5 Aspek Pemasaran Untuk Menunjang Kesuksesan Perusahaan

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

01 Februari 2023, 13.04

Sumber : Pngtree

Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran  digunakan untuk bisa mengembangkan usaha yang ada dan ditinjau dari sisi pemasaran. Mereka yang mengetahui atau menjalankan tugas sebagai manajer pemasaran harus bisa mengetahui berbagai aspek pemasaran ini agar bisa memperlancar performanya.

5 Aspek Pemasaran Untuk Menunjang Kesuksesan Perusahaan

1. Spesifikasi Produk dan Perbedaan Produk

Penentuan dalam spesifikasi produk ini bisa diperhatikan dari kondisi pasar yang ada dengan melakukan analisis pada aspek pemasaran lainnya. Pengertian pasar dalam hal ini adalah sekelompok calon pembeli produk dan brand. Jadi, akan ada keterkaitan yang erat antara pasar dan produk yang ditawarkan oleh penjual atau perusahaan. 

Chamberlin menjelaskan bahwa kelompok barang yang dijual harus berbeda bila terdapat beberapa faktor penting yang mampu membedakan suatu barang dari penjual barang lainnya. Berbagai faktor ini sangat penting karena nantinya akan menimbulkan selera yang berbeda pada tiap pembeli.

Hal ini mendorong perusahaan untuk membuat suatu produk yang berbeda dibanding kompetitornya untuk menunjang pemilihan produk oleh konsumen. 

2. Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar dalam hal ini adalah kegiatan mengkategorikan pasar yang memiliki sifat heterogen dari suatu produk ke dalam berbagai satuan pasar yang sifatnya homogen. Perusahaan dapat membagi pasar ke dalam beberapa segmen tertentu yang mana pada tiap segmen tersebut memiliki sifat homogen. Hal tersebut tentunya dikarenakan dalam kenyataannya masih terdapat beberapa produk yang mempunyai sifat heterogen di semua pasar, atau produk tersebut memang hanya dibutuhkan oleh beberapa kelompok pasar tertentu saja.

3. Analisa Pasar dan Permintaan Pasar

Analisa aspek pemasaran dalam hal ini mencakup analisa pasar. Analisa pasar adalah salah satu langkah yang harus dilakukan dalam merencanakan strategi yang sesuai dengan kondisi pasar guna menangkap peluang apa saja yang ada dan lebih mengembangkan usaha.

4. Analisa Kompetitor

Kompetitor adalah perusahaan lain yang memproduksi atau memasarkan barang atau jasa yang mempunyai kesamaan dengan produk yang Anda tawarkan. Analisa kompetitor ini harus dilakukan dengan melakukan identifikasi pada kesempatan yang ada, ancaman, ataupun persoalan strategis lain yang bisa muncul dari pergantian suasana bersaing yang lebih potensial.

5. Promosi

Promosi adalah suatu bagian yang sangat vital di dalam aspek pemasaran, yang mana dengan adanya promosi maka penjual bisa memberikan informasi yang luas terkait produk, memberikan pengaruh dan melakukan suatu tindakan yang persuasif terhadap konsumen, serta mendekati konsumen pada produk yang ditawarkan oleh penjual.

Sumber : accurate.id