5 Profesi di Bidang Teknik Ketenagalistrikan

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

27 Mei 2024, 09.54

Sumber: kumparan.com

Profesi di bidang teknik ketenagalistrikan ada bermacam-macam. Peran mereka antara lain adalah merancang, memasang, dan menginspeksi instalasi listrik.

Bidang tersebut berperan juga untuk mengembangkan perangkat yang terkait dengan komponen elektronika. Kemampuan yang baik dibutuhkan oleh profesi ini karena harus memperhatikan keamanan, dan ketepatan dalam bekerja.

Mengenal profesi di bidang teknik ketenagalistrikan

Ilustrasi Profesi di bidang teknik ketenagalistrikan. Sumber: Pexels/Blaz Erzetic

Ilustrasi Profesi di bidang teknik ketenagalistrikan. Sumber: Pexels/Blaz Erzetic

Listrik sudah tidak asing lagi di zaman saat ini. Setiap kebutuhan dan pekerjaan manusia hampir semua membutuhkannya. Oleh sebab itu, profesi di bidang teknik ketenagalistrikan sangat dibutuhkan hingga saat ini.

Pada pendidikan tingkat SMK, terdapat program keahlian teknik ketenagalistrikan. Kemampuan teori dan latihan digunakan untuk melatih peserta didik agar siap kerja.

Secara teori, sebaiknya mengenal tentang listrik terlebih dahulu. Menurut buku Dasar Teknik Listrik, Hantje Ponto (2018), listrik adalah suatu fenomena fisika yang berhubungan dengan muatan listrik yang ada pada suatu material (bahan).

Berikut beberapa profesi di bidang teknik ketenagalistrikan yang harus diketahui.

1. Control Engineer

Profesi control engineer bertugas dalam pengerjaan proyek yang berkaitan dengan sistem kendali. Tujuannya untuk menghasilkan output sesuai keinginan.

2. Teknisi Listrik

Profesi ini bertanggung jawab pada urusan kelistrikan di suatu perusahaan. Teknisi listrik diwajibkan memiliki kemampuan dalam memperbaiki masalah kelistrikan dari mesin produksi atau peralatan lainnya yang ada demi kelancaran operasional perusahaan.

3. Operator Produksi

Perusahaan industri membutuhkan profesi di bidang teknik ketenagalistrikan sebagai operator produksi. Pekerjaannya berkaitan dengan kegiatan produksi setiap hari yang berkaitan dengan mesin produksi.

4. Teknisi Service

Peranan teknisi service adalah memperbaiki bermacam perangkat elektronik. Mulai dari AC, mesin cuci, televisi, dan lain sebagainya. Profesi ini dapat dijadikan salah satu bidang usaha juga.

5. Teknisi Fire Alarm

Profesi ini berkaitan dengan perawatan dan perbaikan sistem fire alarm dan hydran. Umumnya tugas yang dilakukan dalam pekerjaan ini meliputi penanganan trouble shooting pada fire alarm dan hydrant

Itulah beberapa profesi di bidang teknik ketenagalistrikan yang dapat menjadi referensi untuk para lulusan teknik listrik. Profesi ini membutuhkan kemampuan khusus yang berkaitan dengan keamanan ketika berhubungan dengan arus listrik. (DVA)

Sumber: https://kumparan.com/