Sistem Manajemen Energi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.35

proxsisgroup.com

Sistem manajemen energi (EMS) adalah sistem alat berbantuan komputer yang digunakan oleh operator jaringan utilitas listrik untuk memantau, mengontrol, dan mengoptimalkan kinerja sistem pembangkit atau transmisi. Juga, dapat digunakan dalam sistem skala kecil seperti microgrid. Karena pengisian kendaraan listrik (EV) menjadi lebih populer, perangkat perumahan kecil yang mengelola kapan EV dapat mengisi daya berdasarkan total beban vs kapasitas total layanan listrik menjadi populer.

Terminologi

Teknologi komputer juga disebut sebagai SCADA/EMS atau EMS/SCADA. Dalam hal ini, istilah EMS kemudian mengecualikan fungsi pemantauan dan kontrol, tetapi lebih khusus mengacu pada rangkaian kolektif aplikasi jaringan daya dan aplikasi kontrol dan penjadwalan pembangkitan.

Produsen EMS juga biasanya menyediakan simulator pelatihan operator (DTS) yang sesuai. Teknologi terkait ini memanfaatkan komponen SCADA dan EMS sebagai alat pelatihan bagi operator pusat kendali.

Sistem operasi

Hingga awal 1990-an, sistem EMS yang dikirim berdasarkan perangkat keras dan sistem operasi merupakan hal yang umum. Saat itu pemasok EMS seperti Harris Controls (sekarang GE), Hitachi, Cebyc, Control Data Corporation, Siemens dan Toshiba membuat perangkat keras milik mereka sendiri. Pemasok EMS yang tidak memproduksi perangkat keras mereka sendiri sering kali mengandalkan produk yang dikembangkan oleh Digital Equipment, Gould Electronics, dan MODCOMP. VAX 11/780 dari Peralatan Digital adalah pilihan populer di antara beberapa pemasok EMS. Sistem EMS sekarang mengandalkan pendekatan berbasis model. Model perencanaan tradisional dan model EMS selalu dipertahankan secara independen dan jarang sinkron satu sama lain. Menggunakan perangkat lunak EMS memungkinkan perencana dan operator untuk berbagi model umum yang mengurangi ketidaksesuaian antara keduanya dan memotong pemeliharaan model hingga setengahnya. Memiliki antarmuka pengguna yang sama juga memungkinkan transisi informasi yang lebih mudah dari perencanaan ke operasi.

Karena sistem berpemilik menjadi tidak ekonomis, pemasok EMS mulai memberikan solusi berdasarkan platform perangkat keras standar industri seperti yang berasal dari Peralatan Digital (kemudian Compaq (kemudian HP)), IBM dan Sun. Sistem operasi yang umum saat itu adalah DEC OpenVMS atau Unix. Pada tahun 2004, berbagai pemasok EMS termasuk Alstom, ABB dan OSI telah mulai menawarkan solusi berbasis Windows. Pada tahun 2006 pelanggan memiliki pilihan sistem berbasis UNIX, Linux atau Windows. Beberapa pemasok termasuk ETAP, NARI, PSI-CNI dan Siemens terus menawarkan solusi berbasis UNIX. Sekarang sudah umum bagi pemasok untuk mengintegrasikan solusi berbasis UNIX pada platform Sun Solaris atau IBM. Sistem EMS yang lebih baru berdasarkan server blade menempati sebagian kecil dari ruang yang sebelumnya diperlukan. Misalnya, rak blade berisi 20 server menempati ruang yang hampir sama dengan yang sebelumnya ditempati oleh satu server MicroVAX.

Arti lainnya

Efisiensi energi

Dalam konteks yang sedikit berbeda, EMS juga dapat merujuk pada sistem yang dirancang untuk mencapai efisiensi energi melalui optimalisasi proses dengan melaporkan penggunaan energi granular oleh masing-masing peralatan. Sistem manajemen energi berbasis cloud yang lebih baru menyediakan kemampuan untuk mengontrol HVAC dan peralatan konsumsi energi lainnya dari jarak jauh; mengumpulkan data waktu-nyata yang terperinci untuk setiap peralatan; dan menghasilkan panduan yang cerdas, spesifik, dan real-time untuk menemukan dan menangkap peluang penghematan yang paling menarik.

Sistem manajemen energi rumah

Manajemen energi rumah (HEM) memungkinkan konsumen domestik untuk mengambil bagian dalam kegiatan sisi permintaan. Namun, menghadapi beberapa masalah akibat ketidakpastian sumber daya energi terbarukan dan perilaku konsumen; Sedangkan konsumen domestik membidik tingkat kenyamanan tertinggi yang harus diperhatikan dengan meminimalkan fenomena “respon lelah”.

Kontrol otomatis di gedung

Istilah Sistem Manajemen Energi juga dapat merujuk pada sistem komputer yang dirancang khusus untuk kontrol otomatis dan pemantauan fasilitas elektromekanis di gedung yang menghasilkan konsumsi energi yang signifikan seperti instalasi pemanas, ventilasi, dan penerangan. Ruang lingkupnya dapat mencakup dari satu bangunan ke sekelompok bangunan seperti kampus universitas, gedung perkantoran, jaringan toko ritel atau pabrik. Sebagian besar sistem manajemen energi ini juga menyediakan fasilitas untuk pembacaan meter listrik, gas, dan air. Data yang diperoleh dari ini kemudian dapat digunakan untuk melakukan diagnosis mandiri dan rutinitas pengoptimalan secara berkala dan untuk menghasilkan analisis tren dan prakiraan konsumsi tahunan. Sistem manajemen energi juga sering digunakan oleh entitas komersial individu untuk memantau, mengukur, dan mengontrol beban bangunan listrik mereka. Sistem manajemen energi dapat digunakan untuk mengontrol perangkat secara terpusat seperti unit HVAC dan sistem pencahayaan di berbagai lokasi, seperti lokasi ritel, toko bahan makanan, dan restoran. Sistem manajemen energi dapat juga menyediakan fungsi pengukuran, submetering, dan pemantauan yang memungkinkan manajer fasilitas dan gedung mengumpulkan data dan wawasan yang memungkinkan mereka membuat keputusan yang lebih tepat tentang aktivitas energi di seluruh lokasi mereka.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org