Antarmuka Pengguna (UI): Mengupas Konsep dan Peran Masing-Masing

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 April 2024, 08.36

Sumber: www.bing.com/images/create

Antarmuka pengguna (dalam bahasa Inggris: user interface; disingkat UI) adalah suatu bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan sistem operasi agar komputer dapat digunakan.

The Reactable, contoh antarmuka pengguna yang nyata

Dalam desain industri interaksi manusia-komputer, antarmuka pengguna (UI) adalah ruang tempat terjadinya interaksi antara manusia dan mesin. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk memungkinkan penggunaan dan pengendalian mesin secara efisien oleh manusia, sementara mesin mengembalikan informasi yang membantu pengguna dan #039; keputusan membuat proses. Contoh konsep antarmuka pengguna yang luas ini mencakup aspek interaktif sistem operasi komputer, perkakas tangan, kendali mesin berat, dan kendali proses. Pertimbangan desain yang diterapkan pada pembuatan antarmuka pengguna berkaitan dengan disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi.

Secara umum, tujuan dari desain antarmuka pengguna adalah untuk menghasilkan antarmuka pengguna yang membuat penggunaan mesin menjadi mudah, efisien, dan menyenangkan (user-friendly) dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan (yaitu kegunaan maksimal). Ini biasanya berarti bahwa pengguna harus memberikan masukan sesedikit mungkin untuk mencapai keluaran yang diinginkan, dan juga mesin meminimalkan keluaran yang tidak diinginkan kepada pengguna.

Antarmuka pengguna terdiri dari satu atau lebih lapisan, termasuk antarmuka manusia-mesin (HMI), yang biasanya menghubungkan mesin ke perangkat keras masukan fisik (seperti keyboard, mouse, atau gamepad) dan perangkat keras keluaran (seperti monitor komputer, speaker, dan printer ). Perangkat yang mengimplementasikan antarmuka pengguna disebut antarmuka manusia (HID). Antarmuka yang menghilangkan pergerakan fisik bagian tubuh sebagai langkah perantara antara otak dan mesin tidak menggunakan perangkat input atau output selain elektroda; mereka disebut antarmuka otak-komputer (BCI) atau antarmuka otak-komputer (BMI).

Istilah lain untuk antarmuka manusia-mesin adalah antarmuka manusia-mesin (MMI) dan, untuk komputer, antarmuka manusia-komputer. Lapisan antarmuka pengguna tambahan dapat berinteraksi dengan satu atau lebih indera manusia, termasuk: antarmuka pengguna taktil (sentuhan), antarmuka pengguna visual (penglihatan), antarmuka pendengaran (suara), antarmuka penciuman (penciuman), antarmuka pengguna keseimbangan (keseimbangan), dan pengecapan. . antarmuka pengguna (rasa). .

Antarmuka pengguna komposit (CUI) adalah antarmuka pengguna yang berinteraksi dengan dua pikiran atau lebih. CUI yang paling umum adalah antarmuka pengguna grafis (GUI), yang terdiri dari antarmuka sentuh dan antarmuka visual yang mampu menampilkan grafik. Ketika audio ditambahkan ke antarmuka pengguna grafis, itu menjadi antarmuka pengguna multimedia (MUI). Ada tiga kategori besar CUI: standar, virtual, dan ditingkatkan. CUI standar menggunakan perangkat antarmuka manusia standar seperti keyboard, mouse, dan monitor komputer. Ketika CUI memblokir dunia nyata untuk menciptakan realitas virtual, CUI adalah virtual dan menggunakan antarmuka realitas virtual. Jika CUI tidak mencakup dunia nyata atau menciptakan augmented reality, CUI tersebut ditambah dan menggunakan antarmuka augmented reality.

Ketika antarmuka pengguna berinteraksi dengan semua indera seseorang, itu disebut antarmuka qualia, dinamai berdasarkan teori qualia. [rujukan?] CUI juga dapat diklasifikasikan berdasarkan berapa banyak indera yang berinteraksi dengannya, baik antarmuka realitas virtual sensorik X atau antarmuka pengguna realitas tertambah X., di mana X adalah jumlah indra yang terhubung. Misalnya, Smell-O-Vision adalah antarmuka standar 3-indera (3S) dengan tampilan visual, suara, dan penciuman. ketika realitas virtual menghubungkan antarmuka dengan penciuman dan sentuhan, itu dikatakan sebagai antarmuka realitas virtual 4-indera (4S); dan ketika antarmuka augmented reality mencakup penciuman dan sentuhan, itu dikatakan sebagai antarmuka augmented reality empat indera (4S).

Review

Antarmuka manusia-mesin biasanya melibatkan perangkat keras periferal untuk INPUT dan OUTPUT. Seringkali, ada komponen tambahan yang diimplementasikan dalam perangkat lunak, seperti misalnya. antarmuka pengguna grafis.

Antarmuka pengguna, atau antarmuka manusia-mesin, adalah bagian mesin yang berhubungan dengan komunikasi manusia-mesin. Sakelar membran, keyboard karet, dan layar sentuh adalah contoh bagian fisik antarmuka manusia-mesin yang dapat kita lihat dan sentuh.

Dalam sistem yang kompleks, antarmuka manusia-mesin biasanya berbasis komputer. Antarmuka manusia-komputer mengacu pada sistem seperti itu. Dalam konteks komputasi, istilah ini biasanya meluas ke perangkat lunak yang dirancang untuk mengontrol elemen fisik yang digunakan dalam interaksi manusia-komputer. Antarmuka manusia-mesin ditingkatkan dengan mempertimbangkan ergonomi (faktor manusia). Disiplin terkait adalah rekayasa faktor manusia (HFE) dan rekayasa kegunaan (UE), yang merupakan bagian dari rekayasa sistem.
 

Disadur dari: en.wikipedia.org