Memahami Kontrol Kualitas dalam Konstruksi

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

17 Juni 2024, 11.23

sumber: quickbase.com

Dalam industri konstruksi, menjaga standar kualitas adalah hal yang sangat penting dalam daftar prioritas. Karena perusahaan konstruksi mengandalkan kualitas pekerjaan mereka dalam hal modal kerja, kontrol kualitas adalah salah satu aspek paling penting dalam proyek apa pun.

Produk akhir yang bagus dapat berarti bisnis yang berulang dan pengendalian biaya yang ideal. Namun, pekerjaan berkualitas rendah dapat menyebabkan perusahaan konstruksi merusak reputasi baik mereka, mengeluarkan biaya konstruksi tambahan, dan memiliki dampak negatif lainnya pada organisasi secara keseluruhan.

Kualitas pekerjaan yang buruk memiliki dampak yang meluas hingga ke keselamatan dan komunikasi, selain membuang-buang waktu, sumber daya, dan material. Prosedur kontrol kualitas yang memadai meningkatkan efisiensi proyek konstruksi dan bahkan dapat menyebabkan efek riak dari ekspektasi yang tinggi di seluruh organisasi.

Mendefinisikan Kontrol Kualitas dalam Konstruksi
Kontrol kualitas konstruksi adalah sistem manajemen yang memastikan bahwa hasil kerja memenuhi standar dan pedoman yang ditetapkan oleh klien di awal proses konstruksi. Hal ini dapat mencakup sejumlah kriteria, seperti menyelesaikan proyek dalam lingkup pekerjaan. Pada akhirnya, kualitas ditentukan oleh klien, badan pengatur, dan pedoman EPA.

Kontrol kualitas dan jaminan kualitas adalah dua bagian yang sama pentingnya dari kualitas konstruksi. Sementara jaminan mengacu pada penetapan ekspektasi manajemen kualitas, kontrol kualitas mengacu pada rencana dan prosedur yang mencapai hasil berkualitas tinggi.

Masalah muncul dalam kontrol kualitas konstruksi ketika faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas tidak diidentifikasi dan ditangani dengan benar. Kontrol kualitas dalam konstruksi berupaya untuk memecahkan masalah, memberikan hasil berkualitas tinggi, dan mencegah masalah muncul lagi di masa depan.

Pendekatan Pengendalian Mutu Konstruksi
Ada beberapa cara untuk melakukan pendekatan manajemen kendali mutu dalam konstruksi, dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung pada kebutuhan dan cakupan proyek perusahaan. Organisasi Internasional untuk Standardisasi menetapkan seperangkat standar kualitas yang disebut ISO 9001.

Ketujuh standar ini didasarkan pada keterlibatan orang, fokus pada pelanggan, kepemimpinan, pendekatan proses, peningkatan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan manajemen hubungan. Selain itu, ada empat pendekatan utama lainnya untuk manajemen kendali mutu dalam konstruksi:

  • Peningkatan berkelanjutan. Berfokus pada peningkatan proses yang terus menerus dari waktu ke waktu. Perbaikan ditemukan melalui umpan balik pelanggan dan proses analisis internal.
  • Kaizen. Sebuah kata dalam bahasa Jepang yang berarti "perubahan menjadi lebih baik", Kaizen mengacu pada filosofi untuk terus mencari cara untuk meningkatkan yang diterapkan pada manajemen kontrol kualitas. Ketika semua anggota organisasi menerapkan Kaizen dalam praktik sehari-hari mereka, peningkatan bertahap dapat dilihat dari waktu ke waktu.
  • Six sigma. Kerangka kerja penyelesaian masalah ini berfokus pada identifikasi dan penyelesaian masalah yang muncul secara proaktif. Langkah-langkah utama untuk pendekatan manajemen kontrol kualitas ini adalah Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control.
  • Manajemen ramping. Penghapusan dan pengurangan pemborosan merupakan faktor kunci dalam pendekatan ini. Pemborosan ditentukan oleh proses dan material yang tidak berguna yang tidak memberikan nilai tambah bagi pelanggan atau perusahaan konstruksi.

Bagaimana Memastikan Kontrol Kualitas Konstruksi
Definisi kontrol kualitas konstruksi sedikit berbeda antar organisasi, tetapi ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh semua profesional industri konstruksi ketika menerapkan protokol manajemen kontrol kualitas:

Tentukan ekspektasi dan kriteria penerimaan
Sebelum menerapkan prosedur pengendalian mutu, standar mutu harus didefinisikan dengan jelas sehingga semua pihak yang terlibat memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan oleh klien dari hasil pekerjaan yang telah selesai. Ekspektasi ini harus mencakup kriteria penerimaan utama seperti menyelesaikan proyek tanpa cacat yang memenuhi kode peraturan dan spesifikasi klien.

Memiliki rencana inspeksi
Inspeksi harus dilakukan secara teratur sebagai bagian dari rencana jaminan kualitas yang menyeluruh di berbagai titik dalam proses konstruksi. Namun, sebelum melakukan inspeksi, sangat penting bagi organisasi untuk membuat rencana yang merinci apa saja yang perlu diinspeksi dan seperti apa hasil yang dapat diterima. Semua pekerjaan yang telah selesai harus memenuhi kriteria klien, ekspektasi perusahaan, dan indikasi lain yang disampaikan oleh pihak yang berinvestasi.

Buat daftar periksa kontrol kualitas
Kriteria dan ekspektasi kontrol kualitas bisa jadi sulit dikomunikasikan dan dikelola di seluruh tim tanpa daftar periksa kontrol kualitas yang terstandardisasi. Daftar periksa menyederhanakan proses pemeriksaan, memastikan bahwa aspek-aspek penting dalam kontrol kualitas tidak terlewatkan. Selain itu, daftar periksa juga membantu mengomunikasikan dengan jelas area yang menjadi perhatian dan tugas-tugas spesifik yang menjadi tanggung jawab setiap anggota tim konstruksi.

Memperbaiki ketidakakuratan dan kekurangan
Inti dari penerapan prosedur manajemen kendali mutu adalah untuk memastikan bahwa pekerjaan konstruksi memenuhi standar perusahaan dan klien. Mungkin aspek yang paling penting dari setiap rencana manajemen kendali mutu adalah menyediakan waktu dan alat yang tersedia untuk melakukan koreksi dan mengatasi kekurangan yang muncul. Pemantauan tim dan lokasi konstruksi secara terus menerus serta inspeksi rutin memungkinkan adanya kesempatan untuk menemukan pekerjaan yang tidak memenuhi harapan sebelum pekerjaan tersebut selesai dan dipresentasikan kepada klien.

Meninjau dan menganalisis masalah dan solusinya
Selama proses pemantauan kemajuan dan pemeriksaan hasil kerja, isu dan masalah akan teridentifikasi di sepanjang jalan. Hal ini dapat mencakup proses manual yang lambat yang dilakukan tim hanya untuk bertahan hidup - atau "Pekerjaan Abu-Abu." Selain memitigasi masalah-masalah ini saat muncul, ada baiknya untuk memasukkan langkah bagi manajer proyek konstruksi untuk meninjau bagaimana setiap pekerjaan berjalan dan menganalisis bagaimana masalah-masalah ini dapat dihindari pada proyek konstruksi berikutnya. Ketika kesimpulan dibuat terkait masalah ini, manajer kontrol kualitas perlu mengkomunikasikan kepada seluruh kru tentang ekspektasi baru dan persyaratan kualitas untuk proyek-proyek yang akan datang.

Kiat untuk Membuat Rencana Pengendalian Mutu Konstruksi
Berikut adalah beberapa tips terakhir sebelum Anda mulai berkolaborasi untuk membuat rencana kendali mutu atau membuat penyesuaian pada program mutu industri konstruksi yang sudah ada.

Berkomunikasi dengan jelas dan efektif
Komunikasi dan kendali mutu harus berjalan beriringan. Tanpa rencana untuk mengkomunikasikan kebijakan, kepatuhan, standar keselamatan, dan ekspektasi bangunan secara efektif, pengendalian mutu akan menjadi proses yang tidak ada habisnya. Kontrol kualitas harus menjadi bagian dari semua komunikasi dan diskusi tentang spesifikasi proyek, dan semua kontraktor serta pihak yang terlibat harus memahami dengan jelas apa yang diharapkan dari mereka.

Manajer proyek perlu mengidentifikasi jenis komunikasi, seberapa sering komunikasi ini terjadi, dan cara penyampaian pesan di seluruh organisasi. Setiap kegiatan pemantauan dan pengawasan harus ditunjukkan dengan jelas dalam rencana kontrol kualitas Anda, serta harapan yang diberikan kepada subkontraktor dan pemasok.

Komunikasi dengan pembangun dan klien juga harus luar biasa karena klien adalah faktor penentu apakah sebuah proyek dijalankan sesuai dengan standar mereka atau tidak. Ketika manajer proyek konstruksi mengumpulkan spesifikasi klien, harus ada rencana untuk mengkomunikasikan ekspektasi ini dengan kru dan individu yang terpengaruh.

Memiliki rencana cadangan
Memiliki rencana cadangan (atau beberapa rencana cadangan) sering kali diabaikan, terutama ketika proses, pemasok, dan alur kerja telah mapan dalam jangka waktu yang lama. Namun seperti yang kita ketahui, tidak ada proyek konstruksi yang berjalan sesuai rencana. Memiliki rencana cadangan atau serangkaian rencana cadangan dan dikomunikasikan kepada tim yang sesuai dapat membantu menghindari kesalahan yang merugikan dan pembicaraan yang sulit dengan klien.

Catat semua rencana cadangan dalam sistem manajemen dan simpan catatan tentang kapan dan bagaimana rencana cadangan tersebut diimplementasikan. Memastikan semua pihak memahami rencana cadangan yang telah ditetapkan akan memastikan konstruksi yang berkualitas.

Gunakan teknologi untuk merampingkan proses
Mengingat lingkungan rantai pasokan saat ini yang terganggu oleh gangguan dan komunikasi yang lambat, para profesional industri konstruksi perlu mencari solusi teknologi yang dapat membantu merampingkan manajemen kendali mutu.

Banyak praktik yang terlibat dalam manajemen kendali mutu melibatkan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat serta protokol komunikasi yang tak tertandingi. Teknologi dapat membantu perusahaan konstruksi meningkatkan manajemen kendali mutu dengan fitur-fitur seperti otomatisasi, aksesibilitas, dan visibilitas.

Menganalisis data merupakan bagian penting dalam meninjau proses kontrol kualitas dan melakukan perbaikan di sepanjang proses tersebut. Platform yang memberikan pandangan holistik tentang data dalam satu antarmuka memberikan wawasan ke area baru sehingga informasi yang dikumpulkan dari berbagai proyek, vendor, dan pemasok dapat diubah menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti.

Menurut McKinsey, inefisiensi dan pemborosan sumber daya sering terjadi di antara organisasi yang mengandalkan proses manual alih-alih pemrosesan data otomatis. Membawa teknologi ke dalam proses manajemen kontrol kualitas konstruksi dapat mengurangi upaya, menurunkan biaya, dan membangun kepercayaan antara perusahaan konstruksi dan klien mereka.

Sumber: quickbase.com