9 Perusahaan Farmasi Indonesia yang Terdaftar Di BEI, Apa Saja?

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

19 Februari 2024, 07.54

snips.stockbit.com

Bernas.id - Sebagian masyarakat pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah apotek, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang kesehatan. Perusahaan farmasi adalah perusahaan yang memproduksi obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Perusahaan farmasi ini ternyata sebagian sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan tentunya bisa dijadikan peluang investasi. Apalagi, industri farmasi saat ini sedang bangkit karena pandemi Covid-19 yang belum mereda dan membutuhkan kontribusi perusahaan farmasi.

Bagi investor, pilihan investasi terbaik adalah dengan mencari rekomendasi perusahaan yang sangat sukses dan memberikan imbal hasil yang menjanjikan. Dengan memperhatikan perkembangan industri kesehatan saat ini, berikut adalah daftar perusahaan farmasi Indonesia yang terdaftar di BEI:

1. PT. Merck Indonesia Tbk

Perusahaan farmasi ini mempunyai kinerja yang baik dengan laporan keuangan tahunannya yang baik. Arus keluar masuk uangnya juga terpantau dengan baik dan lancar.

2. PT. Kalbe Farma Tbk

Perusahaan farmasi yang ini sudah memproduksi obat-obatan semenjak tahun 1990. Sementara itu, nilai saham perusahaan ini juga cukup tinggi, jadi dapat menarik minat investor untuk berinvestasi.

3. PT. Tempo Scan Pacific Tbk

Industri yang bergerak dibidang farmasi ini telah mampu merujudkan keuntungan bersih dalam total yang besar. Hal tersebut disebabkan kinerja yang dilaksanakan selama kegiatan operasi penilaiannya sangatlah baik.

4. PT. Darya Varia Laboratoria Tbk

Perusahan farmasi inipun terdaftar ke dalam jajaran emiten farmasi di BEI dan bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat untuk berinvestasi dengan nilai yang standar.

5. PT. Indofarma (Persero) Tbk

Perusahaan yang bergerak dibidang farmasi semenjak tahun 2001 ini mempunyai nilai saham yang rendah di awal. Namun, kini nilai sahamnya kian mengalami peningkatan dengan baik.

6. PT. Kimia Farma (Perseroan) Tbk

Perusahaan farmasi yang ini cukup populer dikalangan masyarakat. Berdiri semenjak tahun 2001, perusahaan ini mempunyai peminat investor yang tinggi meskipun harganya cukup berkelas.

7. PT. Pyridam Farma Tbk

Perusahaan farmasi inipun dapat menjadi pilihan yang tepat dalam berinvestasi saham dengan baik dan tepat.

8. PT. Muncul Tbk

Perusahaan farmasi yang memproduksi obat-obatan ini sudah populer hingga mancanegara. Maka dari itu, nilai sahamnya juga sudah tak perlu diragukan lagi an sudah pasti mendapatkan keuntungan yang tinggi.

9. PT. Pharos Tbk

Perusahaan yang farmasi ini menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam berinvestasi saham. Selain itu, perusahaan inipun memproduksi obat-obatan yang nantinya akan sangat diperlukan di masa mendatang.


Perbedaan Perusahaan Swasta dan BUMN

Ternyata ada perusahaan farmasi yang tergolong BUMN. Apa perbedaan antara tercatat di BEI dan BUMN? Berikut penjelasannya.

1. Perkembangan keuangan

Kinerja perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI transparan. Sebab, kinerjanya sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Pada saat yang sama, kegiatan BUMN bersifat transparan, namun terbatas, karena banyak hal yang merupakan dokumen penting dan rahasia.

2. Penawaran

Perusahaan yang terdaftar di BEI lebih terbuka dalam penawarannya yaitu. tercatat di bursa efek. Pada saat yang sama, aset negara ini terbatas.

3. Tingkat harga saham

Perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI memiliki harga saham yang sedikit lebih tinggi. Pada saat yang sama, nilai negara tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan nilai BEI.

4. Nilai Perusahaan

Perusahaan farmasi yang terdaftar di BEI dapat mempunyai laba yang tinggi jika diimbangi dengan laba yang baik. Pada saat yang sama, perusahaan farmasi milik negara memperoleh keuntungan biasa yang sama, meskipun keuntungannya lebih baik.

Kesimpulan

Tidak semua perusahaan farmasi di Indonesia terdaftar di BEI. Selain itu, daftar negara juga mencakup perusahaan. Keduanya juga memiliki standar nilai masing-masing, juga dalam kategori investasi ekuitas. Diharapkan perusahaan farmasi Indonesia dapat terus memberikan hasil produk obat terbaik dan menghasilkan keuntungan yang dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Disadur dari:https://www.bernas.id/2021/06/11150/80307-inilah-9-perusahaan-farmasi-indonesia-yang-terdaftar-di-bei/