumit untuk menyelesaikan berbagai masalah. Sekarang, jika para insinyur membuat sedikit kesalahan saat menyelesaikannya, hal ini dapat menciptakan kerumitan yang sangat besar yang mengakibatkan memulai seluruh prosedur dari awal.
  • Menyulitkan Investor: Meskipun teknik ini membantu dalam memecahkan masalah keuangan investor atau pemilik bisnis, mereka tidak dapat menggunakannya sendiri. Seorang insinyur perlu menangani masalah ini sendiri untuk memastikan seluruh proses rekayasa keuangan atau kuantitatif tidak banyak berguna. Selain itu, seperti yang telah dibahas, karena kompleksitas teknik ini, semua orang tidak akan dapat memahaminya dan menerapkannya secara efektif.

Oleh karena itu, rekayasa keuangan menggunakan model risiko kuantitatif untuk meramalkan kinerja alat investasi. Teknik ini juga membantu memprediksi apakah sekuritas baru di dunia keuangan akan menguntungkan dalam jangka panjang. Selain itu, Anda bisa mendapatkan gambaran singkat tentang risiko sekuritas baru ini sebelum berinvestasi di dalamnya. Sebagai investor, Anda dapat mengetahui semua tantangan yang terkait dengan sekuritas ini.

Tanya jawab tentang rekayasa keuangan

  1. Apa saja alat penting yang digunakan oleh insinyur keuangan? panah atas
  2. Bahasa komputer apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam rekayasa keuangan? panah atas
  3. Siapakah bapak rekayasa keuangan? panah atas
  4. Apa pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk melakukan rekayasa keuangan? panah atas

Disadur dari: godigit.com