12 Pilihan Karier Teratas Setelah Teknik Komputer di Tahun 2024

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 08.09

Sumber: pinterest

Ilmu Komputer adalah bidang yang luas dengan berbagai kelompok karir yang memungkinkan. Meskipun dengan begitu banyak kemungkinan, muncul kebingungan untuk memilih jalur tertentu untuk dipelajari dan dikerjakan. Meskipun benar untuk mempertimbangkan menguasai hanya satu subjek tertentu yang diminati dalam Ilmu Komputer, penting untuk mempelajari semua dasar-dasar yang terkait dengan subjek lain untuk benar-benar menerapkan dan menggunakan subjek yang diminati tersebut. Misalnya, untuk menulis skrip sisi server, kita tidak hanya berurusan dengan elemen Frontend dan mengirimkannya, tetapi juga harus mengetahui cara mengakses data dari database dan/atau menggunakan permintaan HTTP untuk mengambil informasi/keluaran dari API. Jadi, untuk menggunakan database dan mengambil data dari API, kita perlu mengetahui konsep dasar dan aplikasi keduanya. Dimulai dengan ideologi seperti itu, muncul pertanyaan yang dimiliki setiap siswa selama akhir masa studi sarjana: “Apa yang harus saya kejar sebagai karier di masa depan?” 

Oleh karena itu, di sini kami memiliki 12 Pilihan Karir setelah Anda menyelesaikan studi Teknik Komputer Anda:

  • Pengembang Perangkat Lunak
  • Pengembang Perangkat Lunak Full Stack
  • Analis Data
  • Ilmuwan Data
  • Administrator Basis Data
  • Spesialis Keamanan Siber
  • Insinyur Data
  • Insinyur Pembelajaran Mesin
  • Arsitek Jaringan Komputer
  • Administrator Sistem
  • Insinyur QA / Uji Otomasi
  • Pengembang Game

Pengembang perangkat lunak

Pengembangan perangkat lunak: Sebagian besar siswa masuk ke jurusan Teknik dengan impian untuk mengejar profil ini. Karena ini adalah salah satu pilihan karier terbaik, ini juga merupakan pekerjaan yang sangat umum namun sangat penting. Pekerjaan ini mencakup merancang, membuat, menguji, dan mengelola pengembangan aplikasi perangkat lunak yang berbeda. Ada berbagai posisi dalam profil pekerjaan ini dan sesuai dengan posisinya, seseorang harus mampu menganalisis, meningkatkan, dan berinovasi dengan teknologi baru yang sedang dikembangkan. Tingkat aplikasi berbeda dari satu domain ke domain lainnya karena profil ini ada di banyak bidang, mulai dari sektor Perbankan, Pemasaran Digital, E-commerce hingga sektor Pertanian. 

Pendapatan rata-rata: Itu terletak di sekitar Rs. 4.5 - Rs. 5 LPA. Ini berkisar antara Rs. 3 - Rs. 7 LPA untuk pemula dan meningkat hingga 10-15 LPA setelah pengalaman bertahun-tahun.

Keterampilan yang dibutuhkan: Seseorang harus terkenal setidaknya untuk satu jalur pengembangan perangkat lunak. Ada begitu banyak bahasa pemrograman dan teknologi untuk mengaitkan pengembangan perangkat lunak, jadi, memilih satu dan mempelajari teknologi pendukungnya adalah yang terbaik.

i] JAVA: Untuk mengembangkan aplikasi tingkat Desktop, alat atau melakukan beberapa pengembangan backend untuk proyek, bahkan untuk pengembangan web. 

ii] C++: Aplikasi yang sebagian besar berkomunikasi dengan OS, teknologi tertanam, IoT, dan pengembangan game.

iii] Python: Scripting di Situs Web yang kompleks, membuat dan menggunakan API, dan/atau mengelola layanan mikro, serta mengembangkan lingkungan untuk ML dan teknologi komputasi tingkat tinggi.

Ini hanyalah inti dari apa yang digunakan dalam industri ini, jadi meneliti apa yang harus diikuti adalah bagian yang penting. Seorang Software Developer harus logis dan pemikir untuk mengimplementasikan kode apa pun.

Pengembang Perangkat Lunak Full Stack

Full Stack Development adalah salah satu karir terpanas setelah Data Science dan AI saat ini. Dari desain frontend persyaratan hingga menghubungkannya dengan Backend dengan pemrograman sisi server dan sisi database, seorang Full Stack Developer harus melakukan semuanya sebagai bagian dari pekerjaannya. Seorang Full Stack Developer harus terampil dalam hampir semua aspek Pengembangan Web mulai dari Desain Grafis hingga membawa Desain ke Pengembangan Frontend yang sebenarnya dan kemudian, menulis skrip dan kode Backend untuk menggunakan Frontend secara efisien dengan tetap mempertahankan prinsip dan aturan penggunaan sumber daya yang berbeda di Backend,

Beberapa aspek Komunikasi Data, Jaringan Komputer, dan Desain Sistem ikut berperan selama Pengembangan Full Stack.

Pendapatan rata-rata: Sekitar Rs. 5.5 - Rs. 6 LPA. Ini berkisar antara Rs. 3 LPA hingga Rs. 10 LPA untuk yang baru dan meningkat hingga 10-15 LPA setelah pengalaman bertahun-tahun.

Keterampilan: 

i] Pengembangan Frontend: HTML, CSS, JS, JQuery, Bootstrap, AJAX, kerangka kerja seperti Angular JS, React, dll.

ii] Pengembangan Backend: JS, PHP, JAVA, Python, kerangka kerja .NET seperti Node.js, J2EE, dll.

iii] Teknologi Basis Data: MySQL, PosgreSQL, OracleDB, MongoDB

iv] Persyaratan lainnya: Desain dan pemeliharaan API

Analis Data

Analisis Data adalah bidang yang sedang naik daun dan telah menarik minat jutaan profesional dan ribuan komunitas untuk berkarir. Analis Data melakukan Penambangan Data, Inspeksi Data, Analisis Data, Pemodelan Prediktif, dan Pembuatan Laporan untuk memastikan keputusan terkait Bisnis dan Teknologi yang baik untuk sebuah perusahaan. Peningkatan saat ini telah menyebabkan banyak perusahaan, dari skala kecil hingga raksasa besar mempekerjakan Analis Data dengan keterampilan yang mendalam untuk mengatasi masalah mereka dan merancang solusi untuk membuat pertumbuhan yang terpuji dalam hal Bisnis dan Teknologi.

Pendapatan rata-rata: Sekitar Rs. 4.5 LPA - 5 LPA. Meskipun berkisar antara Rs. 3 LPA hingga Rs. 10 LPA, sebagian besar perusahaan menawarkan gaji yang sedikit statis berkisar antara Rs. 5 hingga Rs. 8 LPA.

Keterampilan:

i] Keterampilan analitis yang kuat dan kekuatan pengambilan keputusan.

ii] Bahasa Pemrograman Statistik: Python/R.

iii] Pengetahuan Basis Data dan keterampilan SQL yang kuat juga merupakan persyaratan.

Ilmuwan Data

“Analis Data saat ini adalah Ilmuwan Data di masa depan” adalah pepatah yang sering didengar di banyak komunitas Data Science. Alasannya, seorang Data Scientist juga bertanggung jawab atas pekerjaan Data Analyst dalam beberapa hal.

Seorang Data Scientist adalah ahli dalam seni Data Science. Data Scientist lebih peduli dengan menciptakan dan mendapatkan nilai dari wawasan yang dirumuskan oleh Data Analyst. Mereka berkisar pada ideologi penggunaan beberapa sumber daya dalam hal Teknologi dan statistik Bisnis perusahaan dan menghasilkan ide yang berharga untuk membuat Perusahaan lebih menguntungkan dan lebih terpuji dalam hal posisi dan persaingan dalam skenario aktif. Bersamaan dengan tanggung jawab penting ini, Ilmuwan Data juga bertanggung jawab atas budaya pengembangan di mana pun produk Data digunakan. Jadi, mereka adalah segalanya, mulai dari pengembang, pengambil keputusan, hingga pemberdaya perusahaan.

Penghasilan rata-rata: Gaji rata-rata saat ini adalah: Rs. 8 LPA. Ini berkisar dari Rs. 4 LPA hingga Rs. 20 LPA dengan pengalaman bertahun-tahun.

Keterampilan: 

i] Keterampilan Statistik dan Analitik.

ii] Keterampilan Pemrograman dan Pengembangan termasuk pengkodean, pengembangan perangkat lunak, dan desain, DBMS, Jaringan dan Teknologi Cloud.

iii] Proses Rekayasa.

iv] Pengetahuan yang kuat tentang Matematika.

Administrator basis data

Database adalah aset penting bagi perusahaan mana pun dan, untuk mengelolanya, penting untuk memastikan keamanan dan administrasi yang kuat. Administrator Basis Data melakukan pekerjaan penting ini untuk mengelola dan memastikan fungsi dan akses yang tepat ke Basis Data.

Mereka bertanggung jawab atas banyak perspektif seperti Kontrol Kualitas dan Pelaporan dari berbagai bagian Desain Perangkat Lunak yang berhubungan dengan komunikasi dan interpretasi dengan Basis Data.

Pendapatan rata-rata: Sekitar Rs. 5 LPA, berkisar antara Rs. 3 LPA hingga Rs. 10 LPA.

Keterampilan yang dibutuhkan:

Kemampuan untuk menggunakan pemodelan data dan teknik desain basis data, memastikan integritas data yang tepat dan infrastruktur DB yang baik dan aman, pengetahuan tentang ERP dan pelaporan berorientasi bisnis serta menulis kode SQL yang efisien.

Spesialis keamanan Siber

Keamanan Siber berkisar pada aspek yang sangat kompleks dan keterampilan logis. Seorang Spesialis Keamanan Siber adalah seorang profesional yang memeriksa keamanan berbagai jaringan dan aplikasi yang terhubung ke jaringan ini. Seorang siswa perlu mengetahui Jaringan Komputer dan berbagai teknik canggih yang digunakan dalam Keamanan Siber bersama dengan algoritme yang berkembang dari hari ke hari. Pekerjaan ini terdiri dari proses pemikiran dan strategi yang ketat untuk memastikan sudut pandang yang berlawanan dan tindakan apa yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah, ini menggunakan Rekayasa Balik.

Penghasilan rata-rata: Rs. 7 - Rs. 10 LPA. Pendapatan keseluruhan berkisar antara Rs. 7 - Rs. 15 LPA.

Keterampilan yang dibutuhkan: 

i] Keterampilan IT yang kuat.

ii] Kemampuan untuk mengikuti pendekatan forensik.

iii] Kemampuan Analisis dan Pemecahan Masalah yang kuat.

iv] Pengetahuan yang kuat tentang Jaringan dan Keamanan.

Bersamaan dengan semua hal di atas, ada baiknya Anda mendapatkan sertifikasi seperti SSCP, CISSP atau CISM untuk memastikan peluang yang lebih baik.

Insinyur Data

Meskipun Data Science adalah tren yang baru-baru ini melonjak, Data telah ada sejak lama. Untuk memastikan bahwa penyimpanan data, infrastruktur, dan sistem manajemen dipertahankan dengan efisiensi dan skalabilitas. Ini juga merupakan tugas seorang Insinyur Data untuk membuat komponen perangkat lunak dan alat yang akan berguna untuk infrastruktur dalam hal siklus pengembangan serta Bisnis.

Pendapatan rata-rata: Rs. 8 - Rs. 9 LPA. Ini berkisar antara Rs. 4 LPA hingga Rs. 20 LPA.

Keterampilan yang dibutuhkan:

i] Pengetahuan DBMS

ii] Alat Pergudangan Data dan ETL

iii] Pembelajaran Mesin

iv] Pengetahuan tentang Sistem Terdistribusi

v] Berguna dengan bahasa Scripting

vi] Mengenal kerangka kerja Big Data

vii] Teknologi Cloud

Insinyur pembelajaran mesin

Insinyur ML mengkhususkan diri dalam merancang dan membangun sistem cerdas yang digunakan dalam beberapa sistem perangkat lunak serta oleh Bisnis untuk berbagai tujuan. Mereka mengembangkan sistem berbasis ML dan DL, sistem bertenaga AI yang sangat canggih dan memiliki tujuan yang sangat spesifik dan tingkat tinggi. Insinyur Pembelajaran Mesin biasanya tidak berurusan dengan aspek pengembangan tingkat rendah.

Pendapatan rata-rata: Rs. 7 LPA, berkisar antara Rs. 3 LPA hingga Rs. 20 LPA.

Keterampilan yang Dibutuhkan:

i] Matematika yang kuat

ii] Dasar-dasar Ilmu Komputer

iii] Algoritma ML mutakhir, Algoritma berbasis NN

iv] Pemodelan dan Evaluasi Data

v] Kemampuan untuk mengembangkan Sistem ML dan DL yang canggih

Arsitek jaringan komputer

Arsitek Jaringan merancang dan mengimplementasikan sistem komunikasi data dan jaringan. Mereka bertanggung jawab atas keseluruhan infrastruktur jaringan perusahaan serta metodologi komunikasi. Mulai dari menganalisis dan mensimulasikan lalu lintas data saat ini hingga memperkirakan bagaimana jaringan akan berkembang dan apa yang harus digunakan untuk memeliharanya adalah apa yang akan dilakukan oleh Arsitek Jaringan Komputer.

Pendapatan rata-rata: Rs. 15 LPA - Rs. 20 LPA, berkisar antara Rs. 10 LPA hingga Rs. 30 LPA.

Keterampilan yang dibutuhkan: 

1] Pengetahuan yang kuat tentang Jaringan Komputer

2] Dikenal dengan Keamanan Digital

3] Kemampuan untuk merancang dan mengembangkan Jaringan Komputer yang efisien

4] Memelihara server dan teknologi jaringan lainnya di dunia jaringan fisik

Administrator sistem

Administrator Sistem telah ada di Industri TI selama beberapa dekade. Mereka bertanggung jawab atas administrasi dan pemeriksaan Infrastruktur lokal. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan pemeliharaan sistem. Mereka juga harus mengetahui Dokumentasi dan pelatihan Pengguna untuk melatih dan memandu tim Pengembangan Perusahaan untuk menggunakan sistem.

Baru-baru ini, Admin Sistem telah mengalami peningkatan setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi teknologi dalam profil mereka. Dengan demikian, seorang Admin Sistem sekarang harus menguasai DevOps dan kerangka kerja Otomasi untuk mengoperasikan infrastruktur.

Pendapatan rata-rata: Rs. 4 LPA, berkisar antara Rs. 2 LPA hingga Rs. 9 LPA. Meskipun tren saat ini mungkin meningkatkan gaji ini berdasarkan peningkatan keterampilan dengan DevOps untuk posisi yang sama.

Keterampilan yang dibutuhkan:

i] Pengetahuan tentang Sistem Komputer

ii] Ahli dalam Jaringan

iii] Basis data dan layanan Web

iv] Pemecah masalah yang kuat

V] Kerangka Kerja DevOps, Alat Otomasi, mis: Ansible

Insinyur otomasi QA/Pengujian

Baru-baru ini, DevOps telah menjembatani kesenjangan antara Pengembangan Perangkat Lunak dan Operasi TI, memastikan penggabungan yang sangat efisien. SDLC telah berubah menjadi inovatif dan menjadi area fokus utama. Dengan demikian, Insinyur Otomasi QA telah mendapatkan momentum untuk menguji dan mengotomatisasi beberapa komponen SDLC.

Insinyur Otomasi QA memastikan Otomasi dalam proses pengujian agar lebih cepat dan lebih efisien daripada ideologi pengujian manual. Dari pengujian Unit hingga Pengujian Kinerja, insinyur QA mengatur pengujian yang rapi.

Penghasilan rata-rata: Rs. 5 LPA, berkisar antara Rs. 3 LPA hingga Rs. 10 LPA

Keterampilan yang dibutuhkan:

i] Keakraban dengan Java dan VBScript

ii] Keterampilan analitis yang kuat

iii] Pengetahuan tentang protokol perbaikan dan pengujian bug

iv] Keterampilan pemrograman tingkat lanjut seperti sistem Otomasi dan prosesnya.

Pengembang game

Impian setiap remaja adalah bekerja untuk Unity, EA Sports, PUBG Corporation, Rockstar Games, dan SCS Software untuk mengembangkan game favorit mereka secara lebih intuitif. Seseorang dapat menjadi Game Developer dalam kehidupan nyata dengan membangun keterampilan yang relevan. Sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk merancang, menjadi kreatif, dan menghasilkan antarmuka untuk memenuhi persyaratan game dan/atau perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk berbagai macam aplikasi.

Pendapatan rata-rata: Rs. 5 LPA, berkisar antara Rs. 2 LPA hingga Rs. 20 LPA tergantung pada kualitas pengembangan dan senioritas.

Keahlian yang Dibutuhkan:

i] Keterampilan pemrograman yang kuat

ii] Dikenal dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, terutama C ++ adalah sebuah permulaan

iii] Mengenal beberapa Lingkungan Pengembangan / Mesin seperti unity dalam hal konsep dan cara kerja

iv] Sangat terampil dalam hal Grafis dan Animasi

v] Keterampilan logis dan pengambilan keputusan yang kuat

Kesimpulan

Ini adalah pekerjaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat untuk tahun 2021, mereka yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan dengan sertifikasi dapat membuat karir yang sukses di bidang teknologi ini. Kunjungi Great Learning Academy untuk memahami lebih lanjut tentang jalur karier/pekerjaan teknologi yang populer ini dan menyelam lebih dalam. Semoga ini membantu Anda meningkatkan keterampilan dan melangkah lebih maju!

Kesimpulan

Ini adalah Pilihan Karir Teratas setelah Teknik Komputer untuk tahun 2021. Kunjungi Great Learning Academy untuk memahami lebih lanjut tentang jalur karir/pekerjaan teknologi populer ini dan menyelam lebih dalam.

Disadur dari: https://www.mygreatlearning.com/