Apa itu Bandwidth? Inilah Penjelasan, Beserta Fungsi dan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 April 2024, 09.19

Sumber: idwebhost.com

Bandwidth merupakan salah satu istilah yang sering kali terdengar dalam konteks internet. Bagi banyak orang, bandwidth seringkali diartikan sebagai kecepatan jaringan internet, yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) seperti Mbps (Megabits per second), Kbps (Kilobits per second), dan lain sebagainya.

Namun, sebenarnya istilah "bandwidth" sendiri memiliki arti yang lebih luas, yakni sebagai lebar pita. Meskipun sering dihubungkan dengan kecepatan internet, secara bahasa, bandwidth sebenarnya tidak merujuk langsung pada kecepatan, melainkan pada kapasitas atau volume suatu jaringan internet untuk menerima dan mengirim data per detik.

Anda bisa membayangkan bandwidth layaknya sebuah pipa yang digunakan untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lain. Pipa tersebut memiliki volume tertentu yang dapat menentukan seberapa cepat air dapat mengalir. Demikian pula dengan bandwidth, semakin besar kapasitas atau volume jaringan internet, semakin cepat pula data dapat ditransfer.

Bandwidth juga dapat diartikan sebagai kuota maksimum dari data yang dapat ditransfer per detik dalam sebuah jaringan internet. Meskipun mirip dengan kecepatan internet, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar. Kecepatan internet merujuk pada tingkat kecepatan transfer data, sementara bandwidth adalah kapasitas atau kuota maksimum yang dapat ditransfer.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki jaringan internet WiFi dengan kecepatan transfer data hingga 10 Mbps, dan ingin mengakses layanan internet di lima perangkat secara bersamaan, maka kecepatan transfer data akan dibagi rata di antara kelima perangkat tersebut. Artinya, masing-masing perangkat dapat mengakses layanan dengan kecepatan sekitar 2 Mbps, sesuai dengan kuota maksimum bandwidth-nya.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bandwidth memiliki beberapa fungsi penting dalam mengatur jaringan internet. Salah satunya adalah sebagai jalur transfer data yang menghubungkan berbagai perangkat untuk menjalankan transfer data. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk membatasi kecepatan transfer data, yang umumnya digunakan oleh administrator atau pemilik koneksi internet untuk menjaga agar kecepatan transfer data tetap optimal.

 

Sumber: tekno.kompas.com