Apa itu ERP?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

04 Juni 2024, 07.29

Sumber: dynamics.microsoft.com

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah jenis sistem perangkat lunak yang membantu organisasi mengotomatisasi dan mengelola proses bisnis inti untuk kinerja yang optimal. Perangkat lunak ERP mengoordinasikan aliran data di antara proses bisnis perusahaan, menyediakan satu sumber kebenaran dan merampingkan operasi di seluruh perusahaan. Perangkat lunak ini mampu menghubungkan aktivitas keuangan, rantai pasokan, operasi, perdagangan, pelaporan, manufaktur, dan sumber daya manusia perusahaan dalam satu platform.

Sebagian besar perusahaan memiliki sistem keuangan dan operasional, tetapi sistem yang terpisah-pisah tidak dapat melampaui proses bisnis sehari-hari atau membantu pertumbuhan bisnis di masa depan. Ketika perusahaan berkembang dan kebutuhan mereka berubah, sistem mereka harus mengikuti perkembangan tersebut. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu ERP dan mengapa memiliki perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat membantu menjalankan bisnis yang lebih lincah dan efisien.

Sistem perangkat lunak ERP modern

Secara historis, sistem ERP merupakan paket yang bekerja secara terpisah dan tidak berbicara dengan sistem lain. Setiap sistem membutuhkan kode yang mahal, kompleks, dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang unik sehingga memperlambat-atau bahkan mencegah-adopsi teknologi baru atau pengoptimalan proses.

Apa yang membuat perangkat lunak ERP saat ini berbeda adalah perangkat lunak ini menyatukan semua proses yang berbeda ini dalam satu sistem yang lancar. Sistem ini tidak hanya menawarkan konektivitas data dalam sistem ERP Anda, tetapi juga dalam alat produktivitas, e-commerce, dan bahkan solusi keterlibatan pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua data Anda untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik yang membantu Anda mengoptimalkan proses di seluruh bisnis Anda.

Selain itu, solusi ERP modern menawarkan opsi penerapan yang fleksibel, keamanan dan privasi yang lebih baik, keberlanjutan, dan kustomisasi dengan kode rendah. Namun yang paling penting, ERP membangun kontinuitas dan ketahanan ke dalam bisnis dan proses Anda melalui wawasan yang membantu Anda berinovasi dengan cepat saat ini sambil mempersiapkan bisnis Anda untuk masa depan.

Mengapa ERP penting untuk bisnis?

Meskipun tidak ada solusi menyeluruh untuk setiap proses bisnis, teknologi ERP semakin baik dalam menyatukan proses. Setelah proses, sistem, dan data Anda terhubung, Anda akan mendapatkan intelijen bisnis, akselerasi, dan kemampuan beradaptasi yang Anda perlukan untuk mulai mengoptimalkan operasi Anda.

Berikut adalah tiga cara sistem ERP dapat meningkatkan bisnis Anda:

  1. Mendorong kinerja yang optimal. Dengan solusi yang menggunakan AI, Anda akan mengakses wawasan yang dapat meningkatkan pengambilan keputusan dan mengungkapkan cara-cara untuk meningkatkan kinerja operasional di masa mendatang.
  2. Mempercepat dampak operasional. Dengan menghubungkan proses dan data, Anda akan memberikan lebih banyak visibilitas dan fleksibilitas kepada karyawan, membantu mereka mengambil tindakan dengan cepat dan memberikan lebih banyak nilai di seluruh bisnis.
  3. Memastikan kelincahan bisnis. Banyak solusi ERP dibuat untuk beradaptasi dengan kebutuhan Anda dan tumbuh bersama Anda, membantu Anda secara proaktif mempersiapkan diri - dan dengan cepat merespons - setiap gangguan operasional atau perubahan pasar.

Fungsi bisnis apa saja yang dapat dioptimalkan dengan ERP?

Sistem ERP dapat mencakup banyak fungsi inti di seluruh organisasi Anda-membantu meruntuhkan batasan antara front office dan back office sekaligus menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan solusi Anda dengan prioritas bisnis yang baru. Beberapa fungsi bisnis utama meliputi:

1. Perdagangan

Peritel saat ini menghadapi banyak tantangan, dan sistem ERP dapat memberikan solusi perdagangan omnichannel yang lengkap yang menyatukan pengalaman back-office, di dalam toko, dan digital. Pelanggan mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan lancar melalui rekomendasi AI, sementara peritel meningkatkan produktivitas karyawan, membantu mengurangi penipuan, dan mengembangkan bisnis mereka.

2. Keuangan

ERP modern meningkatkan profitabilitas sekaligus mendorong kepatuhan. ERP ini menawarkan dasbor dan wawasan berbasis AI yang memberikan gambaran umum tentang keuangan Anda untuk membantu Anda memanfaatkan informasi waktu nyata kapan saja dan di mana saja. ERP juga dapat mengurangi proses memasukkan informasi secara manual dengan mengotomatiskan tugas-tugas harian dan menyertakan kemampuan pelacakan yang membantu kepatuhan terhadap peraturan bisnis Anda.

3. Sumber daya manusia

Solusi modern menawarkan cara untuk mengelola data perusahaan dan menyederhanakan tugas-tugas manajemen karyawan seperti penggajian, perekrutan, dan tugas-tugas lainnya. Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk membantu mempertahankan, merekrut, dan memberdayakan karyawan serta melacak kinerja karyawan dan membantu Anda mengidentifikasi masalah SDM sebelum terjadi.

4. Manufaktur

Kemampuan ERP ini meningkatkan komunikasi bisnis, mengotomatiskan proses harian melalui otomatisasi proses robotik, dan menawarkan kemampuan kepada produsen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mengelola sumber daya dengan mengakses data real-time. ERP ini juga mengoptimalkan manajemen proyek, manajemen biaya, dan perencanaan produksi.

5. Rantai pasokan

Jika perusahaan Anda masih memasukkan informasi secara manual dan mencoba melacak inventaris di gudang, Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan mengotomatiskan proses ini dengan ERP. Solusi rantai pasokan modern juga menawarkan dasbor, intelijen bisnis, dan bahkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk membantu Anda mengendalikan manajemen inventaris.

Tiga tanda bahwa Anda membutuhkan perangkat lunak ERP

Jika Anda membaca artikel ini dan sedang berjuang dengan sistem lama Anda, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ini waktu yang tepat untuk melakukan perubahan. Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda membutuhkan perangkat lunak ERP baru:

  • Dasar-dasarnya tidak memungkinkan Anda untuk berkembang: Mungkin Anda telah bekerja dengan baik dengan perangkat dasar, tetapi jika perangkat lunak Anda saat ini membatasi ekspansi pasar dan kemampuan Anda untuk tumbuh dalam skala global, mungkin sudah waktunya untuk sistem ERP yang lebih baik yang cukup fleksibel untuk memungkinkan pertumbuhan.
  • Anda berurusan dengan sistem yang berbeda: Seiring perubahan teknologi, Anda menyadari bahwa sistem Anda yang berbeda tidak dapat bekerja sama dengan baik. Anda mungkin menyadari bahwa perangkat lunak akuntansi baru Anda tidak kompatibel dengan sistem HR lama Anda, dan Anda lelah membuang-buang waktu dan sumber daya untuk mencoba menyatukan solusi.
  • Anda tidak dapat memenuhi harapan pelanggan: Jika staf dan pelanggan Anda mobile dan sistem Anda tidak mengakomodasi mereka, inilah saatnya untuk berinvestasi pada sistem yang memenuhi kebutuhan semua orang. Memberikan staf Anda alat yang mereka butuhkan untuk sukses dan berinvestasi dalam memenuhi harapan pelanggan dapat membantu Anda mempertahankan keunggulan kompetitif Anda.

TIPS: Jika Anda atau staf Anda meminta sistem baru dan ada penolakan terhadap perubahan ERP, jadwalkan demo agar semua orang dapat melihat apa yang ada di luar sana. Ketika semua orang merasa dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan, hal ini akan membuat implementasi menjadi lebih mudah.

Tiga tantangan implementasi ERP untuk bisnis

Terlepas dari semua pilihan yang ada, beberapa perusahaan masih ragu-ragu untuk mengimplementasikan ERP. Mungkin ada banyak alasan mengapa, tetapi di mana ada tantangan, di situ ada solusi.

1. Memilih solusi ERP yang tepat

Anda tidak perlu menemukan solusi perangkat lunak yang sempurna untuk memperbaiki semuanya. ERP harus dapat mengambil yang terbaik dari proses bisnis yang Anda gunakan saat ini dan menyatukannya dalam satu sistem yang memungkinkan semua orang di organisasi Anda untuk melihat informasi yang sama. Inilah sebabnya mengapa memilih mitra teknologi yang tepat itu penting.

2. Biaya sistem ERP yang terjangkau

Sebuah solusi tidak harus berupa implementasi yang lengkap. Modul solusi perangkat lunak dapat dibeli secara terpisah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini akan membantu tim Anda untuk lebih mudah masuk ke bagian implementasi ERP, dan ini akan menyelamatkan Anda dari keharusan berinvestasi dalam renovasi perangkat lunak yang besar tanpa mengetahui apakah fungsi-fungsi yang Anda tambahkan akan membuahkan hasil.

3. Mengintegrasikan perangkat lunak ERP baru dengan perangkat lunak yang sudah ada

Seperti yang telah kami sebutkan, solusi ERP yang Anda pilih harus sesuai dengan apa yang Anda gunakan saat ini, namun juga menyertakan fitur-fitur yang dapat membantu pertumbuhan Anda di masa depan. Misalnya, jika perangkat lunak yang Anda miliki sebagian besar menangani sisi keuangan, rantai pasokan, dan manufaktur bisnis Anda, Anda mungkin ingin mencari solusi yang membawa komponen intelijen bisnis yang kuat.

Dynamics 365 membantu tim Anda melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit

Mendorong efisiensi yang lebih tinggi, mengurangi biaya, dan menciptakan bisnis yang sangat terhubung dengan menghubungkan orang, data, dan proses di seluruh organisasi Anda.

Disadur dari: https://dynamics.microsoft.com/