Apa Itu Limbah Industri/Sampah Industri? Berikut Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

15 Februari 2023, 16.13

Sumber : Unsplash

Limbah Industri

Limbah Industri merupakan material sisa atau material yang sudah tidak terpakai lagi yang berasal dari kegiatan industri. Sampah industri dapat berupa limbah kegiatan industri yang dapat mencemari lingkungan. 

Limbah adalah zat yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun domestik (rumah tangga). Limbah dapat berupa sampah, air kaskus , dan air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya.

Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang sering kali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara Kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia Senyawa organik dan Senyawa anorganik.. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Beberapa Jenis Limbah B3 Industri

1. Limbah B3 cair lebih dikenel sebagai entitas pencemar air. Karena biasanya terdiri dari bahan buangan padat, buangan organik dan buangan anorganik

2. Limbah B3 padat

3. Limbah B3 gas

4. Limbah B3 partikel

Jenis Limbah B3 Menurut Sumbernya

1. Limbah B3 dari sumber tidak spesifik

2. Limbah B3 dari sumber spesifik

3. Limbah B3 dari bahan kimia kadaluarsa

Karakteristik Limbah B3

1. Limbah mudah meledak

2. Limbah mudah terbakar

3. Limbah beracun

4. Limbah menyebabkan infeksi

5. Limbah bersifat korosif

 

Sumber : Wikipedia