Bagaimana Anda Bisa Membuat Karyawan Anda Tetap Terlibat dan Termotivasi?

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

21 Mei 2024, 20.07

Sumber: eloomi.com

Motivasi
Saya akan memberikan saran terbaik, kenali karyawan anda sesegera mungkin. Apa maksudnya ini? Ini adalah tentang mengetahui kepribadian mereka dan bagaimana motivasi mereka bekerja. Hal ini akan mencegah kesalahpahaman, frustrasi, dan keluarnya karyawan! Pertama, ciptakan lingkungan yang positif di mana karyawan Anda merasa dihargai dan didorong untuk berbagi ide baru atau menantang diskusi tim.

Ingatlah bahwa umpan balik yang berkelanjutan sangat penting dan harus menjadi kebutuhan bersama bagi manajer dan karyawan. Berbicara mengenai manajer, peran mereka melengkapi upaya HR untuk memotivasi talenta dengan dorongan, inspirasi, dan panduan karier. Seperti yang anda ketahui, karyawan cenderung meninggalkan manajer, bukan perusahaan.

Mengapa? Karena setiap orang membutuhkan panutan, panduan, seseorang yang memicu rasa ingin tahu mereka dan menambahkan sedikit tekanan untuk melakukan pekerjaan terbaik, pekerjaan yang bisa kita banggakan. Terkait dengan motivasi, pentingnya pelatihan dan pengembangan cukup jelas.

Mentoring profesional membutuhkan pembelajaran yang inovatif melalui modul e-learning, kursus yang dibuat khusus, dan pembelajaran mikro. Dengan eloomi LMS, Anda bisa mendapatkan konten e-learning terbaik dari penyedia kelas dunia dan mengimplementasikan pengembangan kepemimpinan yang signifikan.

Mencegah pergantian karyawan bukan berarti menghilangkannya. Dengan demikian, mempersiapkan talenta muda untuk menghadapi tantangan dan tanggung jawab baru akan memperkuat stabilitas bisnis Anda. Saya yakin kita semua menghadapi perubahan yang cepat dan promosi yang tidak terduga dalam tim kerja kita. Jangan takut untuk berinvestasi pada sistem pembelajaran berkualitas tinggi dan konten khusus; ini akan menjadi kekayaan dan strategi retensi terbesar Anda.

Budaya
Budaya adalah salah satu tugas HR dan ini merupakan tantangan yang layak. Dibutuhkan waktu untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan budaya perusahaan, sehingga perlu disusun dengan cara yang cerdas. Budaya perusahaan mencakup visi bisnis, tanggung jawab sosial perusahaan, gaya komunikasi, keragaman dan banyak lagi. 

Yang terpenting, ini adalah sesuatu yang harus menjadi bagian dari rutinitas karyawan. Dengan kata lain, mereka harus memiliki rasa memiliki. Tampaknya ini merupakan sebuah paradoks, namun hal ini benar adanya. Sebagai karyawan baru, mungkin sulit untuk memahami, merasakan, dan mengenali budaya perusahaan pada rekan kerja lainnya.

Budaya juga berarti disiplin, dan secara formal diterjemahkan ke dalam kode etik perusahaan. Dalam hal ini, sangat penting untuk membuat karyawan baru mengetahui perilaku yang diinginkan sebelum memulai pekerjaan. Pelatihan online dapat menjadi ide yang sangat baik untuk mencegah masalah hukum atau etika yang dapat menyebabkan insiden atau bahkan sesuatu yang lebih kritis. Budaya juga berkaitan dengan keragaman. Peran penting lainnya dari budaya perusahaan adalah pengaruhnya terhadap kinerja dan produktivitas.

Ketika anda memahami dan berbagi budaya yang sama dengan kolega anda, Anda secara praktis berbicara dengan bahasa yang sama. Hal ini akan meningkatkan efektivitas, moral dan kepuasan anggota tim. Dan, tentu saja, motivasi adalah bagian dari hasil yang sukses ini. Perusahaan yang memiliki budaya bisnis yang kuat dan transparan membuat pekerjaan HR menjadi lebih mudah.

Menemukan kandidat yang tepat dalam hal kesesuaian budaya dan membedakan organisasi dari kompetitor dapat menjadi keuntungan yang signifikan selama tahap perekrutan dan perekrutan. Jika visi perusahaan sudah jelas sejak awal, HR akan fokus untuk menjaganya agar tetap hidup dan mendorongnya melalui kegiatan sosial dan inisiatif menarik lainnya.

Kepatuhan
Kepatuhan seharusnya tidak menjadi mimpi buruk anda. Namun hal ini bisa menjadi masalah jika anda masih ingin menanganinya dengan cara lama. Usaha kecil dan menengah membutuhkan pembaruan terus-menerus tentang persyaratan dan undang-undang. Pendekatan yang sama berlaku untuk kebijakan internal, hak-hak karyawan, keselamatan dan pengaturan kontrak.

Untuk membuat hidup anda lebih mudah dan menghilangkan semua kemungkinan interpretasi, Anda harus memiliki sistem yang sangat baik dan modern. Perangkat lunak online seperti eloomi menjamin kepatuhan penuh perusahaan Anda dengan proses notifikasi otomatis dan tenggat waktu pembaruan.

Kata 'gesit' sering terdengar dalam rapat dan pengumuman pimpinan dalam hal ini, kepatuhan tidak akan efektif tanpanya. Undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan terus berkembang. Bagaimana kita dapat memastikan bahwa kita tidak ketinggalan informasi terbaru dan detail lainnya? Menjadi semakin penting untuk memiliki sistem digital yang dapat diakses ketika menyangkut persyaratan kesehatan dan keselamatan.

Tenaga kerja anda tidak boleh ketinggalan kualifikasi terbaru atau kesadaran akan peraturan baru. Bagaimana dengan keamanan siber dan pelanggaran data? Kehidupan kerja kita bergantung pada perangkat digital dan berbagai program yang dapat terancam jika tidak digunakan dan dilindungi dengan benar.

Anda tidak perlu menjadi ahli IT untuk melindungi data anda, namun anda membutuhkan sistem yang solid untuk membuat semua karyawan anda bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Bayangkan jika anda memiliki tenaga kerja yang bisa menangani email phishing dan keamanan kata sandi. Bukankah itu luar biasa? Peraturan-peraturan ini dimaksudkan untuk melindungi perusahaan dan karyawan, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengadakan pelatihan kepatuhan secara teratur dan dokumen digital yang dapat diakses.

Bagaimana cara mendukung pekerja jarak jauh?  
Pertanyaan utama lainnya adalah apa yang harus menjadi fokus HR di masa depan. Tanpa berpikir panjang, kita bisa mengatakan 'pekerja jarak jauh'. Mengikuti tren kantor terbaru, jelas bahwa kehidupan kerja kita sedang menuju dimensi baru. Transformasi besar-besaran di seluruh perusahaan kecil dan besar ini membutuhkan bantuan HR sebagai pahlawan super yang beraksi.

Hubungan antar manusia menjadi kompleks di lingkungan virtual, dan orang-orang dapat dengan mudah mengalami kesepian dan perasaan tertekan. Meluangkan waktu untuk percakapan yang bersahabat sangat penting namun tidak selalu mudah. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan pembelajaran dan dialog 1:1 antara manajer dan karyawan.

Teknologi dan sistem cerdas memungkinkan kita untuk membuat rencana dan memantau kehidupan kerja dengan gambaran yang jelas. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan menunggu sampai karyawan anda frustrasi atau tidak bersemangat; bantu mereka untuk tetap bersemangat meskipun ada krisis atau kejadian yang tidak terduga. Mengadopsi platform digital untuk pelatihan dan penilaian kinerja adalah solusi terbaik untuk melibatkan dan menjaga antusiasme karyawan Anda.

Skenario Impian SDM
Apa yang bisa menjadi kondisi kerja terbaik agar HR dapat berkembang dan berpikir secara strategis untuk mendukung perusahaan? Intinya, mengurangi dokumen dan tugas-tugas yang memakan waktu adalah langkah pertama. Pelaporan dengan solusi online yang intuitif dapat mengubah status quo departemen HR dan menawarkan lebih banyak waktu yang didedikasikan untuk hubungan antar manusia.

Tidak diragukan lagi, angka dan statistik dapat memberi tahu kita di mana hal-hal yang berhasil dan tidak. Sistem digital berarti objektivitas, dan itu adalah emas. Ucapkan selamat tinggal pada berbagai interpretasi, area abu-abu, dan posisi yang bertentangan. Mulailah fokus pada tindakan yang tepat untuk diambil dan tingkatkan produktivitas tanpa hambatan umum seperti politik dan kesalahpahaman.

Disadur dari: eloomi.com