Kesehatan dan Keselamatan

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

24 Mei 2024, 08.03

sumber: pinterest.com

Memahami peran kesehatan dan keselamatan dalam bisnis memainkan peran penting dalam menjaga kesejahteraan karyawan secara umum, sehingga membuat mereka lebih produktif saat menjalankan tugas mereka. Ada berbagai peraturan kesehatan dan kesejahteraan yang diberlakukan untuk memastikan lingkungan kerja yang aman bagi semua. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang topik kesehatan dan keselamatan sangat penting bagi para manajer bisnis. 

Kesehatan dan keselamatan: definisi dalam bisnis

Semua bisnis yang produktif menekankan pada kesehatan dan keselamatan di tempat kerja untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan melindungi karyawan dan masyarakat.

Kesehatan dan keselamatan mengacu pada pedoman dan prosedur yang ditetapkan untuk mencegah atau meminimalkan kecelakaan atau cedera di tempat umum.

Kesehatan dan keselamatan dalam bisnis didefinisikan sebagai peraturan dan prosedur yang ditetapkan untuk mencegah cedera atau kecelakaan akibat kerja atau yang berhubungan dengan pekerjaan di tempat kerja atau tempat umum. Pedoman ini ada untuk melindungi bisnis dan karyawan.

Kesehatan dan keselamatan, pengukuran risiko di tempat kerja, StudySmarter

Apakah Anda ingin melihat infografis ini dan banyak infografis hebat lainnya?

Ada tiga wilayah akses terhadap masalah kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Wilayah pertama adalah wilayah yang dapat diterima secara luas, di mana masalah kesehatan dan keselamatan kerja sangat minim. Wilayah kedua adalah wilayah yang dapat ditoleransi, yang mengindikasikan adanya peningkatan risiko kesehatan dan keselamatan kerja namun masih minimal. Wilayah terakhir adalah wilayah yang tidak dapat diterima, di mana risiko terhadap kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan di masyarakat tidak dapat lagi diabaikan, sehingga membutuhkan manajemen yang mendesak.

Agar sebuah bisnis memiliki sistem manajemen kesehatan dan keselamatan yang baik, maka perlu memiliki struktur kepemimpinan yang kuat yang memahami pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bisnis, sehingga dapat mengelola risiko kesehatan dan keselamatan sebelum mencapai wilayah yang tidak dapat diterima seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1 di atas.

Ada berbagai peraturan kesehatan dan keselamatan yang diberlakukan di bawah hukum untuk mencapai tujuan ini. Perusahaan diharapkan untuk mematuhi peraturan ini atau berisiko membayar denda atau bahkan menghadapi hukuman penjara

Undang-undang kesehatan dan keselamatan di tempat kerja

Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah undang-undang yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan dan keselamatan di tempat kerja di Inggris. Undang-undang ini mendefinisikan peran pemilik bisnis dan karyawan mereka dalam menjaga kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja ditegakkan oleh badan yang ditunjuk pemerintah yang dikenal sebagai Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan, dengan dukungan dari pemerintah setempat. Di bawah ini adalah poin-poin penting dari Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja:

  • Staf harus dilatih tentang prosedur kesehatan dan keselamatan untuk memastikan mereka memahami dengan baik.
  • Perusahaan harus memberikan kesejahteraan yang memadai kepada karyawan mereka di tempat kerja.
  • Lingkungan kerja bisnis harus dipelihara dengan baik, dan pekerjaan harus dilakukan dengan aman.
  • Harus ada ketentuan untuk informasi yang relevan yang dibutuhkan di tempat kerja dan pengawasan yang disediakan.
  • Untuk bisnis dengan lima atau lebih karyawan, dokumen tertulis yang merinci peraturan kesehatan dan keselamatan bisnis harus tersedia.
  • Harus ada ketentuan untuk pencahayaan dan ventilasi yang memadai di tempat kerja.
  • Semua fasilitas staf termasuk toilet harus dijaga kebersihannya dan dipelihara dengan baik.
  • Manajer atau tim manajemen yang kompeten harus ditempatkan untuk mengawasi kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.
  • Penilaian risiko kesehatan dan keselamatan harus dilakukan secara teratur di tempat kerja bisnis.
  • Pengusaha harus menyediakan waktu istirahat yang cukup untuk semua karyawan.

Kesehatan dan keselamatan dalam bisnis: contoh

Bisnis konstruksi memberikan contoh yang baik dalam hal kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Di lingkungan ini, pekerja diharapkan bekerja di ketinggian di atas perancah atau tangga.

Beberapa pemilik bisnis mungkin terburu-buru dalam melakukan penilaian risiko lingkungan, dan hanya menyediakan sedikit peralatan untuk mencegah jatuh. Jika seorang karyawan kehilangan keseimbangan dan jatuh dari ketinggian, cedera serius atau bahkan fatal dapat terjadi.

Kesehatan dan keselamatan di ruang kerja ini dapat didekati dengan menyediakan alat pelindung dan pelatihan bagi pekerja. Pemilik bisnis juga perlu melakukan penilaian risiko di tempat kerja dan mengidentifikasi area di mana alat pelindung jatuh diperlukan serta secara teratur memperbarui program keselamatan perlindungan jatuh.

Pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bisnis

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja sangat penting karena alasan-alasan berikut:

  • Memberikan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kepada karyawan dapat mengurangi kecelakaan dan cedera di tempat kerja.
  • Pengetahuan bahwa pemilik bisnis peduli dengan kesehatan dan keselamatan mengurangi ketakutan karyawan dan meningkatkan motivasi karyawan, sehingga meningkatkan produktivitas semua karyawan di tempat kerja.
  • Pengusaha yang mengambil langkah untuk memastikan keselamatan karyawan mereka dengan memberikan pelatihan kesehatan dan keselamatan serta menyiapkan fasilitas dan peraturan yang diperlukan akan meningkatkan semangat kerja karyawan untuk bekerja lebih baik dan lebih produktif.
  • Pelatihan kesehatan dan keselamatan karyawan menghemat uang perusahaan yang seharusnya dihabiskan untuk denda pemerintah, perbaikan dan pembersihan peralatan, perekrutan dan pelatihan pekerja pengganti, serta waktu dan sumber daya yang dihabiskan untuk investigasi kecelakaan.
  • Pelatihan kesehatan dan keselamatan yang tepat akan menghemat uang dan waktu perusahaan yang hilang akibat kecelakaan di tempat kerja.
  • Catatan kesehatan dan keselamatan yang baik meningkatkan citra bisnis di mata publik, sehingga membangun kepercayaan pelanggan terhadap bisnis tersebut.
  • Catatan kesehatan dan keselamatan yang baik menunjukkan komitmen bisnis terhadap keberlanjutan, sehingga berpotensi menarik investor.
  • Tetap terorganisir dan fokus

Prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan

Berikut ini adalah prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan yang harus dipatuhi oleh perusahaan, pemilik, dan karyawan:

  • Kesehatan dan keselamatan semua orang harus diprioritaskan dan kebijakannya harus dapat diterapkan secara wajar.
  • Perusahaan yang kegiatannya dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan dan/atau keselamatan bertanggung jawab untuk menghilangkan atau mengurangi risiko tersebut.
  • Para pekerja mandiri dan semua pemilik bisnis harus mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengurangi atau menghilangkan risiko kesehatan dan keselamatan di lingkungan bisnis mereka.
  • Pemilik bisnis dan karyawan harus saling memberikan informasi tentang risiko kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan membuat langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghilangkan atau menguranginya.
  • Pemilik bisnis harus memantau dan melaporkan masalah kesehatan dan keselamatan.

Tujuan kesehatan dan keselamatan dalam bisnis

Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dibuat untuk meningkatkan standar kondisi kerja dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan di lingkungan bisnis, sehingga mencegah kecelakaan, penyakit, dan cedera. Berikut ini adalah empat tujuan utama Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja di lingkungan bisnis:

  • Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja bertujuan untuk memastikan kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan karyawan dan orang-orang di lingkungan bisnis.
  • Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja bertujuan untuk melindungi masyarakat umum dari risiko kesehatan dan keselamatan yang mungkin timbul akibat aktivitas bisnis,
  • Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja bertujuan untuk memastikan risiko di tempat kerja dieliminasi pada sumbernya.
  • Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja bertujuan untuk melibatkan bisnis, karyawan, dan pemberi kerja dalam perumusan dan penerapan standar kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan umum.
  • Menghilangkan dan mengurangi risiko kesehatan dan keselamatan di lingkungan bisnis adalah hal yang penting untuk pertumbuhan bisnis. Hal ini dimulai dengan pemilik bisnis memahami apa saja risiko-risiko tersebut dan memberikan informasi yang memadai kepada karyawan mereka untuk mengelola risiko yang mungkin mereka hadapi di tempat kerja.
  • Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan di Tempat Kerja sangat penting untuk mempromosikan dan memelihara budaya kesehatan dan keselamatan yang baik dalam bisnis.

Kesimpulannya, Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dibuat untuk melindungi pengusaha dan karyawan. Dalam industri tertentu, sangat penting untuk mengadakan pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja secara teratur, memperbarui program kesehatan dan keselamatan kerja, dan secara konsisten melaporkan kesehatan dan keselamatan kerja secara keseluruhan. Namun secara keseluruhan, menjaga kesehatan dan keselamatan adalah tanggung jawab semua karyawan dan pemilik dalam sebuah bisnis.

Kesehatan dan keselamatan hal-hal penting

Istilah 'kesehatan dan keselamatan' mengacu pada pedoman dan prosedur yang ditetapkan untuk mencegah atau meminimalkan kecelakaan atau cedera di tempat umum.

Kesehatan dan keselamatan dalam bisnis adalah tentang mengelola risiko operasional atau risiko lainnya, untuk melindungi karyawan dan bisnis itu sendiri.

Agar bisnis memiliki sistem manajemen kesehatan dan keselamatan yang baik, bisnis harus memiliki struktur kepemimpinan yang kuat yang memahami pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bisnis.

Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah undang-undang yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan dan keselamatan di tempat kerja di Inggris. Undang-undang ini mendefinisikan peran pemilik bisnis dan karyawan mereka dalam menjaga kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja ditegakkan oleh badan yang ditunjuk pemerintah yang dikenal sebagai Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan dengan dukungan dari pemerintah setempat.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang kesehatan dan keselamatan

  • Apa yang dimaksud dengan kesehatan dan keselamatan dalam bisnis?

Kesehatan dan keselamatan mengacu pada pedoman dan prosedur yang ditetapkan untuk mencegah atau meminimalkan kecelakaan atau cedera di tempat umum. 

  • Mengapa kesehatan dan keselamatan penting dalam bisnis

Kesehatan dan keselamatan di tempat kerja penting karena alasan berikut: 

  1. Mengurangi kecelakaan dan cedera 
  2. mengurangi ketakutan karyawan dan meningkatkan motivasi karyawan 
  3. Menghemat uang untuk denda pemerintah, perbaikan dan pembersihan peralatan, perekrutan dan pelatihan pekerja pengganti, serta waktu dan sumber daya yang dihabiskan untuk investigasi kecelakaan. 
  4. menyelamatkan bisnis dari kehilangan uang dan waktu akibat kecelakaan di tempat kerja
  5. menunjukkan komitmen bisnis terhadap keberlanjutan 
  • Apa lima prinsip kesehatan dan keselamatan?

Berikut ini adalah prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan yang harus diikuti oleh bisnis, pemilik, dan karyawan:

  1. Kesehatan dan keselamatan semua orang harus diprioritaskan dan kebijakan harus dapat dipraktikkan secara wajar.
  2. Pelaku usaha yang kegiatannya dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan dan/atau keselamatan bertanggung jawab untuk menghilangkan atau mengurangi risiko tersebut.
  3. Para wiraswasta dan semua pemilik bisnis harus mengambil tindakan proaktif untuk mengurangi atau menghilangkan risiko kesehatan dan keselamatan di lingkungan bisnis mereka.
  4. Pemilik bisnis dan karyawan harus saling memberikan informasi tentang risiko kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan mengambil langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghilangkan atau menguranginya.
  5. Pemilik bisnis harus memantau dan melaporkan masalah kesehatan dan keselamatan.
  • Apa tujuan utama dari Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja?

Empat tujuan utama UU Kesehatan dan Keselamatan Kerja di lingkungan bisnis:

  1. Untuk menjamin kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan karyawan dan orang-orang di lingkungan bisnis. 
  2. Untuk melindungi masyarakat umum dari risiko kesehatan dan keselamatan yang mungkin timbul akibat kegiatan usaha. 
  3. Untuk memastikan risiko di tempat kerja dihilangkan pada sumbernya.
  4. Untuk melibatkan dunia usaha, pekerja, dan pengusaha dalam perumusan dan penerapan standar kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan umum. 
  • Apa undang-undang kesehatan dan keselamatan Inggris?

Undang-Undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah undang-undang yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan dan keselamatan di tempat kerja di Inggris. Pedoman ini mendefinisikan peran pemilik bisnis dan karyawannya dalam menjaga kesehatan dan keselamatan di tempat kerja mereka.  

 

Disadur dari: studysmarter.co.uk