Mengenal Industri Otomotif

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

25 April 2024, 08.45

Sumber: Wikipedia

Industri otomotif terdiri dari berbagai perusahaan dan organisasi yang terlibat dalam desain, pengembangan, manufaktur, pemasaran, penjualan, perbaikan, dan modifikasi kendaraan bermotor. Industri ini merupakan salah satu industri terbesar di dunia berdasarkan pendapatan (dari 16% seperti di Prancis hingga 40% di negara-negara seperti Slovakia).

Kata otomotif berasal dari bahasa Yunani autos (diri), dan bahasa Latin motivus ( gerak), yang mengacu pada segala bentuk kendaraan bertenaga sendiri. Istilah ini, seperti yang diusulkan oleh Elmer Sperry[perlu kutipan untuk memverifikasi] (1860-1930), pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan mobil pada tahun 1898.

Sejarah

Industri otomotif dimulai pada tahun 1860-an dengan ratusan produsen yang memelopori kereta tanpa kuda. Pembuatan mobil awal melibatkan perakitan manual oleh pekerja manusia. Prosesnya berkembang dari para insinyur yang bekerja pada mobil yang tidak bergerak, menjadi sistem ban berjalan di mana mobil melewati beberapa stasiun yang terdiri dari para insinyur yang lebih terspesialisasi. Mulai tahun 1960-an, peralatan robotik diperkenalkan ke dalam proses tersebut, dan sebagian besar mobil sekarang sebagian besar dirakit oleh mesin otomatis.

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat memimpin dunia dalam total produksi mobil, dengan Tiga Besar AS General Motors, Ford Motor Company, dan Chrysler menjadi tiga produsen mobil terbesar di dunia untuk sementara waktu, dan G.M. dan Ford tetap menjadi dua yang terbesar hingga pertengahan tahun 2000-an. Pada tahun 1929, sebelum Depresi Besar, dunia memiliki 32.028.500 mobil yang digunakan, di mana perusahaan-perusahaan mobil AS memproduksi lebih dari 90%. Pada saat itu, AS memiliki satu mobil untuk setiap 4,87 orang. Setelah tahun 1945, AS memproduksi sekitar tiga perempat produksi mobil dunia. Pada tahun 1980, AS disalip oleh Jepang dan kemudian menjadi pemimpin dunia lagi pada tahun 1994. Jepang secara tipis melewati AS dalam produksi selama tahun 2006 dan 2007, dan pada tahun 2008, juga China, yang pada tahun 2009 mengambil alih posisi teratas (dari Jepang) dengan 13,8 juta unit, meskipun AS melampaui Jepang pada tahun 2011, untuk menjadi industri mobil terbesar kedua. Pada tahun 2017, Tiongkok mencapai rekor tertinggi, dengan lebih dari 29 juta kendaraan yang diproduksi, yang sejauh ini merupakan margin terbesar dari A.S. Dari tahun 1970 (140 model) hingga 1998 (260 model) hingga 2012 (684 model), jumlah model mobil di A.S. telah berkembang secara eksponensial.

Keamanan

Keselamatan adalah suatu keadaan yang menyiratkan terlindung dari risiko, bahaya, kerusakan, atau penyebab cedera. Dalam industri otomotif, keselamatan berarti bahwa pengguna, operator, atau produsen tidak menghadapi risiko atau bahaya apa pun yang berasal dari kendaraan bermotor atau suku cadangnya. Keselamatan untuk kendaraan bermotor itu sendiri menyiratkan bahwa tidak ada risiko kerusakan.

Keselamatan dalam industri otomotif sangat penting dan oleh karena itu sangat diatur. Mobil dan kendaraan bermotor lainnya harus mematuhi sejumlah peraturan, baik lokal maupun internasional, agar dapat diterima di pasar. Standar ISO 26262, dianggap sebagai salah satu kerangka kerja praktik terbaik untuk mencapai keselamatan fungsional otomotif. Jika terjadi masalah keselamatan, bahaya, cacat produk, atau prosedur yang salah selama pembuatan kendaraan bermotor, produsen dapat meminta untuk mengembalikan sebagian atau seluruh proses produksi. Prosedur ini disebut penarikan produk. Penarikan produk terjadi di setiap industri dan dapat terkait dengan produksi atau berasal dari bahan baku.

Pengujian dan inspeksi produk dan operasi pada berbagai tahap rantai nilai dilakukan untuk menghindari penarikan produk ini dengan memastikan keamanan dan keselamatan pengguna akhir serta kepatuhan terhadap persyaratan industri otomotif. Namun, industri otomotif masih sangat prihatin dengan penarikan produk, yang menyebabkan konsekuensi finansial yang cukup besar.

Ekonomi

Pada tahun 2007, terdapat sekitar 806 juta mobil dan truk ringan di jalan raya, yang mengkonsumsi lebih dari 980 miliar liter (980.000.000m3) bahan bakar bensin dan solar setiap tahunnya. Mobil adalah moda transportasi utama bagi banyak negara maju. Boston Consulting Group cabang Detroit memperkirakan bahwa pada tahun 2014, sepertiga dari permintaan dunia akan berada di empat pasar BRIC (Brasil, Rusia, India, dan Cina). Sementara itu, di negara-negara maju, industri otomotif telah melambat.

Diperkirakan tren ini akan terus berlanjut, terutama karena generasi muda (di negara-negara dengan tingkat urbanisasi yang tinggi) tidak lagi ingin memiliki mobil dan lebih memilih moda transportasi lain. Pasar otomotif yang berpotensi besar lainnya adalah Iran dan Indonesia. Pasar otomotif yang sedang berkembang telah membeli lebih banyak mobil dibandingkan dengan pasar-pasar yang sudah mapan.

Menurut studi J.D. Power, pasar negara berkembang menyumbang 51 persen dari penjualan kendaraan ringan global pada tahun 2010. Studi yang dilakukan pada tahun 2010 ini memperkirakan tren ini akan semakin cepat. Namun, laporan yang lebih baru (2012) mengkonfirmasi hal yang sebaliknya, yaitu bahwa industri otomotif melambat bahkan di negara-negara BRIC. Di Amerika Serikat, penjualan kendaraan mencapai puncaknya pada tahun 2000, yaitu 17,8 juta unit.

Pada Juli 2021, Komisi Eropa merilis paket legislasi "Fit for 55", yang berisi pedoman penting untuk masa depan industri otomotif; semua mobil baru di pasar Eropa harus merupakan kendaraan tanpa emisi mulai tahun 2035.

Pemerintah dari 24 negara maju dan sekelompok produsen mobil besar termasuk GM, Ford, Volvo, BYD Auto, Jaguar Land Rover, dan Mercedes-Benz berkomitmen untuk "mengupayakan agar semua penjualan mobil dan van baru menjadi nol emisi secara global pada tahun 2040, dan paling lambat tahun 2035 di pasar-pasar utama." Negara-negara produsen mobil besar seperti Amerika Serikat, Jerman, Cina, Jepang, dan Korea Selatan, serta Volkswagen, Toyota, Peugeot, Honda, Nissan, dan Hyundai, tidak berjanji.

Dampak lingkungan

Industri otomotif global adalah konsumen utama air. Beberapa perkiraan melebihi 180.000 L (39.000 imp gal) air per mobil yang diproduksi, tergantung pada apakah produksi ban termasuk di dalamnya. Proses produksi yang menggunakan air dalam jumlah yang signifikan meliputi perawatan permukaan, pengecatan, pelapisan, pencucian, pendinginan, pendingin, pendingin udara, dan ketel uap, belum termasuk pembuatan komponen. Operasi pengecatan mengkonsumsi air dalam jumlah yang sangat besar karena peralatan yang menggunakan produk berbasis air juga harus dibersihkan dengan air.

Pada tahun 2022, Gigafactory Tesla di Berlin-Brandenburg menghadapi tantangan hukum karena kekeringan dan penurunan permukaan air tanah di wilayah tersebut. Menteri Ekonomi Brandenburg, Joerg Steinbach, mengatakan bahwa meskipun pasokan air mencukupi pada tahap pertama, lebih banyak lagi yang dibutuhkan setelah Tesla memperluas lokasi. Pabrik ini akan meningkatkan konsumsi air hampir dua kali lipat di daerah Gruenheide, dengan 1,4 juta meter kubik yang dikontrak dari pemerintah setempat per tahun - cukup untuk kota berpenduduk sekitar 40.000 orang. Steinbach mengatakan bahwa pihak berwenang ingin mengebor lebih banyak air di sana dan mengalihdayakan pasokan tambahan jika diperlukan.

Disadur dari: en.wikipedia.org