Apa itu E-Learning UMN?

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

03 Mei 2024, 08.20

Sumber: umn.ac.id

Di era dimana teknologi digital mengubah setiap aspek kehidupan kita, tidak terkecuali sektor pendidikan. E-learning, sebuah istilah dan sistem yang tidak pernah terpikirkan atau dianggap futuristik, kini menjadi hal yang normal bagi pengalaman pendidikan kita secara global.

Salah satu universitas terkemuka di Indonesia bernama Universitas Multimedia Nusantara merupakan salah satu kampus yang menggunakan sistem e-learning sebagai bagian dari proses belajar mengajar. Mari pelajari lebih lanjut tentang e-learning UMN dan bagaimana sistem e-learning bermanfaat bagi proses pendidikan.

Apa itu e-learning dan e-learning UMN?

E-learning (pembelajaran elektronik) adalah pendekatan pendidikan dimana perangkat elektronik dan media digital berperan penting dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan. Hanya dalam satu sistem, mahasiswa dapat mengakses sistem yang kaya sumber daya dan berpusat pada mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing universitas.

E-learning di Universitas Multimedia Nusantara mencakup berbagai format, termasuk kursus online, materi online, ruang kelas virtual, dan modul digital interaktif, memfasilitasi pengalaman belajar yang kaya dan beragam.

Seperti diberitakan sebelumnya, e-learning UMN diciptakan untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi. Sebagai kampus berbasis multimedia, UMN menawarkan portal E-Learning UMN dan fasilitas online lainnya seperti Perpustakaan UMN online dan platform pembelajaran ilmu data online, DQLab.

Mahasiswa UMN dapat melaksanakan perkuliahan, menyerahkan tugas dan ujian, serta mengakses materi perkuliahan secara online dengan sistem e-learning UMN. Hingga tulisan ini dibuat, UMN masih terus mengembangkan dan menggunakan sistem e-learning sebagai bagian dari proses belajar mengajar mahasiswa dan dosen.

Manfaat sistem e-learning bagi perguruan tinggi seperti UMN

  • Aksesibilitas dan fleksibilitas

Salah satu keuntungan paling signifikan dari e-learning adalah fleksibilitas yang ditawarkannya. Siswa dapat mengakses materi kursus kapan saja dan di mana saja, yang sangat bermanfaat bagi mereka yang menyeimbangkan studi dengan pekerjaan atau komitmen lainnya. 

Hal ini terutama berlaku untuk kampus seperti UMN, yang juga menawarkan pembelajaran online penuh untuk beberapa programnya. E-learning UMN memberikan fleksibilitas dan menjadikan pendidikan dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas.

  • Peningkatan pengalaman belajar

E-learning menggunakan elemen multimedia seperti video, podcast, dan simulasi interaktif, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan efektif. Alat-alat ini melayani gaya belajar yang berbeda dan dapat membantu retensi informasi yang lebih baik. 

Misalnya, mahasiswa tidak perlu lagi memotret presentasi dosennya di kelas karena dosen dapat dengan mudah memasang slide powerpoint dan catatan apa pun di sistem e-learning.

  • Efektivitas biaya

E-learning adalah alternatif yang hemat biaya dibandingkan pembelajaran tradisional. Bagaimana? Karena segala sesuatu atau sebagian besar hal dilakukan secara online, materi fisik berkurang secara signifikan. Siswa tidak lagi membutuhkan kertas dan pena untuk mengerjakan tugas dan ujian; mereka dapat menggunakan alat online untuk menulis dan mengirimkan karya mereka.

Ditambah lagi, untuk universitas seperti UMN yang menawarkan program online, e-learning UMN membantu mahasiswa meminimalkan biaya perjalanan dan menurunkan biaya yang terkait dengan pemeliharaan lingkungan kelas fisik.

  • Penilaian dan umpan balik berkelanjutan

Dengan e-learning seperti e-learning UMN, penilaian dapat dilakukan lebih sering, dan feedback dapat diberikan hampir secara instan. Umpan balik dan penilaian ini akan secara otomatis disimpan dalam sistem universitas untuk membantu mahasiswa dan dosen mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan melihat kemajuannya.

  • Wawasan berbasis data untuk pendidik dan universitas

Sistem e-learning memberi para pendidik data berharga mengenai keterlibatan dan kinerja siswa. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan metode pengajaran dan menyesuaikan konten untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan lebih baik.

Disadur dari: umn.ac.id