Apa yang Dimaksud dengan Besi Tuang?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

16 Mei 2024, 13.42

Sumber: https://en.wikipedia.org

Besi tuang atau cast iron (cast iron dalam bahasa Inggris) merupakan paduan besi-karbon dengan kandungan karbon lebih dari 2%. Paduan besi dengan kandungan karbon kurang dari 2% disebut baja. Unsur paduan terpenting yang membentuk karakter besi tuang adalah karbon (C) 3-3,5% dan silikon (Si) 1,8-2,4%. Perbedaan kadar C dan Si menyebabkan besi cor memiliki titik leleh yang lebih rendah dibandingkan baja, yaitu sekitar 1150-1200°C. Zat paduan yang terkandung di dalamnya mempengaruhi warna patahan; Besi cor putih mengandung unsur karbida, sedangkan besi cor kelabu mengandung serpihan grafit.

Besi tuang umumnya rapuh, kecuali besi lunak. Karena titik lelehnya yang relatif rendah, fluiditas yang baik, kelenturan, kemampuan mesin yang sangat baik, ketahanan terhadap deformasi dan keausan, besi cor telah banyak digunakan dalam bidang teknik dan juga digunakan dalam pipa, mesin dan suku cadang mobil seperti silinder, silinder. blok dan gearbox.

Benda besi cor tertua yang ditemukan para arkeolog berasal dari abad ke-5 SM. di Jiangsu, Tiongkok. Di Tiongkok kuno, besi cor digunakan dalam peperangan, pertanian, dan arsitektur. Pada abad ke-15, besi cor digunakan untuk membuat artileri selama Reformasi di Burgundy, Perancis dan Inggris. Jembatan besi cor pertama dibangun pada tahun 1770-an oleh Abraham Darby III yang dikenal dengan Jembatan Besi. Besi cor juga banyak digunakan dalam konstruksi rumah.

Fabrikasi

Pig iron diproduksi dengan cara melebur kembali besi tanur sembur dari bijih besi dan menambahkan besi tua, besi tua, batu kapur sebagai bahan bakarnya, sehingga menghasilkan terak yang dapat mengikat kotoran dan memisahkannya dari lelehan besi dan batu bara. dari minuman bersoda Besi tuang biasanya dilebur dalam tanur tiup khusus yang sering disebut cungkup, namun saat ini banyak pengecoran yang menggunakan tanur listrik seperti tanur induksi dan tanur busur listrik sebagai pengganti cungkup. Logam cair yang keluar dari cangkir diangkut dalam ember.

Jenis:

  • Besi tulang kelabu mengandung grafit berbentuk serpihan tipis yang tersebar merata di seluruh strukturnya, sehingga daerah patahannya berwarna abu-abu.
  • Besi tuang putih (white cast iron) memiliki bidang patahan yang berwarna putih karena mengandung sejumlah besar sementit dengan kandungan karbon lebih dari 1,7%.
  • Besi tuang mampu tempa (malleable cast iron) merupakan besi tuang putih yang diberi perlakuan panas sampai kurang lebih 900 °C. Perlakuan panas yang diterapkan pada besi tuang putih umumnya adalah anil yang bertujuan untuk memisahkan karbida besi Fe3C menjadi besi dan grafit.
  • Besi tuang nodular berbentuk grafit bulat. Penambahan magnesium dan serium (paduan Fe-Si-Mg) pada saat besi tuang dalam keadaan cair membuat grafit menjadi bulat (nodulasi).

Sumber: https://id.wikipedia.org