Ilmu Komputer vs Teknik Komputer: Apa bedanya?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Mei 2024, 08.51

Sumber: smu.edu

Itu adalah hackathon selama penguncian pandemi yang memantapkan pilihan jurusan Sofia Murillo Sanchez, siswa kelas dua/angkatan '23, di SMU Lyle.

“Hackathon ini bukan hanya sebuah acara; ini adalah sebuah wahyu,” kata Murillo Sanchez, angkatan '23.  “Acara ini menunjukkan bagaimana ilmu komputer mewujudkan perpaduan antara kreativitas dan pemecahan masalah yang logis - aspek yang sangat saya hargai. Pengalaman berkolaborasi dengan tim yang beragam untuk mengonseptualisasikan dan mewujudkan sebuah proyek merangkum kecintaan saya pada inovasi kreatif dan penalaran logis.”

Sama seperti Murillo Sanchez, mahasiswa pascasarjana Chaitanya Rathod memiliki ketertarikan pada pengkodean dan pemecahan masalah. Namun, tujuan kariernya lebih terfokus pada sistem tertanam, termasuk robot otonom, stasiun pengisian daya kendaraan listrik, dan perangkat pintar. 

“Karena kecerdasan buatan ditambahkan ke dalam segala hal, dan sistem menjadi lebih canggih, saya pikir akan lebih baik untuk mengejar gelar yang memungkinkan saya mempelajari perangkat keras dan perangkat lunak sistem tertanam,” kata Rathod, seorang mahasiswa pascasarjana teknik komputer. “Mata kuliahnya memang sulit, tetapi pada akhirnya, saya akan memiliki lebih banyak pilihan karier.”

Baik jurusan ilmu komputer maupun teknik komputer mempersiapkan mahasiswa untuk profesi-profesi penting yang membantu mendefinisikan dunia kita yang semakin digerakkan oleh teknologi. Permintaan akan keterampilan ini meroket, dengan proyeksi pertumbuhan hampir 13% hingga tahun 2026, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS.

Namun, bagaimana cara membedakan antara program-program gelar yang serupa namun berbeda ini dan menentukan mana yang tepat untuk Anda? Meskipun ada tumpang tindih antara kedua program, ada juga perbedaan utama dalam bidang fokus dan bagaimana siswa akan menerapkan keterampilan mereka di dunia kerja.

“Banyak perusahaan yang mencari kandidat pekerja dengan keterampilan ini, termasuk Lockheed Martin, Boeing, dan Texas Instruments - ini adalah keahlian yang sangat diminati,” kata Dr. Joe Camp, Ketua Sementara Teknik Elektro dan Komputer di Sekolah Teknik SMU Lyle. “Untuk siswa tahun pertama yang tidak tahu jalur yang ingin mereka ambil dan yang kuat dalam matematika, teknik komputer memberikan lebih banyak fleksibilitas. Bagi seseorang yang tertarik dengan struktur kode yang rumit, ilmu komputer mungkin yang terbaik.”

Pelajari lebih lanjut tentang Program Ilmu Komputer SMU Lyle 

“Gelar ilmu komputer membekali mahasiswa dengan keterampilan penting dalam pemrograman, algoritma, struktur data, dan pemecahan masalah, sehingga sangat dicari di pasar kerja,” kata Dr. Jia Zhang, Ketua Sementara Departemen Ilmu Komputer di SMU Lyle. “Para siswa ini akan benar-benar membantu membentuk masa depan komputasi.”

Di SMU Lyle, program pascasarjana ilmu komputer secara khusus difokuskan pada perancangan perangkat lunak perusahaan dan menangani kumpulan data yang besar. Perusahaan-perusahaan berenang dalam data dalam jumlah besar yang perlu ditafsirkan oleh sistem komputasi yang kompleks. Ilmuwan komputer membantu organisasi untuk tetap kompetitif dalam lanskap teknologi yang berkembang pesat.

Spesialisasi ilmu komputer teratas yang saat ini banyak diminati meliputi:

 

  1. Kecerdasan Buatan - Menerapkan solusi AI dan pembelajaran mesin yang efektif untuk mengatasi tantangan organisasi.
  2. Keamanan Siber - Membangun, mengelola, dan melindungi sistem komputer yang penting sambil mencegah dan merespons serangan siber.
  3. Rekayasa Perangkat Lunak - Mendukung transformasi digital dalam lingkungan bisnis dan meningkatkan efisiensi, pengalaman pelanggan, pengambilan keputusan berbasis data, dan daya saing secara keseluruhan.

“Bagi mahasiswa yang tertarik untuk mempelajari cara menulis perangkat lunak berskala besar dan berkualitas tinggi untuk perusahaan, program gelar ini membantu memposisikan mereka secara unik untuk sukses di berbagai jalur karier atau dapat membantu mempercepat kemajuan karier mereka,” kata Zhang.

Sebagai contoh, seorang insinyur komputer dapat mengembangkan kecerdasan dalam drone otonom, menciptakan algoritme untuk navigasi otonom, penghindaran rintangan, dan pengambilan keputusan secara real-time. Mereka akan membangun perangkat lunak yang memungkinkan drone untuk merasakan lingkungan dan membuat keputusan yang cerdas dalam hitungan sepersekian detik.

“Tujuan pemrograman kami sangat berbeda dengan ilmuwan komputer,” kata Dr. “Kami fokus untuk menciptakan perangkat yang dapat memahami, menafsirkan, dan berinteraksi dengan lingkungan yang berbeda menggunakan sensor, apakah perangkat tersebut ditanamkan di otak seseorang atau dipasang pada drone yang sedang terbang.”

Joe Camp, Ketua Sementara Teknik Elektro dan Komputer di SMU Lyle

Pertumbuhan pekerjaan bagi para insinyur komputer sangat tinggi di tiga industri yang sedang berkembang pesat: 

 

  1. Biomedis - Teknologi canggih yang meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan manusia dengan merancang perangkat, sistem, dan perangkat lunak.
  2. Semikonduktor - Merancang bahan-bahan untuk setiap jenis sistem kelistrikan, mengembangkan teknologi baru atau meningkatkan teknologi yang sudah ada. SMU memimpin inisiatif pembangunan ekonomi yang didanai pemerintah federal untuk memperkuat, membangun, dan mendorong inovasi dalam rantai pasokan semikonduktor yang ada di 29 negara bagian di Texas Utara dan Oklahoma.
  3. Sistem Otonom - Menciptakan sistem yang menavigasi dan beradaptasi dengan lingkungannya, memperoleh keahlian dalam pembelajaran mesin, pemrosesan gambar dan interaksi manusia-mesin. 

Memilih jalur gelar yang tepat untuk Anda

Apa pun gelar yang dipilih mahasiswa, baik jalur ilmu komputer maupun teknik komputer akan memungkinkan mereka untuk membangun masa depan sistem komputasi dan memajukan karier mereka.

“Saya melihat ilmu komputer dan teknik komputer sebagai dua cabang dari pohon yang sama, masing-masing dengan kekuatan yang unik,” kata Murillo Sanchez. “Pilihan antara kedua bidang ini tergantung pada preferensi seseorang untuk perangkat lunak atau perangkat keras. Terlepas dari pilihannya, program-program teknik, khususnya di Lyle, memastikan keahlian yang kuat yang dapat beradaptasi dengan berbagai industri.”

Tentang Bobby Lyle School of Engineering

Lyle School of Engineering di SMU berkembang dengan inovasi yang melampaui batas-batas tradisional. Kami sangat percaya pada kekuatan penelitian yang didanai secara eksternal dan didukung oleh industri untuk mendorong kemajuan dan memberikan wawasan industri yang berharga kepada mahasiswa yang luar biasa. Misi kami adalah untuk memimpin dalam transformasi digital dalam pendidikan teknik, sambil memastikan bahwa setiap mahasiswa lulus sebagai pemimpin yang percaya diri. Didirikan pada tahun 1925, SMU Lyle adalah salah satu sekolah teknik tertua di Southwest, yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana, termasuk gelar master dan doktor.

Tentang SMU

SMU adalah universitas riset global berperingkat nasional di kota Dallas yang dinamis. Para alumni, staf pengajar, dan hampir 12.000 mahasiswa SMU di delapan fakultas yang memberikan gelar sarjana menunjukkan semangat kewirausahaan saat mereka memimpin perubahan dalam profesi, komunitas, dan dunia.

Disadur dari: https://www.smu.edu/