Apa Itu Manufaktur Tingkat Lanjut? Contoh dan Manfaat

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

03 Juni 2024, 11.07

Sumber: homecare24.id

Selama ada manufaktur, orang telah bekerja untuk meningkatkan efisiensi. Produksi yang lebih cepat dan lebih baik akan menghasilkan keuntungan dan daya saing yang lebih besar. Menggunakan teknologi untuk mencapai efisiensi disebut manufaktur tingkat lanjut.

Karena teknologi telah menjadi lebih inovatif, teknologi manufaktur maju juga meningkat. Hal ini menciptakan produk dan proses yang lebih baik yang digunakan untuk membuatnya. Untuk lebih memahami istilah ini, kami akan mendefinisikan apa itu manufaktur tingkat lanjut, tujuan, dan contohnya.

Apa yang dimaksud dengan manufaktur tingkat lanjut?

Manufaktur tingkat lanjut adalah praktik penggunaan teknologi dan metode inovatif untuk meningkatkan kemampuan perusahaan agar dapat bersaing di sektor manufaktur. Manufaktur tingkat lanjut melakukan hal ini dengan mengoptimalkan semua aspek rantai nilai, mulai dari konsep hingga pertimbangan akhir masa pakai.

Hal ini dicapai melalui penggunaan teknologi manufaktur canggih, yang mengintegrasikan kegiatan manufaktur dan bisnis untuk menciptakan operasi yang lebih efisien. Manufaktur tingkat lanjut menggunakan otomatisasi, komputasi, perangkat lunak, penginderaan, dan jaringan untuk menciptakan efisiensi yang lebih besar.

Namun, ada satu hal yang konstan, yaitu kebutuhan akan perangkat lunak otomasi alur kerja untuk merampingkan proses dan mencapai efisiensi yang lebih besar. ProjectManager adalah perangkat lunak manajemen proyek yang mengotomatiskan alur kerja untuk menghilangkan kesibukan dan memiliki pengaturan persetujuan tugas untuk manajemen kualitas. Selain itu, Anda dapat membuat jadwal produksi, mengelola eksekusi, dan melaporkan proyek Anda dalam satu alat. Mulailah dengan ProjectManager hari ini secara gratis!

Tujuan manufaktur tingkat lanjut

Tujuan manufaktur tingkat lanjut adalah menggunakan teknologi untuk memungkinkan perusahaan memproduksi barang atau jasa dengan kualitas yang lebih baik, lebih cepat, dan dengan biaya yang lebih rendah daripada pesaing mereka, yang akan memungkinkan mereka untuk memposisikan diri mereka di pasar.

Apa yang dimaksud dengan teknologi manufaktur canggih?

Istilah teknologi manufaktur canggih mengacu pada semua teknologi dan teknik berbeda yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses manufaktur yang sudah ada.

Teknologi manufaktur tingkat lanjut dapat memiliki banyak bentuk. Mulai dari perangkat lunak manajemen inventaris yang memungkinkan produsen untuk lebih memahami apa yang ada di gudang mereka hingga menggunakan robot di lini produksi untuk mengurangi biaya tenaga kerja, hingga penerapan teknologi lainnya dalam siklus manufaktur. Mari kita tinjau jenis teknologi manufaktur canggih yang paling umum.

Jenis-jenis teknologi manufaktur canggih

Ada banyak jenis teknologi manufaktur canggih. Pertama, mari kita bagi manufaktur tingkat lanjut menjadi tiga kelompok utama.

  • Produksi yang efisien: Penekanannya di sini adalah pada rekayasa simultan daripada sekuensial dan melibatkan desain, simulasi, pemodelan fisik dan komputer, teknologi produksi canggih, dan teknik kontrol. Ini digunakan dalam pembuatan prototipe cepat dan pengecoran presisi.
  • Produksi cerdas: Menggunakan TIK dan sistem logistik terkait untuk mengimplementasikan sistem demi memperpanjang usia pakai dan penggunaan fasilitas produksi yang optimal. Hal ini dilakukan melalui pemantauan yang efisien, pemeliharaan dan perbaikan rutin.
  • Organisasi yang efektif: Mengkoordinasikan dan mengeksploitasi sumber daya manufaktur, baik yang bersifat fisik maupun berbasis pengetahuan. Hal ini digunakan dengan tender virtual, perusahaan, fasilitas dan sumber daya bersama, organisasi baru, unit inkubasi, manajemen pengetahuan, dan perdagangan dan perdagangan elektronik.

10 Contoh Teknologi Manufaktur canggih

Berikut ini adalah beberapa cara yang digunakan teknologi canggih untuk mengembangkan pasar baru, teknologi baru, dan metode baru dalam memproduksi produk:

1. Pemrosesan data besar

Pemrosesan data besar mengacu pada analisis kumpulan data besar yang diperoleh melalui berbagai sistem intelijen bisnis. Pemrosesan data besar adalah teknologi manufaktur canggih yang membantu bisnis lebih memahami apa yang menjadi permintaan pelanggan mereka, melacak kualitas produk, memantau alur kerja, dan banyak lagi.

2. Kecerdasan buatan (AI) & Pembelajaran mesin

Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin digunakan oleh produsen untuk mengotomatiskan aspek kontrol kualitas, logistik pemeliharaan, dan kontrol inventaris. Misalnya, AI dan pembelajaran mesin dapat digunakan untuk memprediksi kapan kegagalan dan kerusakan mesin diperkirakan akan terjadi sehingga pemeliharaan yang efektif dapat dilakukan.

3. Realitas Tertambah (Augmented Reality (AR))

Augmented reality memiliki banyak aplikasi di bidang manufaktur seperti pelatihan karyawan, desain produk, serta kontrol dan pengujian kualitas. Sebagai contoh, augmented reality membantu produsen memvisualisasikan seperti apa produk akan terlihat di dunia nyata, membantu mereka memperbaiki masalah apa pun sebelum membuat prototipe.

4. Internet of Things (IoT)

Istilah Internet of Things mengacu pada perangkat, sensor, perangkat lunak, dan jaringan yang digunakan untuk mentransfer data di seluruh proses manufaktur pintar. Sebagai contoh, produsen kedirgantaraan menggunakan perangkat tersebut untuk menguji daya tahan komponen pesawat terbang.

5. Manufaktur aditif

Jenis manufaktur canggih ini mencakup pencetakan 3-D, sistem pencetakan laser bed bed, pemodelan deposisi leburan, dan proses lain yang melibatkan rakitan kompleks dari bahan kontinu. Manfaatnya termasuk mengurangi titik kegagalan dalam sistem dan mengurangi berat, kompleksitas, dan masalah pembuangan panas. Ini digunakan di bidang kedirgantaraan, medis, pembuatan prototipe, otomotif, barang konsumen, dan sektor lainnya.

6. Material Canggih/Komposit

Di sini Anda membuat campuran logam, plastik, kaca, keramik, dll., yang tepat untuk aplikasi tertentu. Material ini bervariasi dalam hal sifat fisik dan kimia, menciptakan terobosan kinerja dan mengurangi keputusan pengorbanan material. Beberapa bahan komposit ini termasuk paduan berkekuatan tinggi, plastik yang dapat didaur ulang, dan banyak lagi.

7. Robotika/Otomasi

Menggunakan sistem otomatis untuk pengangkatan berat, gerakan presisi, dan penyambungan komponen di lini pabrik. Hal ini meningkatkan konsistensi pekerjaan dan ideal untuk tugas-tugas yang berbahaya karena membatasi risiko manusia, biaya tambahan, dan limbah sekaligus memproduksi lebih cepat dan lebih murah. Robotika dapat ditemukan di pasar otomotif, kedirgantaraan, penempaan, dan barang konsumen, dan kemungkinan akan berkembang seiring dengan kemajuan teknologi untuk mencakup industri lebih lanjut.

8. Pemesinan/Pengelasan laser

Pemesinan dan pengelasan laser memungkinkan presisi dan keamanan yang lebih baik saat pengelasan dan pemesinan, termasuk pemrosesan suku cadang yang cepat dan akurat menggunakan teknologi laser. Ini mengurangi jumlah panas pada material dan mengurangi keretakan dan penyambungan yang buruk. Proses ini digunakan pada bejana tekan, pengelasan sensor jarak, pengelasan baterai, elektronik sensitif, dan lainnya.

9. Nanoteknologi

Mampu mengemas lebih banyak ke dalam ruang yang lebih kecil adalah salah satu pendorong untuk nanoteknologi. Teknologi ini digunakan dalam aplikasi kimia dan biologi untuk meningkatkan sifat material, mengontrol spektroskopi cahaya, dan reaktivitas kimia. Menggunakan nanoteknologi memungkinkan sistem manufaktur yang canggih untuk mengurangi jejak keseluruhan dan memaksimalkan fungsionalitas di seluruh lini produksi.

10. Integrasi jaringan/IT

Internet menghubungkan orang dan informasi. Dengan menggunakan komunikasi jaringan di lantai pabrik, produsen dapat membuat umpan balik loop tertutup dan penyetelan presisi secara elektronik, bukan secara manual. Hal ini mengurangi biaya pemeliharaan dan meningkatkan efisiensi produksi secara keseluruhan. Kemampuan untuk memiliki akses jaringan di seluruh proses memungkinkan produsen untuk secara instan menunjukkan masalah dan potensi perbaikan untuk menghemat waktu dan waktu.

Templat jadwal produksi gratis

Bahkan dengan bantuan praktik manufaktur yang canggih, Anda masih harus tetap memantau jadwal produksi agar tetap efisien dan menguntungkan. Unduh templat jadwal produksi gratis ini untuk Excel guna melacak pesanan, inventaris, tanggal produksi, dan lainnya.

Manfaat manufaktur tingkat lanjut

Mari kita lihat lebih dekat manfaat utama dari manufaktur tingkat lanjut.

  • Inovasi: Penggunaan teknologi manufaktur canggih memungkinkan produsen untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan dengan menciptakan produk baru yang inovatif.
  • Kualitas produk yang lebih baik: Dengan menggunakan teknologi inovatif dalam siklus manufaktur, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk mereka. Ini karena teknologi manufaktur canggih dapat diterapkan pada proses mendesain, memproduksi, dan menguji barang.
  • Biaya produksi yang lebih rendah: Manufaktur tingkat lanjut dapat membantu bisnis mengurangi biaya produksi mereka dalam beberapa cara. Misalnya, teknologi manufaktur canggih membantu perusahaan mengurangi biaya tenaga kerja, menghasilkan bahan yang lebih murah, memotong langkah-langkah di jalur produksi, dan menurunkan biaya inventaris.
  • Produksi barang lebih cepat: Teknologi manufaktur canggih memungkinkan produsen memproduksi barang lebih cepat, yang membantu mereka mengungguli pesaing dan mengejar lebih banyak peluang bisnis dalam satu waktu.

Industri apa yang menggunakan teknologi manufaktur canggih?

Manufaktur tingkat lanjut dapat ditemukan di hampir semua industri, termasuk:

  • Industri otomotif
  • Industri kedirgantaraan
  • Industri farmasi
  • Industri elektronik
  • Industri peralatan medis
  • Industri robotik
  • Barang bervolume tinggi
  • Pembuatan prototipe cepat

Manufaktur tingkat lanjut vs Manufaktur tradisional

Apakah manufaktur tingkat lanjut jauh berbeda dari manufaktur biasa? Manufaktur tradisional, tentu saja, dianggap sebagai mengambil bahan mentah dan menciptakan produk yang menambah nilai.

Manufaktur tingkat lanjut cenderung digunakan di industri yang lebih mutakhir, seperti medis, kedirgantaraan, dan farmasi. Hal ini didasarkan pada penskalaan, keterampilan tenaga kerja, penelitian dan pengembangan, serta produksi yang fleksibel. Namun, perbedaan antara keduanya semakin kecil, karena manufaktur tradisional mulai menggunakan lebih banyak peralatan dan sistem berteknologi tinggi.

Strategi produksi

Meskipun demikian, masih ada perbedaan di antara keduanya. Misalnya, strategi produksinya berbeda. Dalam manufaktur tradisional, strateginya adalah produksi massal, sementara manufaktur maju menyesuaikan dan tetap berfokus pada pelanggan. Struktur organisasi juga berbeda. Manufaktur tradisional bersifat hirarkis dan manufaktur maju mengikuti aliran informasi yang datar dan terbuka.

Tenaga kerja

Dalam manufaktur tradisional, biasanya terdapat pasokan tenaga kerja yang tidak atau setengah terampil yang melimpah; namun, manufaktur maju membutuhkan tenaga kerja terampil dengan pengetahuan teknis. Oleh karena itu, manufaktur tradisional lebih sering memberikan pelatihan di tempat kerja atau hanya sekolah kejuruan. Manufaktur tingkat lanjut membutuhkan orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan gelar teknis.

Tenaga kerja di manufaktur tradisional sering kali membutuhkan sekitar tiga pekerja semi-terampil untuk setiap pekerja terampil. Dalam manufaktur maju, hampir sebaliknya; sekitar empat pekerja terampil untuk setiap pekerja semi-terampil. Hal ini karena manufaktur tradisional memiliki teknologi produksi yang melibatkan pengecoran, pengelasan, pencetakan, mematri, dan permesinan, di antaranya. Teknologi canggih dapat mencakup pencetakan 3-D, tempat tidur bubuk, pengendapan material, dll.

Investasi

Manufaktur tradisional berinvestasi dalam produksi, dan manufaktur maju mengambil pendapatannya dan memasukkannya ke dalam penelitian dan pengembangan. Oleh karena itu, manufaktur tradisional membutuhkan ruang infrastruktur dan manufaktur maju lebih fokus pada infrastruktur TI dan digital.

Logistik

Logistik adalah area lain di mana kedua jenis manufaktur ini berbeda. Manufaktur tradisional mengirimkan produknya ke pasar melalui saluran tradisional, seperti jalan raya dan kereta api. Manufaktur tingkat lanjut menggunakan manajemen rantai pasokan global.

Bagaimana ProjectManager membantu manufaktur tingkat lanjut

ProjectManager adalah perangkat lunak manajemen pekerjaan dan proyek online yang memberikan data real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih berwawasan di bidang manufaktur tingkat lanjut. Dasbor waktu nyata dan laporan sekali klik memungkinkan Anda untuk mengambil data langsung. Ketahui apa yang terjadi saat itu terjadi sehingga Anda dapat merealokasi sumber daya sesuai kebutuhan untuk menghindari kemacetan.

Jadwalkan dengan Bagan Gantt Interaktif

Rencanakan pemeliharaan, jadwalkan pekerja, dan lainnya dengan bagan Gantt online. Anda dapat melihat seluruh jadwal produksi dalam satu garis waktu, menautkan ketergantungan, dan bahkan memfilter jalur kritis. Setelah Anda menjadwalkan pekerjaan, tetapkan garis dasar untuk melacak perbedaan antara upaya yang direncanakan dan aktual secara real time.

Sederhanakan proses dengan otomatisasi alur kerja

Jaga agar pekerja Anda tetap fokus pada hal-hal yang penting dengan membebaskan mereka dari kesibukan. Tetapkan pemicu sebanyak yang Anda butuhkan untuk memindahkan pekerjaan secara otomatis melalui produksi, mengubah penugasan, dan banyak lagi. Kemudian, untuk memastikan kualitas pekerjaan yang sedang dilakukan, buat persetujuan tugas sehingga hanya mereka yang berwenang untuk mengubah status pekerjaan yang dapat melakukannya.

Fitur Fleksibel melayani seluruh tim

Manufaktur tingkat lanjut membutuhkan perangkat lunak fleksibel yang dapat bekerja di ruang rapat dan di lantai pabrik. Beberapa tampilan proyek ProjectManager berarti Anda dapat menjadwalkan pada bagan Gantt atau tampilan lembar sementara tim dapat mengelola tugas mereka di papan kanban, tampilan daftar, atau kalender yang kuat. Semua tampilan dapat diotomatisasi dan datanya tetap sama untuk menetapkan satu sumber kebenaran.

Daftar tugas di ProjectManager

Perangkat lunak kami memungkinkan Anda mengelola biaya dan sumber daya serta tetap mendapatkan informasi terkini secara real time dengan notifikasi email dan peringatan dalam aplikasi sehingga Anda tahu jika ada orang yang mengomentari atau memperbarui tugas. Seimbangkan beban kerja tim Anda agar mereka tetap produktif dan gunakan lembar waktu yang aman untuk merampingkan penggajian dan melacak pekerjaan tim Anda di tingkat tugas.

ProjectManager adalah perangkat lunak pemenang penghargaan yang membantu produsen membuat dan mengirimkan produk mereka tepat waktu dan sesuai anggaran. Alat bantu kami yang fleksibel ini memiliki platform kolaboratif yang memungkinkan setiap departemen bekerja sama dengan lebih baik dan berkomunikasi secara real time. Sumber daya dapat dilacak dan dialokasikan sesuai kebutuhan untuk menjaga siklus produksi berjalan lancar. Mulailah dengan ProjectManager hari ini secara gratis.

Disadur dari:https://www.projectmanager.com/