Perbedaan antara Informatika dan Sistem Informasi

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

31 Mei 2024, 08.57

Sumber: umn.ac.id

Apakah Anda siswa kelas 12 yang akan lulus dan sering bingung dengan dua jurusan dengan nama yang mirip, seperti Teknik Informatika atau Teknologi Informasi dan Sistem Informasi?

Perbedaan antara sistem informasi dan teknologi informasi nampaknya perlu dibahas karena beberapa orang masih bingung membedakan keduanya.

Perbedaan ini juga harus diketahui oleh para calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang IT dan memilih jurusan yang berkaitan dengannya.

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi

Mungkin jurusan kedokteran, akuntansi, dan bisnis sudah sangat terkenal di Indonesia untuk proses pembelajarannya. Lalu bagaimana dengan perbedaan antara teknik informatika dan sistem informasi? Meskipun menjanjikan karir bergaji tinggi bagi kedua lulusannya, banyak yang menganggap kedua jurusan tersebut sama, padahal berbeda. Inilah perbedaannya!

Penjelasannya, tentu saja berbeda

Perbedaan pertama antara teknologi informasi dan sistem informasi adalah deskripsi jurusan. Jurusan Sistem Informasi berfokus pada perancangan, pengembangan, dan menjalankan sistem informasi dalam organisasi atau perusahaan. Walaupun kamu akan tetap fokus pada pemrograman komputer, tujuanmu adalah membangun sistem manajemen perusahaan. Kamu juga akan belajar banyak tentang merancang dan mendesain aplikasi dimana aplikasi yang nantinya kamu buat harus memberikan nilai yang sangat baik untuk kebutuhan bisnis perusahaan.

Di sisi lain, jurusan Computer Science sangat ideal bagi mereka yang ingin mengasah pengetahuan dan memperdalam keterampilan mereka dalam ilmu komputer murni. Jurusan ini banyak berhubungan dengan ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak. Anda dapat mempelajari berbagai bidang ilmu komputer, seperti pemrograman, analisis numerik, pengembangan perangkat lunak, kecerdasan buatan, teori dasar komputasi, jaringan, sistem operasi, dan analisis algoritmik.

Kurikulumnya juga berbeda

Kurikulum Sistem Informasi dirancang untuk menghubungkan sistem informasi berbasis teknologi canggih dengan strategi bisnis untuk pengembangan perusahaan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan perusahaan terkait bisnis dari dokumen-dokumen yang tersedia. Data ini menjadi modal untuk merancang sistem informasi yang optimal bagi setiap perusahaan. Selain mata kuliah pemrograman, Anda juga mempelajari literatur ekonomi dan manajemen.

Sementara itu, misalkan Anda memutuskan untuk mengambil jurusan teknik informatika. Dalam hal ini, kamu membutuhkan dasar yang kuat dan minat pada matematika karena kurikulum jurusan ini dipenuhi dengan logika matematika, algoritma, dan perhitungan.

Mata kuliah yang akan sering ditemui berhubungan dengan bahasa pemrograman, matematika, pengembangan aplikasi, dan pengembangan perangkat lunak.

Lulus dengan Gelar yang berbeda

Perbedaan ketiga antara teknik informatika dan sistem informasi adalah gelar sarjana yang bisa didapatkan setelah lulus kuliah. Jika kamu mengambil jurusan Teknik Informatika, kamu bisa mendapatkan gelar S.Si atau Sarjana Sistem Informasi.

Di sisi lain, jika Anda lulus dari jurusan Teknik Informatika, Anda akan mendapatkan gelar sarjana S.TI. Gelar ini biasa disebut sebagai Sarjana Teknologi Informasi atau Sarjana Teknik.

Nama gelar ini biasanya berbeda-beda tergantung dari universitas tempat Anda belajar karena beberapa kampus menyematkan gelar yang sama untuk lulusan jurusan sistem informasi dan teknik informatika. Gelar tersebut adalah Sarjana Komputer atau S.Kom (di Indonesia)

Prospek Karier yang berbeda

Perusahaan-perusahaan membutuhkan lulusan Sistem Informasi sebagai karyawan di bidang teknologi informasi. Sedangkan untuk gaji, tentu saja jumlahnya akan bervariasi tergantung dari pengalaman, kemampuan, dan besar kecilnya perusahaan tempat Printer bekerja. Demikianlah peluang kerja dan prospek karir di bidang Sistem Informasi.

  • Sistem Informasi

1. Analis Bisnis

Peran utama dari profesi ini adalah bertindak sebagai 'jembatan' antara tim IT yang mengembangkan aplikasi bisnis dan manajemen senior.

2. Pengembang web

Seorang pengembang web bertanggung jawab untuk merancang situs web perusahaan yang lengkap, termasuk profil perusahaan, operasi bisnis, dll.

3. Manajer proyek

Wewenang seorang manajer, terutama dalam konteks teknologi komputer, adalah mesin proyek.

4. Pengembang sistem e-commerce

Mengingat semakin banyak bisnis yang online, profesi mengembangkan sistem e-commerce semakin diminati. Tugas Anda adalah merancang sistem yang memungkinkan perusahaan mengembangkan penjualannya dengan lancar dan aman di dunia maya.

5. Manajer TI

Sebagai Manajer, Anda bertanggung jawab atas kinerja tim, mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan jaringan, perangkat lunak, dan perangkat keras di dalam perusahaan.

  • Sistem Informasi

Sebagai lulusan program studi teknik informatika, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan di dunia kerja. Berikut adalah beberapa prospek kerja di bidang teknik informatika yang mungkin dapat membantu Anda.

1. Desainer web

Tugas seorang web designer adalah membuat tampilan website menjadi menarik secara visual. Di sini Anda bekerja dengan mengintegrasikan berbagai elemen visual seperti multimedia, file flash, dan gambar ke dalam halaman web.

2. Pengembang Aplikasi Seluler

Menjadi pengembang aplikasi untuk perangkat mobile membutuhkan banyak kreativitas. Karena perusahaan perlu merilis aplikasi untuk mendukung bisnis mereka, kebutuhan akan tenaga yang berkualifikasi semakin meningkat.

3. Analis sistem

Kami menyediakan jasa untuk menganalisa apakah sistem yang diterapkan pada suatu organisasi atau perusahaan sudah efektif. Data yang diperoleh dari hasil analisis selanjutnya akan digunakan sebagai modal untuk evaluasi dan perbaikan sistem.

4. Penguji Perangkat Lunak

Jika Anda memilih bidang ini, Anda bertanggung jawab untuk melakukan berbagai pengujian terhadap keefektifan, fungsionalitas perangkat lunak, dll.

5. Administrator jaringan

Tugas seorang network administrator adalah memastikan keamanan sistem jaringan di dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau lembaga. Hal ini untuk mengantisipasi risiko kerusakan sistem, kerusakan data, atau pencurian data oleh pihak ketiga.

Jadi, sudah tahu kan perbedaan antara Teknik Informatika dan Sistem Informasi? Jadi, manakah yang lebih menarik minat Anda, sesuai dengan kemampuan dan bakat Anda? Yang tidak kalah penting, bidang mana yang akan kamu kembangkan seumur hidupmu?

Kamu bisa mencari tahu lebih banyak informasi menarik lainnya melalui website resmi UMN. Di website tersebut, kamu juga bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan pilihanmu. Yuk, daftar sekarang dan mulailah berkarir bersama UMN!

Disadur dari: https://www.umn.ac.id/