17 Pekerjaan yang Membutuhkan Gelar Sarjana Teknik Komputer

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 07.45

Sumber: pinterest

Teknik komputer mengacu pada pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk komputer fungsional. Jika Anda memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah serta minat dalam pemrograman atau pengkodean, Anda bisa mendapatkan gelar di bidang teknik komputer. Dengan mengejar karier di bidang teknik komputer, Anda mempelajari teknologi kritis, keterampilan analitis dan komunikasi yang dapat Anda transfer ke pekerjaan berbasis teknologi lainnya.
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa pekerjaan bergaji tinggi yang membutuhkan gelar teknik komputer.

17 pekerjaan dengan gelar teknik komputer

Insinyur komputer memiliki beberapa pilihan karier. Mereka dapat bekerja dalam pengembangan perangkat keras, pengembangan perangkat lunak atau memilih untuk bekerja dalam perpaduan antara pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Berikut ini adalah beberapa posisi teknik komputer yang paling umum.

1. Programmer multimedia

Gaji rata-rata nasional: Rp1,266,426,880 per tahun
Tugas utama: Programmer multimedia adalah insinyur perangkat lunak spesialis yang bekerja dengan berbagai fitur multimedia-seperti video, animasi, pemodelan dua dimensi dan tiga dimensi, fotografi digital, grafik, suara, dan teks-untuk menciptakan produk inovatif. Mereka sering bekerja dengan desainer multimedia dan spesialis kreatif lainnya, seperti pemodel tiga dimensi, produser video, dan animator, untuk memahami konsep desain dan memberikan saran tentang bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan secara teknis dalam batasan-batasan yang ada. Mereka juga menulis skrip atau kode komputer yang efisien untuk membuat berbagai fitur berfungsi, memastikan bahwa pengaturan waktu, animasi, grafik, dan suara berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Spesialis dukungan teknis

Gaji rata-rata nasional: Rp887,507.20 per tahun
Tugas utama: Seorang spesialis dukungan teknis bekerja dengan pengguna akhir untuk memberikan bantuan dan dukungan teknis untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan masalah teknis. Beberapa masalah umum yang mereka selesaikan termasuk ketidakmampuan mengakses data, kinerja yang lambat, perangkat lunak yang tidak efisien, dan masalah koneksi. Tugas lain yang dilakukan oleh spesialis dukungan teknis termasuk mengirimkan dokumentasi teknis kepada pengguna akhir dan pelanggan, merujuk kasus-kasus kompleks kepada analis senior atau teknisi dukungan dan mengambil alih komputer klien untuk memecahkan masalah dari jarak jauh.

3. Pengembang web

Gaji rata-rata nasional: Rp1,257,086.40per tahun
Tugas utama: Seorang pengembang web mendesain dan mengembangkan situs web dan aplikasi situs web. Dengan menggunakan berbagai teknologi web dan bahasa pemrograman, seorang pengembang web mengintegrasikan langkah-langkah keamanan, mengimplementasikan fitur aplikasi, dan mengelola fungsionalitas situs. Tugas lain yang dilakukan oleh pengembang web termasuk membangun tata letak situs web, mengembangkan desain yang ramah pengguna dan halaman beranda yang menarik secara visual, menulis konten untuk situs web, dan bertemu dengan klien untuk mendiskusikan persyaratan mereka untuk situs web.

4. Analis komputer forensik

Gaji rata-rata nasional: Rp1,325,394,720 per tahun
Tugas utama: Seorang analis komputer forensik menggunakan berbagai perangkat lunak khusus dan teknik lain untuk menganalisis, mengambil, dan mengamankan data yang terkait dengan berbagai aktivitas kriminal, seperti intrusi jaringan, peretasan, penipuan online, dan penipuan. Mereka juga mengamankan perangkat atau sistem agar tidak dapat dirusak, menggunakan berbagai perangkat lunak atau alat forensik untuk mengekstrak dan menganalisis data, serta menangani gambar atau data yang bersifat rahasia atau sangat sensitif. Tugas lain yang dilakukan analis komputer forensik termasuk menulis laporan teknis berdasarkan temuan mereka dan memberikan kesaksian di pengadilan sebagai saksi ahli.

5. Pemrogram komputer

Gaji rata-rata nasional: Rp1,108,899,200 per tahun
Tugas utama: Seorang programmer komputer bertanggung jawab untuk membuat kode untuk sistem operasi dan aplikasi perangkat lunak. Setelah pengembang perangkat lunak mendesain program komputer, programmer menulis kode yang mengubah desain tersebut menjadi serangkaian instruksi yang dapat diikuti oleh sistem operasi komputer. Pemrogram memeriksa program untuk mencari kesalahan dan kemudian menulis ulang sampai bebas dari kesalahan. Mereka terus meninjau program yang sedang digunakan, membuat penyesuaian dan pembaruan seperlunya. Tugas lain dari seorang programmer komputer termasuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang baru, membuat dan mempublikasikan diagram teknis untuk mendukung upaya pengkodean dan mengintegrasikan fungsionalitas baru ke dalam perangkat lunak yang ada.

6. Konsultan TI

Gaji rata-rata nasional: Rp1,295,886,560 per tahun
Tugas utama: Seorang konsultan IT bekerja dalam kemitraan dengan klien, membantu mereka memanfaatkan teknologi informasi untuk mengatasi masalah atau mencapai tujuan bisnis mereka. Mereka sering bekerja untuk meningkatkan efisiensi dan struktur sistem TI di berbagai organisasi. Mereka juga memberikan panduan strategis kepada klien mengenai infrastruktur dan teknologi TI serta merampingkan proses bisnis utama melalui peningkatan TI. Tugas lain yang dilakukan oleh konsultan TI termasuk memberikan keahlian teknis dan bimbingan selama proses lainnya, seperti pengadaan dan seleksi serta umpan balik dan pelatihan pengguna, dan bertemu dengan klien untuk menentukan persyaratan.

7. Pengembang game

Gaji rata-rata nasional: Rp1,531,483.20 per tahun
Tugas utama: Seorang pengembang game bertanggung jawab untuk mengawasi proses pengembangan video game. Mereka dapat mendesain game atau menggunakan desain yang sudah diimplementasikan dan menulis coding yang menghidupkan karakter game, lingkungan, dan elemen lainnya. Mereka juga membuat rencana dari berbagai level permainan dan bagaimana gamer akan melewatinya. Tugas lain yang dilakukan oleh seorang pengembang game termasuk menemukan solusi untuk meningkatkan jalur pengembangan game, menguji sistem game yang ada, memperbaiki bug, dan berkolaborasi dengan desainer, artis, dan pengembang lainnya.

8. Insinyur industri

Gaji rata-rata nasional: Rp1,305,986,560 per tahun
Tugas utama: Seorang insinyur industri bertanggung jawab untuk menemukan cara menghilangkan pemborosan dalam proses manufaktur. Mereka menemukan cara-cara yang efisien untuk menggunakan informasi, material, mesin, pekerja, dan energi untuk menyediakan layanan atau membuat produk. Mereka juga mengembangkan sistem kontrol manajemen untuk membuat analisis biaya dan perencanaan keuangan menjadi lebih efisien. Tugas lain dari seorang insinyur industri termasuk menerapkan prosedur kontrol kualitas untuk meminimalkan biaya atau menyelesaikan masalah produksi, bekerja dengan manajemen dan pelanggan untuk mengembangkan standar untuk produksi dan merancang dan mendesain sistem kontrol untuk mengoordinasikan perencanaan produksi untuk memastikan bahwa produk perusahaan memenuhi standar kualitas.

9. Insinyur mekanik

Gaji rata-rata nasional: Rp1,445,091,840 per tahun
Tugas utama: Seorang insinyur mesin merancang, mengembangkan, dan menguji perangkat mekanik dan termal. Layanan mereka sangat beragam dan biasanya terkait dengan semua fase proses perencanaan dan implementasi. Beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang insinyur mesin termasuk mempelajari berbagai masalah dan menentukan bagaimana perangkat termal dan mekanik dapat bertindak sebagai solusi untuk masalah tersebut, memeriksa kerusakan peralatan dan merekomendasikan solusi serta mengawasi seluruh proses pembuatan perangkat mekanik dan termal, dari perencanaan awal hingga fungsionalitas penuh.

10. Analis sistem komputer

Gaji rata-rata nasional: Rp1,291,038,560 per tahun
Tugas utama: Seorang analis sistem komputer membantu perusahaan atau organisasi menggunakan teknologi komputer secara efisien dan efektif. Mereka mengintegrasikan solusi baru ke dalam sistem saat ini setelah melakukan analisis biaya-manfaat untuk mengetahui apakah solusi tersebut sehat secara finansial dan akan melayani perusahaan atau organisasi dengan baik. Mereka juga meneliti perangkat lunak dan perangkat keras yang menjadi bagian dari sistem komputer perusahaan, selain bagaimana sistem tersebut digunakan. Tugas lain yang dilakukan analis sistem komputer termasuk melatih pengguna akhir dan membuat instruksi manual untuk digunakan oleh pelanggan atau karyawan.

11. Insinyur listrik

Gaji rata-rata nasional: Rp1,537,123,040 per tahun
Tugas utama: Seorang insinyur listrik mempertimbangkan praktik dan prinsip-prinsip teknik untuk merancang dan mengembangkan peralatan listrik, termasuk peralatan yang digunakan di pesawat terbang, mobil, sistem navigasi, radar, motor, sistem komunikasi, dan pembangkit listrik. Mereka juga mengawasi pembuatan peralatan dan melakukan pengujian untuk memastikan peralatan tersebut berfungsi dengan baik. Tugas lain dari seorang insinyur listrik termasuk menilai produk, aplikasi, dan komponen listrik untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kode dan standar tertentu, melakukan pengujian kinerja, kepatuhan, dan keandalan, serta membantu pemecahan masalah proses dan peralatan.

12. Administrator basis data

Gaji rata-rata nasional: Rp1,527,766.40 per tahun
Tugas utama: Administrator basis data, sering disebut DBA, bekerja dengan teknologi, menggunakan jenis aplikasi khusus untuk menyimpan dan mengatur data perusahaan, seperti catatan pengiriman pelanggan, data penggajian, dan nomor keuangan rahasia. Mereka memastikan bahwa data tersedia bagi pengguna dan data tersebut tetap aman dari kerusakan atau kehilangan yang tidak disengaja dan akses yang tidak sah. Tugas lain yang dilakukan administrator database termasuk memastikan bahwa prosedur pengarsipan dan penyimpanan berfungsi dengan benar, menjaga standar data, termasuk kepatuhan terhadap undang-undang privasi data, dan memastikan aksesibilitas front-end untuk pengguna akhir dan organisasi back-end data.

13. Manajer sistem informasi

Gaji rata-rata nasional: Rp1,554,155,680 per tahun
Tugas utama: Manajer sistem informasi bertanggung jawab untuk mengawasi sistem komputer perusahaan. Mereka meneliti dan memasang jaringan dan sistem baru serta menilai fungsionalitas sistem dan kebutuhan pengguna. Mereka juga mengimplementasikan teknologi yang mengarahkan pekerjaan analis bisnis dan sistem, spesialis pendukung, pengembang, dan pekerja terkait komputer lainnya. Tugas lain yang dilakukan oleh manajer sistem informasi termasuk menjadwalkan peningkatan dan pencadangan keamanan sistem perangkat lunak dan perangkat keras, memastikan bahwa pengguna mematuhi undang-undang lisensi perangkat lunak dan mengelola krisis seperti masalah perangkat lunak dan perangkat keras teknis yang kompleks.

14. Analis keamanan informasi

Gaji rata-rata nasional: Rp1,461,268,000 per tahun
Tugas utama: Seorang analis keamanan informasi bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan kerahasiaan dan keamanan data digital untuk sebuah perusahaan atau organisasi. Mereka melindungi informasi perusahaan dari malware, virus, serangan siber, dan peretas. Mereka juga melindungi sistem dan jaringan komputer dan mencegah penjahat siber mencuri data penting, serta menjaga agar perlindungan firewall sistem selalu diperbarui. Tugas lain yang dilakukan analis keamanan informasi termasuk menyelidiki pelanggaran keamanan, mengedukasi klien dan karyawan tentang prosedur keamanan, serta membuat rencana untuk keadaan darurat dan cara menyimpan, melindungi, atau memulihkan data jika terjadi bencana alam atau pemadaman listrik.

15. Pengembang perangkat lunak

Gaji rata-rata nasional: Rp1,759,824 per tahun
Tugas utama: Seorang pengembang perangkat lunak menciptakan berbagai jenis perangkat lunak untuk berbagai aplikasi. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk membuat diagram alir dan model yang memberi tahu pemrogram komputer cara membuat kode untuk perangkat lunak. Mereka terlibat dalam semua aspek pengembangan perangkat lunak, termasuk merancang, membangun, memelihara, dan menguji perangkat lunak. Tugas lain yang dilakukan pengembang perangkat lunak termasuk bekerja sama dengan pemrogram, menilai sistem perangkat lunak yang ada dan yang baru, serta berkonsultasi dengan klien atau manajer proyek tentang kemajuan pengembangan perangkat lunak untuk menilai kemungkinan persyaratan, perbaikan, atau saran.

16. Ilmuwan data

Gaji rata-rata nasional: Rp1,929,180,800 per tahun
Tugas utama: Seorang ilmuwan data menganalisis data mentah dan mensintesisnya menjadi hasil yang dapat dengan mudah dipahami. Mereka menggunakan keahlian mereka dalam pembelajaran mesin, statistik, dan pemrograman untuk menganalisis data dan menggunakannya untuk mendapatkan wawasan dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Mereka dapat bekerja di perusahaan media sosial dan menganalisis data pengguna untuk memahami perilaku dan menyarankan konten yang akan dinikmati pengguna. Mereka juga dapat bekerja di bidang politik dan membuat perkiraan tentang hasil pemilu. Tugas lain yang dilakukan oleh seorang ilmuwan data termasuk memahami model yang paling sesuai dengan data yang mereka analisis dan menggunakan data mentah dan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi solusi.

17. Insinyur perangkat lunak

Gaji rata-rata nasional: Rp1,883,932.80 per tahun
Tugas utama: Seorang insinyur firmware mengembangkan dan mengimplementasikan perangkat lunak untuk sistem dan aplikasi khusus industri. Mereka merencanakan, meningkatkan, dan mengelola aplikasi perangkat lunak dari awal hingga digunakan, termasuk mengalokasikan sumber daya untuk menyelesaikan proyek pemrograman dan membuat rencana terperinci untuk memastikan bahwa firmware berfungsi dengan baik. Tugas lain yang dilakukan insinyur firmware termasuk menyiapkan dan membuat naskah instruksional untuk pengoperasian firmware, mengevaluasi kinerja sistem, memecahkan masalah, memvalidasi sistem untuk memeriksa fungsionalitasnya, dan memastikan sistem berjalan dan beroperasi dengan lancar.

Disadur dari: https://www.indeed.com/