Mengenal Sistem Informasi

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 18.19

Sumber: pinterest

Sistem informasi (IS) adalah sistem organisasi formal, sosioteknis, yang dirancang untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi. Dari perspektif sosioteknis, sistem informasi terdiri dari empat komponen: tugas, orang, struktur (atau peran), dan teknologi. Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai integrasi dari komponen-komponen untuk mengumpulkan, menyimpan dan memproses data yang mana data tersebut digunakan untuk memberikan informasi, memberikan kontribusi terhadap pengetahuan serta produk digital yang memfasilitasi pengambilan keputusan.

Sistem informasi komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari orang dan komputer yang memproses atau menginterpretasikan informasi, istilah ini juga terkadang digunakan untuk merujuk pada sistem komputer dengan perangkat lunak yang terpasang.

“Sistem informasi” juga merupakan studi bidang akademis tentang sistem dengan referensi khusus untuk informasi dan jaringan pelengkap perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang digunakan orang dan organisasi untuk mengumpulkan, menyaring, memproses, membuat, dan juga mendistribusikan data. Penekanan diberikan pada sistem informasi yang memiliki batasan definitif, pengguna, prosesor, penyimpanan, input, output, dan jaringan komunikasi yang disebutkan di atas.

Di banyak organisasi, departemen atau unit yang bertanggung jawab atas sistem informasi dan pemrosesan data dikenal sebagai “layanan informasi”. Setiap sistem informasi tertentu bertujuan untuk mendukung operasi, manajemen dan pengambilan keputusan. Sistem informasi adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang digunakan oleh organisasi, dan juga cara orang berinteraksi dengan teknologi ini untuk mendukung proses bisnis.

Beberapa penulis membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, sistem komputer, dan proses bisnis. Sistem informasi biasanya mencakup komponen TIK namun tidak hanya berfokus pada TIK, melainkan berfokus pada penggunaan akhir teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dengan proses bisnis. Sistem informasi membantu mengendalikan kinerja proses bisnis.

Alter mengemukakan keuntungan dari memandang sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia atau mesin melakukan proses dan kegiatan dengan menggunakan sumber daya untuk menghasilkan produk atau jasa tertentu bagi pelanggan. Sistem informasi adalah sistem kerja yang aktivitasnya dikhususkan untuk menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, dan menampilkan informasi.

Dengan demikian, sistem informasi saling berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk sistem komunikasi di mana data mewakili dan diproses sebagai suatu bentuk memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi-formal yang mendukung pengambilan keputusan dan tindakan manusia.

Sistem informasi adalah fokus utama studi untuk informatika organisasi.

Gambaran umum

Association for Computing Machinery mendefinisikan “Spesialis sistem informasi fokus mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan perusahaan lain.”

Ada berbagai jenis sistem informasi, misalnya: sistem pemrosesan transaksi, sistem pendukung keputusan, sistem manajemen pengetahuan, sistem manajemen pembelajaran, sistem manajemen basis data, dan sistem informasi kantor. Hal yang sangat penting bagi sebagian besar sistem informasi adalah teknologi informasi, yang biasanya dirancang untuk memungkinkan manusia melakukan tugas-tugas yang tidak dapat dilakukan oleh otak manusia, seperti: menangani informasi dalam jumlah besar, melakukan perhitungan yang rumit, dan mengendalikan banyak proses secara bersamaan.

Teknologi informasi adalah sumber daya yang sangat penting dan mudah dibentuk yang tersedia bagi para eksekutif. Banyak perusahaan telah menciptakan posisi chief information officer (CIO) yang duduk di dewan eksekutif bersama chief executive officer (CEO), chief financial officer (CFO), chief operating officer (COO), dan chief technical officer (CTO). CTO juga dapat menjabat sebagai CIO, dan sebaliknya. Chief Information Security Officer (CISO) berfokus pada manajemen keamanan informasi.

Enam komponen

Enam komponen yang harus bersatu untuk menghasilkan sebuah sistem informasi adalah:

  1. Perangkat keras: Istilah perangkat keras mengacu pada mesin dan peralatan. Dalam sistem informasi modern, kategori ini mencakup komputer itu sendiri dan semua peralatan pendukungnya. Peralatan pendukungnya meliputi perangkat input dan output, perangkat penyimpanan, dan perangkat komunikasi. Dalam sistem informasi pra-komputer, perangkat keras mungkin termasuk buku besar dan tinta.
  2. Perangkat lunak: Istilah perangkat lunak mengacu pada program komputer dan manual (jika ada) yang mendukungnya. Program komputer adalah instruksi yang dapat dibaca oleh mesin yang mengarahkan sirkuit di dalam bagian perangkat keras sistem untuk berfungsi dengan cara yang menghasilkan informasi yang berguna dari data. Program umumnya disimpan pada suatu media input/output, biasanya berupa disk atau tape. “Perangkat lunak” untuk sistem informasi pra-komputer termasuk bagaimana perangkat keras disiapkan untuk digunakan (misalnya, judul kolom dalam buku buku besar) dan instruksi untuk menggunakannya (buku panduan untuk katalog kartu).
  3. Data: Data adalah fakta yang digunakan oleh sistem untuk menghasilkan informasi yang berguna. Dalam sistem informasi modern, data umumnya disimpan dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin pada disk atau tape sampai komputer membutuhkannya. Dalam sistem informasi pra-komputer, data umumnya disimpan dalam bentuk yang dapat dibaca manusia.
  4. Prosedur: Prosedur adalah kebijakan yang mengatur pengoperasian sistem informasi. “Prosedur bagi manusia adalah perangkat lunak bagi perangkat keras” adalah analogi umum yang digunakan untuk menggambarkan peran prosedur dalam suatu sistem.
  5. Orang: Setiap sistem membutuhkan orang jika ingin berguna. Seringkali elemen yang paling sering diabaikan dari sistem adalah orang, mungkin komponen yang paling mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan sistem informasi. Hal ini termasuk “tidak hanya pengguna, tetapi juga mereka yang mengoperasikan dan melayani komputer, mereka yang memelihara data, dan mereka yang mendukung jaringan komputer”.
  6. Internet: Internet adalah kombinasi dari data dan manusia. (Meskipun komponen ini tidak diperlukan untuk berfungsi).

Data adalah jembatan antara perangkat keras dan manusia. Artinya, data yang kita kumpulkan hanyalah data sampai kita melibatkan orang. Pada saat itu, data sekarang menjadi informasi.

Jenis-jenis

Pandangan “klasik” tentang sistem informasi yang ditemukan dalam buku-buku teks pada tahun 1980-an adalah sebuah piramida sistem yang mencerminkan hirarki organisasi, biasanya sistem pemrosesan transaksi di bagian bawah piramida, diikuti oleh sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, dan diakhiri dengan sistem informasi eksekutif di bagian atas. Meskipun model piramida tetap berguna sejak pertama kali dirumuskan, sejumlah teknologi baru telah dikembangkan dan kategori sistem informasi baru telah muncul, beberapa di antaranya tidak lagi cocok dengan model piramida asli.

Beberapa contoh dari sistem tersebut adalah:

  • sistem cerdas
  • platform komputasi
  • gudang data
  • sistem pendukung keputusan
  • sistem perusahaan
  • perencanaan sumber daya perusahaan
  • sistem pakar
  • sistem informasi geografis
  • sistem informasi global
  • sistem informasi manajemen
  • sistem informasi multimedia
  • sistem kontrol proses
  • sistem informasi sosial
  • mesin pencari
  • otomatisasi kantor.

Sistem informasi berbasis komputer pada dasarnya adalah sistem informasi yang menggunakan teknologi komputer untuk melaksanakan sebagian atau seluruh tugas-tugas yang telah direncanakan. Komponen dasar dari sistem informasi berbasis komputer adalah:

  • Perangkat keras adalah perangkat seperti monitor, prosesor, printer, dan keyboard, yang semuanya bekerja sama untuk menerima, memproses, menampilkan data, dan informasi.
  • Perangkat lunak adalah program-program yang memungkinkan perangkat keras memproses data.
  • Basis data adalah kumpulan file atau tabel terkait yang berisi data terkait.
  • Jaringan adalah sistem penghubung yang memungkinkan beragam komputer untuk mendistribusikan sumber daya.
  • Prosedur adalah perintah-perintah untuk menggabungkan komponen-komponen di atas untuk memproses informasi dan menghasilkan keluaran yang diinginkan.

Empat komponen pertama (perangkat keras, perangkat lunak, basis data, dan jaringan) membentuk apa yang dikenal sebagai platform teknologi informasi. Para pekerja teknologi informasi kemudian dapat menggunakan komponen-komponen ini untuk membuat sistem informasi yang mengawasi langkah-langkah keamanan, risiko, dan pengelolaan data. Tindakan ini dikenal sebagai layanan teknologi informasi.

Sistem informasi tertentu mendukung sebagian organisasi, sistem informasi lainnya mendukung seluruh organisasi, dan sistem informasi lainnya lagi mendukung kelompok organisasi. Setiap departemen atau area fungsional dalam suatu organisasi memiliki koleksi program aplikasi atau sistem informasi sendiri. Sistem informasi area fungsional (FAIS) ini adalah pilar pendukung untuk IS yang lebih umum yaitu, sistem intelijen bisnis dan dasbor. Seperti namanya, setiap FAIS mendukung fungsi tertentu dalam organisasi, misalnya: IS akuntansi, IS keuangan, IS manajemen operasi produksi (POM), IS pemasaran, dan IS sumber daya manusia. Di bidang keuangan dan akuntansi, manajer menggunakan sistem TI untuk meramalkan pendapatan dan aktivitas bisnis, untuk menentukan sumber dan penggunaan dana terbaik, dan untuk melakukan audit guna memastikan bahwa organisasi secara fundamental sehat dan semua laporan dan dokumen keuangan akurat.

Jenis lain dari sistem informasi organisasi adalah FAIS, sistem pemrosesan transaksi, perencanaan sumber daya perusahaan, sistem otomasi kantor, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dasbor eksekutif, sistem manajemen rantai pasokan, dan sistem perdagangan elektronik. Dasbor adalah bentuk khusus dari IS yang mendukung semua manajer organisasi. Mereka menyediakan akses cepat ke informasi yang tepat waktu dan akses langsung ke informasi terstruktur dalam bentuk laporan. Sistem pakar berusaha menduplikasi pekerjaan para ahli manusia dengan menerapkan kemampuan penalaran, pengetahuan, dan keahlian dalam domain tertentu.

Pengembangan

Departemen teknologi informasi dalam organisasi yang lebih besar cenderung sangat mempengaruhi pengembangan, penggunaan, dan penerapan teknologi informasi dalam bisnis. Serangkaian metodologi dan proses dapat digunakan untuk mengembangkan dan menggunakan sistem informasi. Banyak pengembang menggunakan pendekatan rekayasa sistem seperti siklus hidup pengembangan sistem (SDLC), untuk mengembangkan sistem informasi secara sistematis secara bertahap. Tahapan siklus hidup pengembangan sistem adalah perencanaan, analisis sistem, dan persyaratan, desain sistem, pengembangan, integrasi dan pengujian, implementasi dan operasi, dan pemeliharaan. Penelitian terbaru bertujuan untuk memungkinkan dan mengukur pengembangan sistem yang sedang berlangsung dan kolektif dalam suatu organisasi oleh keseluruhan aktor manusia itu sendiri. Sistem informasi dapat dikembangkan secara internal (di dalam organisasi) atau dialihdayakan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengalihdayakan komponen tertentu atau keseluruhan sistem. Kasus yang spesifik adalah distribusi geografis dari tim pengembangan (offshoring, sistem informasi global).

Sistem informasi berbasis komputer, mengikuti definisi dari Langefors, adalah media yang diimplementasikan secara teknologi untuk merekam, menyimpan, dan menyebarluaskan ekspresi linguistik, serta untuk menarik kesimpulan dari ekspresi tersebut.

Sistem informasi geografis, sistem informasi pertanahan, dan sistem informasi kebencanaan merupakan contoh sistem informasi yang sedang berkembang, namun secara luas dapat dianggap sebagai sistem informasi spasial. Pengembangan sistem dilakukan secara bertahap yang meliputi:

  • Pengenalan dan spesifikasi masalah
  • Pengumpulan informasi
  • Spesifikasi kebutuhan untuk sistem baru
  • Desain sistem
  • Pembangunan sistem
  • Implementasi sistem
  • Peninjauan dan pemeliharaan
  • Sebagai sebuah disiplin akademis

Bidang studi yang disebut sistem informasi mencakup berbagai topik termasuk analisis dan desain sistem, jaringan komputer, keamanan informasi, manajemen basis data, dan sistem pendukung keputusan. Manajemen informasi berhubungan dengan masalah praktis dan teoritis dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi dalam area fungsi bisnis termasuk alat produktivitas bisnis, pemrograman dan implementasi aplikasi, perdagangan elektronik, produksi media digital, penggalian data, dan dukungan keputusan. Komunikasi dan jaringan berhubungan dengan teknologi telekomunikasi. Sistem informasi menjembatani bisnis dan ilmu komputer dengan menggunakan dasar-dasar teori informasi dan komputasi untuk mempelajari berbagai model bisnis dan proses algoritmik terkait dalam membangun sistem TI dalam disiplin ilmu komputer. Sistem informasi komputer (CIS) adalah bidang yang mempelajari komputer dan proses algoritmik, termasuk prinsip-prinsipnya, desain perangkat lunak dan perangkat kerasnya, aplikasinya, dan dampaknya terhadap masyarakat, sedangkan IS lebih menekankan pada fungsionalitas daripada desain.

Beberapa ahli IS telah memperdebatkan sifat dan dasar-dasar sistem informasi yang berakar pada disiplin ilmu lain seperti ilmu komputer, teknik, matematika, ilmu manajemen, sibernetika, dan lain-lain. Sistem informasi juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, data, orang, dan prosedur yang bekerja sama untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Istilah-istilah terkait

Serupa dengan ilmu komputer, disiplin ilmu lain dapat dilihat sebagai disiplin ilmu yang terkait dan menjadi fondasi IS. Domain studi IS melibatkan studi tentang teori dan praktik yang terkait dengan fenomena sosial dan teknologi, yang menentukan pengembangan, penggunaan, dan efek sistem informasi dalam organisasi dan masyarakat. Namun, meskipun mungkin ada tumpang tindih yang cukup besar dari disiplin ilmu pada batas-batasnya, disiplin ilmu masih dibedakan oleh fokus, tujuan, dan orientasi kegiatan mereka.

Dalam cakupan yang luas, sistem informasi adalah bidang studi ilmiah yang membahas berbagai kegiatan strategis, manajerial, dan operasional yang terlibat dalam pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, pendistribusian, dan penggunaan informasi dan teknologi terkait dalam masyarakat dan organisasi. Istilah sistem informasi juga digunakan untuk menggambarkan fungsi organisasi yang menerapkan pengetahuan IS di industri, lembaga pemerintah, dan organisasi nirlaba.

Sistem informasi sering kali mengacu pada interaksi antara proses algoritmik dan teknologi. Interaksi ini dapat terjadi di dalam atau melintasi batas-batas organisasi. Sistem informasi adalah teknologi yang digunakan organisasi dan juga cara organisasi berinteraksi dengan teknologi dan cara teknologi bekerja dengan proses bisnis organisasi. Sistem informasi berbeda dengan teknologi informasi (TI) karena sistem informasi memiliki komponen teknologi informasi yang berinteraksi dengan komponen proses.

Salah satu masalah dengan pendekatan tersebut adalah bahwa hal itu mencegah bidang IS untuk tertarik pada penggunaan TIK non-organisasi, seperti di jejaring sosial, permainan komputer, penggunaan pribadi mobile, dll. Cara yang berbeda untuk membedakan bidang IS dari bidang-bidang lainnya adalah dengan bertanya, “Aspek realitas mana yang paling berarti dalam bidang IS dan bidang lainnya?” Pendekatan ini, yang didasarkan pada filosofi, membantu mendefinisikan tidak hanya fokus, tujuan, dan orientasi, tetapi juga martabat, takdir, dan tanggung jawab bidang ini di antara bidang-bidang lainnya.

Informatika bisnis adalah disiplin ilmu terkait yang sudah mapan di beberapa negara, terutama di Eropa. Sementara sistem informasi dikatakan memiliki fokus “berorientasi pada penjelasan”, informatika bisnis memiliki fokus yang lebih “berorientasi pada solusi” dan mencakup elemen teknologi informasi serta elemen yang berorientasi pada konstruksi dan implementasi.

Jalur karier

Pekerja sistem informasi memasuki sejumlah karier yang berbeda:

  • Strategi sistem informasi
  • Sistem informasi manajemen - Sistem informasi manajemen (MIS) adalah sistem informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan, dan untuk koordinasi, kontrol, analisis, dan visualisasi informasi dalam suatu organisasi.
  • Manajemen proyek - Manajemen proyek adalah praktik menginisiasi, merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, dan menutup pekerjaan sebuah tim untuk mencapai tujuan tertentu dan memenuhi kriteria keberhasilan tertentu pada waktu yang ditentukan.
  • Arsitektur perusahaan - Praktik yang terdefinisi dengan baik untuk melakukan analisis, desain, perencanaan, dan implementasi perusahaan, dengan menggunakan pendekatan yang komprehensif setiap saat, untuk pengembangan dan pelaksanaan strategi yang sukses.
  • Pengembangan IS
  • Organisasi IS
  • Konsultasi IS
  • Keamanan IS
  • Audit IS

Terdapat berbagai macam jalur karier dalam disiplin sistem informasi. “Pekerja dengan pengetahuan teknis khusus dan keterampilan komunikasi yang kuat akan memiliki prospek terbaik. Pekerja dengan keterampilan manajemen dan pemahaman tentang praktik dan prinsip bisnis akan memiliki peluang yang sangat baik, karena perusahaan semakin mengandalkan teknologi untuk meningkatkan pendapatan mereka.”

Teknologi informasi penting bagi operasi bisnis kontemporer, teknologi ini menawarkan banyak peluang kerja. Bidang sistem informasi mencakup orang-orang dalam organisasi yang merancang dan membangun sistem informasi, orang-orang yang menggunakan sistem tersebut, dan orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengelola sistem tersebut. Permintaan untuk staf TI tradisional seperti programmer, analis bisnis, analis sistem, dan perancang sangat signifikan. Banyak pekerjaan bergaji tinggi yang tersedia di bidang teknologi informasi. Di bagian atas daftar adalah chief information officer (CIO).

CIO adalah eksekutif yang bertanggung jawab atas fungsi IS. Di sebagian besar organisasi, CIO bekerja dengan chief executive officer (CEO), chief financial officer (CFO), dan eksekutif senior lainnya. Oleh karena itu, ia secara aktif berpartisipasi dalam proses perencanaan strategis organisasi.

Sarjana sistem informasi bisnis

Bagian ini merupakan kutipan dari program Sarjana Sistem Informasi Bisnis.

Bachelor of Business Information Systems (BBIS), juga Business Information Systems (BIS), adalah program sarjana yang berfokus pada teknologi informasi (TI) dan manajemen yang dirancang untuk lebih memahami kebutuhan teknologi yang berkembang pesat di sektor bisnis dan TI. Program ini merupakan program sarjana yang menggabungkan elemen-elemen administrasi bisnis dan ilmu komputer dengan jurusan sistem dan teknologi informasi, yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi secara efektif dalam industri bisnis dan TI.

Penelitian

Penelitian sistem informasi umumnya bersifat interdisipliner yang berkaitan dengan studi tentang efek sistem informasi pada perilaku individu, kelompok, dan organisasi.

Hevner dkk. (2004) mengkategorikan penelitian di bidang IS ke dalam dua paradigma keilmuan yaitu ilmu perilaku (behavioural science) yang mengembangkan dan memverifikasi teori-teori yang menjelaskan atau memprediksi perilaku manusia atau organisasi dan ilmu desain (design science) yang memperluas batas-batas kapabilitas manusia dan organisasi dengan menciptakan artefak-artefak yang baru dan inovatif.

Salvatore March dan Gerald Smith mengusulkan sebuah kerangka kerja untuk meneliti berbagai aspek teknologi informasi termasuk keluaran penelitian (keluaran penelitian) dan kegiatan untuk melaksanakan penelitian ini (kegiatan penelitian). Mereka mengidentifikasikan keluaran penelitian sebagai berikut:

  • Konstruk, yaitu konsep-konsep yang membentuk kosakata suatu domain. Konstruk merupakan konseptualisasi yang digunakan untuk mendeskripsikan masalah dalam domain dan menentukan solusinya.
  • Model yang merupakan seperangkat proposisi atau pernyataan yang mengekspresikan hubungan di antara konstruk.
  • Metode yang merupakan seperangkat langkah (algoritma atau pedoman) yang digunakan untuk melakukan suatu tugas. Metode didasarkan pada seperangkat konstruksi yang mendasari dan representasi (model) dari ruang solusi.
  • Instansiasi adalah realisasi dari sebuah artefak dalam lingkungannya.

Juga kegiatan penelitian termasuk:

  • Membangun sebuah artefak untuk melakukan tugas tertentu.
  • Mengevaluasi artefak untuk menentukan apakah ada kemajuan yang telah dicapai.
  • Dengan adanya artefak yang kinerjanya telah dievaluasi, penting untuk menentukan mengapa dan bagaimana artefak tersebut bekerja atau tidak bekerja di lingkungannya. Oleh karena itu, berteori dan menjustifikasi teori-teori tentang artefak TI.

Meskipun Sistem Informasi sebagai sebuah disiplin ilmu telah berkembang selama lebih dari 30 tahun, fokus utama atau identitas penelitian IS masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Ada dua pandangan utama seputar perdebatan ini: pandangan sempit yang berfokus pada artefak TI sebagai pokok bahasan utama penelitian IS, dan pandangan luas yang berfokus pada interaksi antara aspek sosial dan teknis TI yang tertanam ke dalam konteks yang terus berkembang secara dinamis. Pandangan ketiga menghimbau para akademisi IS untuk memberikan perhatian yang seimbang terhadap artefak TI dan konteksnya.

Karena studi sistem informasi adalah bidang terapan, praktisi industri mengharapkan penelitian sistem informasi untuk menghasilkan temuan yang dapat langsung diterapkan dalam praktik. Namun, hal ini tidak selalu terjadi, karena para peneliti sistem informasi sering kali mengeksplorasi isu-isu perilaku secara lebih mendalam daripada yang diharapkan oleh para praktisi. Hal ini dapat membuat hasil penelitian sistem informasi menjadi sulit untuk dipahami, dan menimbulkan kritik.

Dalam sepuluh tahun terakhir, tren bisnis diwakili oleh peningkatan yang cukup besar dalam peran Fungsi Sistem Informasi (ISF), terutama yang berkaitan dengan strategi perusahaan dan pendukung operasi. Hal ini menjadi faktor kunci untuk meningkatkan produktivitas dan mendukung penciptaan nilai. Untuk mempelajari sistem informasi itu sendiri, dan bukan efeknya, digunakan model sistem informasi, seperti EATPUT.

Badan internasional peneliti Sistem Informasi, Association for Information Systems (AIS), dan Sub-komite Forum Cendekiawan Senior untuk Jurnal (202), mengajukan daftar 11 jurnal yang dianggap AIS sebagai 'sangat baik'. Menurut AIS, daftar jurnal ini mengakui keragaman topik, metodologi, dan geografis. Proses penelaahannya sangat ketat, anggota dewan editorialnya dihormati dan diakui secara luas, serta memiliki pembaca dan kontribusi internasional. Daftar ini (atau seharusnya) digunakan, bersama dengan yang lain, sebagai titik acuan untuk promosi dan masa jabatan dan, secara lebih umum, untuk mengevaluasi keunggulan keilmuan.

Sejumlah konferensi sistem informasi tahunan diselenggarakan di berbagai belahan dunia, yang sebagian besar ditinjau oleh rekan sejawat. AIS secara langsung menyelenggarakan Konferensi Internasional tentang Sistem Informasi (ICIS) dan Konferensi Amerika tentang Sistem Informasi (AMCIS), sedangkan konferensi yang berafiliasi dengan AIS meliputi Konferensi Asia Pasifik tentang Sistem Informasi (PACIS), Konferensi Eropa tentang Sistem Informasi (ECIS), Konferensi Mediterania tentang Sistem Informasi (MCIS), Konferensi Internasional tentang Manajemen Sumber Daya Informasi (Conf-IRM), dan Konferensi Internasional tentang E-Bisnis (WHICEB) di Wuhan. Konferensi-konferensi cabang AIS meliputi Konferensi Sistem Informasi Australasia (ACIS), Konferensi Sistem Informasi Skandinavia (SCIS), Konferensi Internasional Sistem Informasi (ISICO), Konferensi AIS Cabang Italia (itAIS), Konferensi Tahunan AIS Barat Tengah (MWAIS), dan Konferensi Tahunan AIS Selatan (SAIS). EDSIG, yang merupakan kelompok minat khusus pada pendidikan AITP, menyelenggarakan Konferensi Sistem Informasi dan Pendidikan Komputasi dan Konferensi Penelitian Terapan Sistem Informasi yang keduanya diselenggarakan setiap tahun pada bulan November.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/