7 Tips Ampuh Agar Membiasakan Diri Rajin Belajar, Kamu Sudah Lakukan? Baca artikel detikedu, 7 Tips Ampuh Agar Membiasakan Diri Rajin Belajar, Kamu Sudah Lakukan?

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

29 Juli 2022, 23.14

Sumber : istockphoto.com

Apakah kamu kesulitan membiasakan diri untuk rajin belajar? Alih-alih memaksakan diri, kamu perlu memahami berbagai hal agar bisa belajar lebih efektif, lo.

Bagi sebagian pelajar, menyisihkan waktu untuk belajar setiap hari adalah hal sulit. Apalagi jika harus merelakan waktu bermainnya untuk belajar. Padahal untuk membiasakan diri rajin belajar bisa dilakukan dengan cara yang seimbang tanpa harus mengorbankan waktu bermain dan istirahat.

Merangkum laman SMKN 1 Binuang dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten (BKPP) Demak, berikut tips ampuh membiasakan diri rajin belajar.


7 Tips Ampuh Membiasakan Diri Rajin Belajar:

1. Mengetahui Tujuan Spesifik Belajar
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui tujuan spesifik mengapa kamu belajar. Hal ini diperlukan karena setiap orang bisa jadi memiliki target yang berbeda.

Misal belajar untuk memperbaiki nilai semester, belajar untuk menambah wawasan materi, belajar untuk mendaftar perguruan tinggi, dan seterusnya. Dengan mengetahui tujuan, kita akan ingat porsi belajar yang sesuai.


2. Membuat Jadwal Belajar
Tidak semua orang memiliki kebiasaan ini. Namun jika kamu ingin lebih rajin dalam mencapai target yang diinginkan, cobalah untuk membuat jadwal belajar.

Jadwal yang dibuat sebaiknya sesuai dengan target yang ingin dicapai. Dengan begitu, kamu akan belajar sesuai dengan kebutuhan. Buatlah di kalender HP agar mudah untuk diingat atau di tempat kamu biasa belajar.

Pilih waktu yang efektif saat suasana hati kamu dalam keadaan paling baik. Misal di luar kegiatan bermain atau tidak mengganggu waktu istirahat. Dengan begitu, kamu tetap bisa rajin belajar tanpa mengorbankan aktivitas lain.


3. Kurangi Bermain Media Sosial
Agar kamu bisa belajar dengan fokus, pastikan kamu mengubah kebiasaan yang kurang mendukung. Seperti bermain media sosial dengan waktu yang lama tanpa ada tujuan apapun.

Jika kamu ingin bermain media sosial, lakukanlah di luar jam belajar yang sudah kamu tentukan. Ketika mulai belajar, jauhkan jangkauan HP agar kamu tidak tergoda. Kamu juga bisa setting alarm untuk 25 menit belajar, 5 menit pegang HP.


4. Pilih Cara Belajar yang Sesuai
Setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda dalam belajar karena kemampuan untuk menyerap ilmu juga tidak sama tingkatannya. Pendekatan belajar itu dapat melalui visual, auditori atau kinestetik. Untuk itu agar semakin termotivasi belajar, kamu juga perlu mengenali mana sih metode belajar yang tepat.

Sebagai gambaran, metode visual lebih banyak menggunakan gambar sehingga model grafik, flowchart, diagram atau rangkuman dengan tema warna berbeda akan sangat membantu.

Untuk gaya belajar audio cara yang paling mudah adalah dengan mendengar rekaman belajar, mendengar penjelasan dari orang lain atau belajar di dalam kelompok. Sedangkan metode kinestetik akan lebih mudah belajar dengan bantuan gerakan tubuh, keterampilan ataupun juga penggunaan komputer.


5. Manfaatkan Fasilitas
Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan fasilitas apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung belajar. Misalkan diskusi dengan guru, teman hingga meminjam buku di perpustakaan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan gadget untuk mendukung belajar dengan lebih mudah.


6. Selingi dengan Aktivitas yang Menyenangkan
Agar belajar tidak membosankan, kamu bisa lakukan aktivitas yang menyenangkan. Misal sebelum atau sesudah belajar kamu bermain game atau menonton film agar suasana hati dan pikiran tetap fresh.

Baca juga:
6 Cara agar Rajin Belajar, Salah Satunya Ubah Kebiasaan Pegang HP

7. Rileks
Hal penting yang jarang disadari adalah belajar harus dalam suasana yang tidak tertekan. Oleh karena itu, penting untuk menyadari kondisi pikiran kamu agar ketika belajar bisa efektif terserap ke dalam otak.

Ketika jadwal belajar padat, jangan lupa untuk istirahat, sekedar menonton film yang disukai atau melakukan hobi yang digemari adalah hal yang penting dilakukan.

Sumber Artikel : detik.com