10 Risiko Konstruksi Umum untuk Kontraktor dan Pemilik

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

22 Juni 2024, 07.39

sumber: procore.com

Konstruksi adalah industri yang sulit dan sering kali tidak stabil, dengan salah satu tingkat kegagalan bisnis tertinggi di antara sektor ekonomi lainnya. Meskipun konstruksi dapat menjadi bisnis yang menguntungkan, namun juga berisiko tinggi. Memprediksi risiko di masa depan, dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampaknya, sangat penting untuk keberhasilan proyek apa pun.

Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkan seluruhnya, mengidentifikasi sumber risiko yang umum adalah langkah pertama untuk meminimalkan kerugian. Di bawah ini, kami akan membahas beberapa risiko konstruksi paling umum yang dapat mengganggu jadwal proyek, mengikis margin keuntungan, dan memicu perselisihan yang mahal dan berkepanjangan.

1. Keterlambatan
Tidak diragukan lagi, penundaan adalah salah satu risiko paling umum dalam konstruksi. Memundurkan tanggal pengiriman pada proyek berdampak pada semua orang yang bekerja. Keterlambatan dapat berasal dari berbagai tempat, termasuk:

  • Manajemen proyek yang buruk
  • Perizinan & inspeksi
  • Gangguan rantai pasokan
  • Perubahan pesanan
  • Kecelakaan
  • Cuaca buruk

Keterlambatan dapat disebabkan oleh aktivitas di setiap tingkat rantai pasokan, baik di kantor pusat maupun di lokasi kerja. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik dan kontraktor umum untuk menetapkan proses komunikasi yang jelas yang mudah digunakan oleh karyawan, subkontraktor, dan vendor. Semakin cepat potensi keterlambatan diidentifikasi dan dikomunikasikan kepada manajer konstruksi, semakin cepat pula mereka dapat mengambil tindakan untuk menghindari atau mengurangi keterlambatan.

2. Kesalahan dokumentasi
Menurut Laporan Sengketa Konstruksi Global Arcadis 2022, penyebab sengketa tertinggi kedua secara global adalah kesalahan dan kelalaian dalam dokumen kontrak. Meningkatnya ukuran dan kompleksitas proyek konstruksi komersial dan publik, dikombinasikan dengan meningkatnya tekanan penghematan biaya untuk mempercepat konstruksi, menciptakan lebih banyak potensi kesalahan dan kelalaian dalam proses prakonstruksi. Kesalahan dalam gambar, spesifikasi, dan koordinasi desain dapat menyebabkan peningkatan biaya modal dan penundaan jadwal.

Risiko yang disebabkan oleh masalah dokumentasi jauh melampaui prakonstruksi. Dalam laporan Arcadis, "klaim yang dirancang dengan buruk atau tidak lengkap dan tidak berdasar" adalah penyebab utama sengketa konstruksi di Amerika Utara pada tahun 2021.

Kontraktor dan anak perusahaan sering kali harus memenuhi tenggat waktu pemberitahuan yang ketat dan persyaratan penyerahan, baik yang ditentukan oleh kontrak atau undang-undang. Kesalahan dokumentasi atau tenggat waktu yang terlewat dapat menunda pembayaran dan bahkan membatalkan hak kontraktor untuk mengajukan klaim.

Risiko kesalahan diperparah dengan banyaknya dokumen yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek, termasuk:

  • Gambar
  • Pengajuan
  • Dokumen kontrak
  • Pemberitahuan
  • Aplikasi pembayaran
  • Pembebasan hak gadai
  • Ubah pesanan
  • dan banyak lainnya

3. Manajemen perubahan
Setiap perubahan material pada kontrak setelah konstruksi dimulai merupakan risiko yang signifikan bagi pemilik, kontraktor, dan pemasok, karena akan memengaruhi waktu, ruang lingkup pekerjaan, material, dan biaya. 

Ketika GC menerima RFI dari pemilik yang mengarahkan mereka untuk melakukan perubahan material pada proyek, hal ini akan memicu serangkaian kejadian di dalam rantai. GC akan menerbitkan RFI untuk setiap subkontraktor yang pekerjaannya terkena dampak. 

Idealnya, setiap subkontraktor akan mengajukan change order yang merinci penyesuaian biaya dan jadwal yang diperlukan, dan menunggu persetujuan pemilik sebelum memulai pekerjaan. Namun di dunia nyata, dalam upaya untuk menghindari atau mengurangi penundaan jadwal, kontraktor sering kali memulai pekerjaan sebelum disetujui. Dalam skenario yang terlalu umum ini, perselisihan pembayaran antara pemilik dan kontraktor merupakan hal yang hampir tak terelakkan. 

Pencegahan risiko seputar manajemen perubahan dimulai selama prakonstruksi. Semakin banyak waktu dan upaya yang dihabiskan untuk menyelidiki kondisi lokasi dan meninjau gambar dan rencana lokasi untuk akurasi, semakin sedikit perubahan yang diperlukan setelah pembangunan dimulai. Selama proyek berlangsung, pemilik dan kontraktor harus mengikuti proses yang jelas dan efisien untuk mengkomunikasikan dan mengelola perubahan, melakukan segala sesuatu yang memungkinkan untuk mengurangi waktu antara RFI dan persetujuan change order. 

4. Wanprestasi subkontraktor
Wanprestasi subkontraktor merupakan risiko serius, terutama pada proyek-proyek kompleks yang membutuhkan banyak kontraktor khusus untuk menyelesaikan bagian pekerjaan khusus. Semakin besar proyek, semakin besar jumlah subkontraktor yang mengerjakannya. Tekanan untuk mempercepat konstruksi sering kali membutuhkan penumpukan perdagangan dan jadwal yang ketat dengan margin kesalahan yang sangat tipis. Ketika subkontraktor gagal memenuhi kontrak atau gagal melaksanakan pekerjaannya, seluruh proyek dapat terpengaruh, terutama jika lingkup pekerjaan mereka berada di jalur kritis.

5. Masalah rantai pasokan
Kekurangan bahan bangunan dan kenaikan harga dapat berdampak pada jadwal, biaya konstruksi, dan margin keuntungan. Sejak pandemi COVID-19 dimulai, rantai pasokan global telah mengalami kemunduran dan gangguan yang hampir terus menerus, dengan dampak yang luas pada konstruksi yang sedang berlangsung.

Harga kayu dan material lainnya menjadi tidak stabil. Namun, banyak kontraktor yang baru-baru ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan pengiriman material yang diperlukan. Masalah rantai pasokan tidak selalu disebabkan oleh pandemi global. Kenaikan biaya dan kekurangan material dapat disebabkan oleh:

  • Masalah pengiriman dan pengangkutan
  • Bencana alam
  • Penutupan bisnis
  • Lonjakan permintaan
  • Harga bahan bakar
  • Resesi ekonomi
  • Pemogokan dan perselisihan tenaga kerja

Banyak kontrak konstruksi menyertakan klausul eskalasi untuk menyeimbangkan risiko antara kontraktor dan pemilik jika terjadi lonjakan harga. Namun, manajer konstruksi dan pemilik perlu terus memantau perkembangan rantai pasokan global untuk memantau risiko kekurangan material. Rantai pasokan yang fleksibel dan terdiversifikasi dengan cepat menjadi penting untuk proyek konstruksi dalam berbagai ukuran.

6. Manajemen proyek yang buruk
Manajemen proyek yang buruk dapat menyebabkan miskomunikasi, penundaan, dan perselisihan. Ketika kontraktor umum atau manajer konstruksi tidak mengetahui dengan jelas apa yang diharapkan atau melakukan penjadwalan yang buruk, waktu dan material dapat terbuang percuma.

Manajemen proyek yang buruk juga dapat menyebabkan efek riak di proyek-proyek lain, sehingga meningkatkan risiko bagi kontraktor khusus. Ketika manajemen proyek yang ceroboh menunda pekerjaan kontraktor khusus, hal ini dapat mengganggu jadwal pekerjaan lain dan membuat koordinasi tenaga kerja dan peralatan menjadi tugas yang mustahil.

7. Kekurangan tenaga kerja
Tenaga kerja menghadirkan risiko konstruksi pada proyek-proyek dalam berbagai ukuran. Menemukan karyawan yang berkualitas dan dapat diandalkan merupakan tantangan yang terus berkembang untuk bisnis di setiap industri. Selalu ada risiko bahwa tenaga kerja yang berbaris untuk sebuah proyek mungkin gagal.

Ketika kontraktor mengerjakan sebuah proyek dan menemukan bahwa mereka tidak memiliki tenaga kerja untuk menyelesaikannya, hal ini dapat memperlambat semua orang dalam pekerjaan. Sekali lagi, hal ini mendorong keluar dari jadwal dan mengurangi keuntungan.

Pada proyek-proyek serikat pekerja, potensi pemogokan menciptakan risiko tambahan. Solidaritas di antara penduduk setempat bisa berarti seluruh tenaga kerja serikat Anda keluar dari proyek sebagai bentuk protes terhadap kondisi kerja di pekerjaan lain di luar kendali Anda. 

8. Ruang lingkup pekerjaan yang tidak didefinisikan dengan baik
Sulit untuk menjaga proyek tetap berada di jalurnya jika tidak jelas seperti apa jalurnya. Lingkup pekerjaan yang tidak didefinisikan dengan baik adalah masalah manajemen yang dapat (dan biasanya memang) bergulir ke bawah. Kontraktor yang bekerja di bawah kontrak harga tetap atau lump sum harus memperhatikan hal-hal seperti:

  • Kondisi lokasi
  • Masukan dari pelanggan
  • Penetapan harga bahan

Hal-hal tersebut dapat meningkatkan biaya proyek dan menurunkan margin keuntungan. Namun, ada mekanisme yang dapat digunakan, seperti kontrak cost-plus untuk menghindari dampak dari pekerjaan tanpa ruang lingkup yang pasti. Meningkatkan komunikasi di setiap tingkat proyek dapat menghasilkan ruang lingkup yang didefinisikan dengan lebih baik dan membantu Anda tetap untung dengan menghindari pergeseran ruang lingkup pada proyek Anda.

9. Bahaya kesehatan dan keselamatan
Industri bangunan secara konsisten berada di peringkat teratas industri yang paling berbahaya. Risiko bahaya kesehatan dan keselamatan sering menjadi perhatian bagi bisnis konstruksi, yang ingin mempertahankan tenaga kerja yang sehat dan menghindari kerugian finansial karena meningkatnya premi asuransi kompensasi pekerja atau denda dari pelanggaran keselamatan.

Dua organisasi kesehatan dan keselamatan kerja terkemuka, Occupational Safety & Health Administration (OSHA) dan American Industrial Hygiene Association (AIHA), secara independen mengidentifikasi empat risiko kesehatan dan keselamatan kerja teratas dalam konstruksi.

Fokus Empat OSHA

  • Terjatuh
  • Terjepit di dalam atau di antara
  • Tertimpa
  • Tersengat Listrik

Fokus Empat AIHA

  • Penanganan material secara manual
  • Kebisingan
  • Kontaminan udara
  • Suhu tinggi

Kedua organisasi tersebut menawarkan berbagai sumber daya pelatihan dan pendidikan untuk mendukung program keselamatan kontraktor.

10. Sengketa pembayaran
Waktu untuk mendapatkan pembayaran dalam konstruksi adalah salah satu yang terlama di antara semua industri. Pembayaran yang lambat menciptakan risiko bagi semua orang dalam proyek, di semua tingkat rantai. Masalah pembayaran mengganggu arus kas kontraktor dan meningkatkan risiko gagal bayar. Masalah ini juga meningkatkan risiko pemilik atas klaim hak gadai atas properti, karena kontraktor dan pemasok mengambil tindakan untuk mendapatkan kembali jumlah kontrak yang belum dibayar.

Sengketa pembayaran sering terjadi karena:

  • Penundaan pendanaan/pembiayaan
  • Perubahan pesanan
  • Retensi
  • Pembebasan hak gadai
  • Tagihan balik
  • Sengketa kualitas pekerjaan
  • Dokumentasi yang komprehensif, komunikasi yang jelas, dan kepatuhan terhadap persyaratan kontrak sangat penting bagi kontraktor untuk membuktikan kasus mereka jika berakhir di pengadilan.

Sumber: procore.com