Apa yang Dilakukan Seorang Insinyur Telekomunikasi? Panduan Lengkap

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 09.26

Sumber: pinterest

Insinyur telekomunikasi atau insinyur telekomunikasi adalah para profesional yang mengelola data melalui berbagai mode komunikasi. Mereka melakukan berbagai tugas yang berkaitan dengan desain dan pemasangan peralatan telekomunikasi. Untuk mengejar karier sebagai insinyur telekomunikasi, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Dalam artikel ini, kami membahas apa yang dilakukan oleh seorang insinyur telekomunikasi, keterampilan dan kualifikasi yang mereka butuhkan dalam pekerjaan dan bagaimana cara menjadi seorang insinyur.

Harap diperhatikan bahwa tidak ada perusahaan, institusi, atau organisasi yang disebutkan dalam artikel ini yang terkait dengan Indeed.

Apa yang dilakukan seorang Insinyur Telekomunikasi?

Untuk menjawab pertanyaan 'Apa yang dilakukan oleh seorang insinyur telekomunikasi?", berikut ini adalah daftar beberapa tugas umum seorang insinyur telekomunikasi:

  1. Menginstal perangkat keras dan perangkat lunak baru untuk sistem telekomunikasi
  2. Menguji perangkat keras dan perangkat lunak untuk menentukan efisiensi dan kompatibilitas dengan sistem yang ada
  3. Mengevaluasi kinerja sistem
  4. Menyediakan layanan transmisi data berkecepatan tinggi
  5. Memantau lalu lintas jaringan, keamanan, dan kapasitas untuk mengidentifikasi masalah yang dapat memengaruhi layanan
  6. Memastikan perencanaan dan pelaksanaan berbagai proyek secara tepat waktu
  7. Menyelesaikan semua masalah terkait jaringan dan layanan telekomunikasi
  8. Memastikan kepatuhan terhadap protokol dan proses yang diamanatkan
  9. Memperbarui dan meningkatkan dokumentasi teknis untuk mendukung persyaratan keamanan
  10. Melayani klien untuk menyelesaikan masalah dan kesalahan sistem
  11. Memiliki pemahaman mendalam tentang produk dan layanan yang disediakan oleh perusahaan
  12. Memaksimalkan efisiensi dengan mengadopsi metode baru dan pemecahan masalah secara berkala
  13. Berpartisipasi dalam latihan bantuan bencana

Deskripsi pekerjaan Insinyur Telekomunikasi

Insinyur telekomunikasi merancang, membangun, dan menguji teknologi yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi dalam jarak geografis yang jauh. Mereka bekerja di berbagai bidang seperti penyiaran radio dan televisi, komunikasi satelit, layanan telepon, dan jaringan internet. Mereka mungkin ahli dalam mengelola data seperti suara, video, panggilan, dan teks melalui berbagai mode komunikasi. Mereka memastikan bahwa data yang ditransmisikan melalui saluran komunikasi berkualitas tinggi dan tanpa kehilangan informasi.

Sebagai bagian dari pekerjaan mereka, teknisi telekomunikasi dapat memeriksa fungsi teknologi jaringan baru dan membuat rekomendasi untuk integrasi mereka ke dalam sistem yang ada. Selain memastikan ketersediaan jaringan bagi pelanggan, mereka juga dapat melakukan kegiatan dukungan dan pemeliharaan pelanggan. Instalasi peralatan, pengujian jaringan, dan integrasi sistem adalah beberapa tugas rutin yang dapat dilakukan oleh seorang insinyur telekomunikasi.

Keahlian untuk seorang Insinyur Telekomunikasi

Jika Anda ingin mengejar karier sebagai insinyur telekomunikasi, pertimbangkan untuk mengembangkan keterampilan ini:

  • Keterampilan komunikasi

Insinyur telekomunikasi dapat memperoleh manfaat dari memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Mereka dapat berkomunikasi secara teratur dengan para profesional dan manajemen lain tentang berbagai masalah jaringan dan keamanan. Mereka memberikan saran untuk perbaikan dan memberi saran kepada klien mengenai langganan mereka ke berbagai layanan. Mereka dapat berkoordinasi dengan pemangku kepentingan internal dan eksternal perusahaan. Mereka juga dapat menyiapkan laporan terperinci untuk disampaikan kepada pejabat manajemen tingkat atas perusahaan.

  • Kemampuan beradaptasi

Insinyur telekomunikasi biasanya bekerja sebagai anggota beberapa tim. Mereka mendapat manfaat dari menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi, karena hal ini memungkinkan mereka untuk bekerja dengan berbagai profesional untuk memenuhi tujuan organisasi. Mereka juga dapat bekerja secara individu pada beberapa proyek dan melakukan beragam tugas sendiri.

  • Keterampilan memecahkan masalah

Mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi merupakan tanggung jawab utama seorang insinyur telekomunikasi. Masalah jaringan, perangkat keras, perangkat lunak, dan masalah yang berhubungan dengan data dapat muncul secara tidak terduga dan seorang insinyur telekomunikasi bertanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya dalam jangka waktu yang wajar. Mereka melakukan penelitian untuk menyelidiki dan menerapkan praktik terbaik industri dan inovasi teknologi.

  • Pemikiran analitis

Insinyur telekomunikasi menganalisis dan menginterpretasikan data untuk menemukan penyebab masalah. Mereka mencoba menarik kesimpulan logis dan merekomendasikan solusi tepat waktu untuk masalah. Mereka menentukan cara yang paling efektif untuk menghilangkan dan mengurangi dampak masalah di masa depan.

  • Keterampilan teknis

Seorang insinyur telekomunikasi mendapat manfaat dari memiliki pemahaman teknis tentang berbagai komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang sangat penting untuk alur kerja teknik telekomunikasi. Mereka biasanya terbiasa dengan standar dan protokol yang berlaku untuk jaringan telekomunikasi. Pengalaman dengan perangkat lunak yang terkait dengan sistem telekomunikasi dapat membantu seorang insinyur telekomunikasi, karena mereka sebagian besar bekerja dengan pengawasan dan bimbingan minimal.

Bagaimana cara menjadi Insinyur Telekomunikasi?

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menjadi insinyur telekomunikasi:

1. Lulus dari sekolah menengah atas
Kandidat dapat lulus dari sekolah menengah atas, lebih disukai dengan fokus pada mata pelajaran sains untuk mengejar karir sebagai insinyur telekomunikasi. Memperoleh nilai agregat minimal 55% untuk dapat diterima di perguruan tinggi teknik ternama di negara ini. Para kandidat mungkin harus lulus JEE (Ujian Masuk Bersama) atau AIEEE (Ujian Masuk Teknik Seluruh India) untuk bergabung dengan universitas-universitas negeri tingkat nasional. Perguruan tinggi teknik swasta dapat melakukan ujian masuk mereka sendiri untuk menerima siswa ke dalam program-program teknik mereka.

2. Mengejar gelar sarjana
Setelah lulus dari sekolah menengah atas, Anda dapat mendaftar ke perguruan tinggi teknik di seluruh negeri. Gelar sarjana di bidang teknik telekomunikasi, IT (Teknologi Informasi) atau teknik elektronik dan komunikasi dapat menjadi pilihan yang ideal untuk memasuki industri ini. Program studi yang populer adalah:

  • BTech (Bachelor of Technology) di bidang Teknik Telekomunikasi
  • BTech (Sarjana Teknologi) di bidang Teknik Elektronika dan Komunikasi

3. Mengejar gelar master
Meskipun tidak wajib, gelar pascasarjana dapat meningkatkan kemampuan kerja dan potensi penghasilan Anda. Perusahaan besar dan ternama dapat memberikan preferensi kepada kandidat yang memiliki gelar master di bidang teknik komunikasi atau bidang terkait. Jika Anda ingin naik jabatan ke posisi administratif, pendidikan pascasarjana dapat bermanfaat. Program master yang populer untuk insinyur telekomunikasi adalah MTech (Master of Technology) di bidang Teknik Telekomunikasi.

4. Melamar pekerjaan
Setelah mendapatkan kualifikasi pendidikan yang relevan, Anda dapat mulai melamar pekerjaan. Lulusan yang baru lulus dari perguruan tinggi mungkin tidak akan langsung direkrut sebagai insinyur telekomunikasi, tetapi dapat memulai karir mereka di posisi entry-level seperti teknisi setelah pelatihan industri. Setelah mendapatkan pengalaman kerja dan mengasah kemampuan Anda, Anda dapat naik ke posisi yang lebih tinggi melalui promosi. Memiliki gelar master atau sertifikasi industri yang relevan dapat mempercepat pertumbuhan karier Anda. Berikut ini adalah beberapa institusi publik terkemuka yang merekrut insinyur telekomunikasi:

  1. ISRO (Organisasi Penelitian Luar Angkasa India)
  2. BSNL (Bharat Sanchar Nigam Limited)
  3. Angkatan Darat India
  4. AIR (All India Radio)
  5. Layanan Teknik India

Lingkungan kerja seorang Insinyur Telekomunikasi

Pekerjaan seorang insinyur telekomunikasi biasanya terikat dengan kantor. Mereka menggunakan komputer untuk memonitor jaringan dan peralatan penyiaran dari jarak jauh. Mereka mungkin melakukan perjalanan sesekali untuk memasang peralatan baru atau melakukan perbaikan. Mereka bekerja pada jam kerja biasa, tetapi terkadang pekerjaan mereka dapat melampaui jam kerja normal selama keadaan darurat atau tenggat waktu yang mendesak.

Teknisi telekomunikasi dapat bekerja sebagai bagian dari tim atau secara individu. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk mengawasi sejumlah profesional, seperti teknisi dan pemasang. Insinyur telekomunikasi dapat mencari pekerjaan di bidang-bidang seperti penyiaran radio dan televisi, jaringan telepon dan internet, dan komunikasi satelit. Ada permintaan yang meningkat untuk para profesional di domain ini dan, karenanya, teknik telekomunikasi menunjukkan prospek karir yang selalu hijau.

Berapa gaji seorang Insinyur Telekomunikasi?

Gaji seorang insinyur telekomunikasi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, perusahaan dan kualifikasi kandidat. Insinyur telekomunikasi adalah profesional yang terampil dan bisa mendapatkan bayaran yang tinggi untuk jasa mereka. Gaji pokok rata-rata seorang insinyur telekomunikasi adalah Rp3.024,47 per bulan.

  • Karier terkait

Jika anda tertarik dengan peran pekerjaan sebagai insinyur telekomunikasi, berikut ini adalah beberapa karier serupa di industri telekomunikasi yang dapat anda pertimbangkan untuk dikejar:

1. Teknisi telekomunikasi

Teknisi telekomunikasi adalah spesialis yang bertanggung jawab untuk membangun sistem komunikasi. Mereka memasang, mengoperasikan, dan memelihara jaringan, sistem, dan peralatan telekomunikasi. Mereka mempelajari pesanan dan spesifikasi pelanggan dan merencanakan instalasi jaringan.
Teknisi telekomunikasi memverifikasi ketersediaan layanan dengan menguji sirkuit dan peralatan serta mengidentifikasi dan memperbaiki masalah. Selain itu, mereka juga mendokumentasikan infrastruktur jaringan dengan memberi label dan merutekan peralatan. Mereka menjaga lingkungan yang aman dengan mengikuti kode, peraturan hukum, dan pedoman yang ditetapkan oleh perusahaan dan otoritas pemerintah.

2. Manajer telekomunikasi

Manajer telekomunikasi menangani dan mengawasi teknologi dan infrastruktur komunikasi dalam sebuah organisasi. Mereka memastikan bahwa pengoperasian mesin sehari-hari seperti telepon, tablet, ponsel, dan mesin faks berjalan lancar. Manajer telekomunikasi memantau instalasi, konfigurasi, pemeliharaan, dan pembaruan berbagai perangkat telekomunikasi. Mereka memastikan bahwa sistem LAN dan WAN, program perangkat lunak jaringan, dan sistem perangkat keras suatu organisasi selalu diperbarui dan berfungsi dengan baik.

3. Operator telekomunikasi

Operator telekomunikasi memainkan peran penting dalam membantu perusahaan dan pelanggan memenuhi kebutuhan solusi telekomunikasi yang terus meningkat. Tanggung jawab utama mereka adalah menjawab panggilan telepon dan merutekan panggilan yang sedang berlangsung. Mereka mungkin bertanggung jawab untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang berbagai produk atau layanan, menerima pesan dan merekam panggilan keluar untuk perusahaan.

Selain itu, operator telekomunikasi juga dapat mengelola direktori kontak. Mereka menerima panggilan masuk, menerima permintaan penelepon, memberikan informasi yang relevan atau menghubungkan mereka ke departemen atau orang lain. Mereka mungkin bekerja untuk penyedia telekomunikasi, pusat panggilan, organisasi swasta, dan organisasi tanggap darurat.

Angka gaji mencerminkan data yang tercantum di Indeed Salaries pada saat penulisan. Gaji dapat bervariasi tergantung pada organisasi yang mempekerjakan dan pengalaman, latar belakang akademis, dan lokasi kandidat.
Gaji yang ditawarkan mungkin berbeda dari yang tertera di sini;

Disadur dari: https://in.indeed.com/