AI Dapat Membantu Memajukan Pendidikan Tinggi: Pelayanan

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

09 Mei 2024, 09.45

Sumber: img.antaranews.com

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Jakarta, Kamis, menyatakan perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dapat mendukung kemajuan pendidikan di tingkat universitas.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian, Abdul Haris, mengatakan pengembangan AI di perguruan tinggi akan memberikan kemudahan belajar bagi mahasiswa dan menawarkan solusi terhadap tantangan pembelajaran.

“Kami berharap jenjang pendidikan tinggi dapat didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi yang dapat memberikan solusi dan kemudahan bagi mahasiswa untuk belajar lebih baik,” ujarnya pada acara “Leading Effective Integration of GenAI in Higher Education”.

Perguruan tinggi kini dituntut untuk melakukan transformasi digital pada sistem pembelajarannya agar tidak lagi menggunakan model tradisional, melainkan beralih ke pendidikan berbasis digital, jelasnya.

Haris menuturkan, AI saat ini banyak digunakan dalam dunia pendidikan, misalnya sumber daya belajar mengajar dapat dihasilkan oleh AI dan evaluasi atau penilaian dapat dilakukan dengan menggunakan AI.

Hal ini juga dapat membantu dosen dalam pekerjaan administrasinya, ujarnya. Banyak sekali manfaatnya. Kalau penelitian Mendeley. Paling sederhana tapi bermanfaat, imbuhnya. Teknologi AI lainnya adalah ChatGPT, yang bekerja dalam format percakapan.

Siswa biasanya mengajukan pertanyaan kepada gurunya di kelas, namun kini, mereka dapat mengajukan pertanyaan ChatGPT dan mendapatkan jawaban cepat. “Pemanfaatannya harus kita awasi agar tidak merugikan. Kalau tidak (dikendalikan) banyak kerugiannya, saya kira ini harus kita atur,” imbuhnya. 

Disadur dari: img.antaranews.com